www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Kepala Desa Beting Dinonaktifkan Sementara dari Jabatannya, Kasusnya di Polres Sudah Naik Penyelidikan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Napi di Kuansing Bangun Rumah untuk Warga Miskin
Jumat, 10 Februari 2023 - 14:08:42 WIB

PEKANBARU - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Teluk Kuantan bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kuantan Singingi, membangun sebuah rumah layak huni untuk masyarakat kurang mampu. 

Menariknya, rumah tersebut dibangun para narapidana dari Lapas tersebut. Pemberdayaan narapidana ini merupakan wujud reintegrasi sosial bagi warga binaan tersebut. 

"Seyogyanya proses reintegrasi sosial memang dilakukan sebagai ajang untuk WBP mengasah dan menunjukkan kebolehannya dalam bertukang dan bertanggungjawab dalam menyelesaikan bangunan hingga menjadi layak huni," kata Kakanwil Kemenkumham Riau, Jahari Sitepu, Jumat (10/2/2023).

"Dengan berdirinya bangunan yang siap huni tersebut sekaligus membuktikan kepada masyarakat bahwa WBP layak dipercaya dan diandalkan. Meski pernah melakukan pelanggaran hukum, mereka telah menerima hukuman sesuai dengan Undang-Undang dan berhak mendapatkan kesempatan untuk membuka lembaran baru," tambahnya.  

Jahari pun berharap para warga binaan ini nantinya dengan skill yang dimiliki dapat menjalani hidup yang lebih baik lagi sehingga tak perlu melanggar hukum untuk memenuhi perekonomian sehari-hari.

Pada 31 Januari 2023 lalu, rumah layak huni yang dibangun sebagai wujud reintegrasi sosial tersebut resmi diserahkan kepada penerima bantuan bernama Kasani (70), yang merupakan warga Dusun Perhentian Buayan Desa Jake, Teluk Kuantan. 

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby bersama Ketua Baznas Kuansing Husni Darmawan terjun langsung untuk menyerahkan rumah tersebut kepada pemilik barunya.

"Jika dihitung secara sistematis, sebenarnya rumah layak huni untuk masyarakat miskin tersebut rampung dalam kurun waktu 20 hari. Namun proses serah terima memang baru dilaksanakan sekarang karena menyesuaikan waktu dengan satu dan lain hal," ujar Suhardiman. 

Sementara itu, Kepala Lapas Teluk Kuantan, Bejo mengaku bangga sekaligus terharu dengan keberhasilan para narapidana dalam menyelesaikan bangunan rumah untuk warga kurang mampu itu.

"Saya berharap keberhasilan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri WBP sehingga tidak merasa minder ketika kembali berbaur dengan masyarakat nantinya. Dan, sekaligus dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja jajaran pada Lapas dan Rutan karena melakukan pembinaan secara optimal, katanya.

Penulis: Bayu Derriansyah
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi dugaan korupsi dana desaKepala Desa Beting Dinonaktifkan Sementara dari Jabatannya, Kasusnya di Polres Sudah Naik Penyelidikan
Fahd Yudhanegoro selaku Head of Circle Sumatra Indosat saat launching 3Store baru di Bengkulu.(foto: istimewa)Indosat Buka 3Store Baru di Kota Bengkulu dengan Konsep Gaya Hidup Digital Gen Z
Harga TBS sawit swadaya di Riau.(ilustrasi/int)Harga TBS Mitra Swadaya di Riau Periode 22-28 Mei 2024 Capai Rp2.841/Kg
KMP Permata Lestari I terbakar saat bersandar di Pelabuhan BUMD Air Putih, Bengkalis.(foto: dok/halloriau.com)KMP Permata Lestari I Terbakar saat Perbaikan di Pelabuhan BUMD Bengkalis
General Manager (GM) HRD RAPP Wilim memberikan sambutan saat pembukaan RAT Kopkar RAPP
Pengurus Kopkar RAPP Siapkan Program Unggulan untuk Anggota
  Pelepasan JCH Pelalawan.(foto: andi/halloriau.com)Lepas Keberangkatan JCH Pelalawan, Ini Pesan Bupati Zukri
Pemindahan bandara SSK II dinilai Mardianto sudah tepat karena lokasi saat ini yang berada persis di tengah kawasan padat penduduk. (foto:bandara SSK II Pekanbaru/int)Wacana Bandara Dipindahkan ke Siak, Mardianto Manan: Sudah Tepat
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: pgi)Realisasikan 60 Persen Lagi, Pemko Pekanbaru Gelontorkan Rp50 Miliar untuk Pilwako 2024
Dishub Pekanbaru razia truk ODOL.(foto: mcr)Puluhan Truk ODOL Terjaring Razia Gabungan di Pekanbaru
Tim gabungan Basarnas Pekanbaru melakukan pencarian dua nelayan yang hilang kontak di perairan Sinaboi, Rohil.(foto: mcr)Dua Nelayan Hilang Kontak di Perairan Sinaboi, Diduga Kecelakaan Speedboat
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved