Otomotif
BREAKING NEWS :
Riau Masih Nihil, Hotspot Sumatera Paling Banyak Muncul di Sumatera Selatan
 
Ini Tips Berkendara Saat Hujan dari Yamaha, Agar Bikers Selalu Aman Berkendara
Rabu, 08 Maret 2023 - 12:15:49 WIB

JAKARTA - Intensitas hujan yang meningkat selama sebulan terakhir. Ini perlu diwaspadai para pengendara, khususnya pengguna sepeda motor.

Seabb, selain permukaan jalan yang lebih licin karena basah. Hujan dengan intensitas tinggi juga kerap membuat beberapa jalan yang dilewati tergenang air.

Kondisi jalan itu tentu cukup beresiko untuk dilalui. Sebab berpotensi mengurangi cengkraman traksi ban ke permukaan aspal dan menyebabkan kegiatan berkendara menjadi tidak optimal.

Meski demikian, tetapi tak jarang pengguna sepeda motor yang tetap melanjutkan perjalanan di tengah kondisi hujan. Maka itu, penting bagi mereka untuk memahami berbagai tips keselamatan berkendara yang mencakup pengetahuan akan kondisi motor. Serta skill berkendara, pemahaman fitur, hingga perlengkapan riding yang perlu dipersiapkan.

“Berkendara saat musim hujan memang memiliki tantangan dan resiko yang lebih tinggi. Sebab itu Yamaha ingin membagikan tips keselamatan berkendara kepada masyarakat yang mengandalkan sepeda motor sebagai alat mobilitas sehari-hari," sebut Antonius Widiantoro, Asst General Manager Marketing, Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

"Tak hanya pengetahuan seputar skill dan persiapan berkendara, pemahaman akan fitur keselamatan yang ada pada produk-produk unggulan Yamaha juga harus diketahui oleh pengguna sepeda motor. Karena pemanfaatan fitur-fitur tersebut dapat membantu memaksimalkan kontrol motor pada saat berkendara di musim hujan,” sambungnya.

Berikut tips keselamatan dari Yamaha yang perlu diperhatikan pengendara sepeda motor, ketika berpergian di musim hujan:

1. Cek Kondisi Fisik dan Tekanan Angin Ban

Kondisi ban yang jelek kerap menjadi salah satu sumber penyebab ban kehilangan traksi terutama saat melintas di permukaan jalan yang licin. Karena ketika karet ban sudah aus, maka daya cengkramnya ke aspal juga akan berkurang.

Ban yang sudah tidak layak pakai dan harus diganti biasanya memiliki ciri alur kembang yang menipis, tapak ban sejajar dengan Tread Wear Indicators (TWI) dan tidak nyaman saat dikendarai. Selain kondisi fisik, tekanan angin pada ban juga perlu dicek secara rutin dan pastikan ukurannya sesuai dengan yang dianjurkan pabrikan.

Bagi sepeda motor yang dilengkapi dengan ban bertapak lebar tentunya memiliki kemampuan traksi yang lebih baik. Karena akan terasa lebih stabil ketika menghadapi permukaan jalan yang licin dan genangan air.

Salah satu motor yang memiliki ban tubeless bertapak lebar tersebut adalah All New NMAX 155 Connected ABS dengan kombinasi ukuran 110/70-13 dibagian roda depan dan 130/70-13 di roda belakang.

2. Nyalakan Lampu Saat Berkendara

Berkendara saat hujan tentunya membuat jarak pandang menjadi terbatas. Terutama saat hujan turun dengan sangat deras. Sebab itu, pastikan lampu motor dalam kondisi selalu menyala.

Karena selain berfungsi membantu menerangi jalan, lampu motor yang menyala bisa menjadi pertanda keberadaan bagi pengendara lain. Ini perlu untuk mencegah terjadinya tabrakan.

3. Bawa Perlengkapan Hujan

Agar pakaian yang dikenakan saat berkendara tidak basah maka pengendara disarankan untuk selalu membawa perlengkapan hujan yang dapat disimpan di bagasi motor. perlengkapan hujan tersebut meliputi jas hujan, sepatu karet, rain cover tas dan lain sebagainya.

Untuk dapat membawa perlengkapan sebanyak itu, tentunya pengendara membutuhkan sepeda motor dengan kapasitas bagasi yang luas. Seperti halnya All New NMAX 155 Connected ABS yang memiliki bagasi berkapasitas 24 liter dan mampu menampung helm full face berukuran XL sekali pun.

4. Kenali dan Pilih Rute Berkendara

Meski motor sudah dalam kondisi prima, terkadang faktor kondisi jalan kerap menjadi pemicu terjadinya permasalahan di tengah perjalanan. Ini pentingnya seorang pengendara untuk memahami rute jalan yang akan dilewati.

Jika memungkinkan pilih rute dengan kondisi jalan yang tidak berbahaya. Saat hujan turun, hindari jalanan yang berpotensi tergenang air atau banjir. Karena selain membuat traksi ban tidak optimal, menerjang banjir juga bisa membuat mesin dan kelistrikan motor rentan rusak.

5. Berkendara Secara Hati-Hati dan Tidak Memaksakan Diri

Saat hujan turun di mana permukaan jalan licin dan jarak pandang terganggu. Pengendara disarankan untuk berkendara secara lebih hati-hati. Caranya dengan mempertahankan laju kecepatan tetap rendah, menjaga jarak dengan pengendara lain. Tidak melakukan rem secara mendadak yang dapat membuat ban kehilangan traksi.

Hindari pula gaya berkendara agresif dengan banyak melakukan manuver yang bisa membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lain. Selain itu, jika intensitas hujan sangat deras, maka sebaiknya pengendara menepi terlebih dahulu di tempat yang aman. Tidak memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan apalagi sampai terburu-buru.

6. Manfaatkan Fitur Keselamatan Berkendara

Pada beberapa motor seperti All New NMAX 155 Connected ABS, sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan. Bisa menghadirkan kontrol maksimal saat berkendara termasuk saat melaju di tengah hujan. Fitur tersebut adalah Dual Channel ABS dan Traction Control System (TCS).

Fitur Dual Channel ABS yang hadir pada motor, bisa dimanfaatkan untuk mencegah roda ban depan dan belakang terkunci. Saat pengendara melakukan pengereman secara mendadak atau hard braking.

Selain lebih optimal menurunkan laju kecrepatan, Dual Channel ABS mampu mencegah ban kehilangan traksi ketika melakukan pengereman di permukaan jalan yang licin.

Sementara itu untuk TCS, fitur satu ini berperan menjaga ban agar tidak selip. Saat berakselerasi dipermukaan jalan yang licin seperti saat hujan.

Pada All New NMAX 155 Connected ABS, TCS dapat disetel aktif dan non-aktif melalui tombol switch bar dengan menu pilihan yang tertera di speedometer. Biasanya fitur TCS ini kerap hadi pada motor berkapasitas mesin besar atau moge. (rilis)

   




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Riau Masih Nihil, Hotspot Sumatera Paling Banyak Muncul di Sumatera Selatan
  • Adu Elektabilitas Jelang Pilwako: Agung Nugroho dan Ida Teratas, Muflihun Ungguli Dr Ikhsan
  • Cara Cek NIK Sudah Padan dengan NPWP atau Belum
  • Pelebaran Jalan SSK, Pagar Mesjid Annur dan Tiang Listrik di Median Sudah Dibongkar
  • Deretan Calon Gubernur Riau Sudah Temukan Duetnya di Pilkada 2024
  •  
    Komentar Anda :

     
     

    Suzuki.
    Emisi Gas Buang Suzuki
    Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
     
     
     
    MobiL
    Showroom Event Suzuki SBT SM Amin
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved