www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Aset PDAM Milik Pemkab Kepulauan Meranti Hibah dari Pemkab Bengkalis Dilelang Rp 96 Juta
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Hebat, Desa Mekong Fasilitasi Penerbitan Izin Usaha Untuk Beberapa Desa di Kepulauan Meranti
Sabtu, 22 Juli 2023 - 12:01:41 WIB

SELATPANJANG - Kader Keamanan Pangan Desa (KKPD) Mekong, Kecamatan Tebingtinggi Barat menghadirkan sebuah layanan fasilitasi penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB), SPP-IRT dan Sertifikat Halal kepada berbagai masyarakat desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kegiatan ini dinamakan SITAZIR (Fasilitasi Penerbitan Izin Edar) yang merupakan replikasi dari inovasi SIPETIR (Fasilitasi Pendampingan Penerbitan Izin Edar) yang dibuat oleh Agen of Change (AoC) Balai Besar POM Pekanbaru. Sampai saat ini SITAZIR telah berhasil menerbitkan sebanyak 8 izin edar PIRT di Kepulauan Meranti.

Setelah diintervensi oleh Balai Besar POM di Pekanbaru, inovasi SITAZIR masih terus aktif dijalankan oleh KKPD Mekong dalam membantu mempercepat proses perizinan berbagai pelaku usaha pangan olahan yang berada di perdesaan.

Saat ini SITAZIR telah berhasil memfasilitasi penerbitan sebanyak 4 Nomor Induk Berusaha (NIB) dan 8 Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) dari 4 pelaku usaha yang berasal dari 4 desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti. Adapun keempat desa penerima manfaat layanan tersebut ialah Desa Mekong, Semukut, Batang Malas dan Desa Maini Darul Aman.

Selain itu, SITAZIR juga telah berhasil memfasilitasi penerbitan sebanyak 2 sertifikat halal dari 2 pelaku usaha yang masing-masing berasal dari Desa Mekong dan Desa Semukut.

Selain menjalankan program SITAZIR, KKPD Mekong juga terus melakukan sosialisasi mengenai keamanan pangan dan stunting kepada penerima manfaat program tersebut.

Melalui penerapan inovasi SITAZIR oleh Desa Mekong, diharapkan hal tersebut dapat mendukung peningkatan penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN), peningkatan investasi dan peningkatan pendapatan masyarakat yang dapat berdampak pada pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kepala Desa Mekong, Lisya Kumala mengatakan pihaknya merasa bersyukur bisa membantu mempermudah seluruh pelaku usaha. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari bimbingan dari BPOM Pekanbaru.

"Alhamdulillah berkat bimbingan BPOM Pekanbaru, KKPD Mekong bisa membantu mempermudah untuk seluruh pelaku usaha yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti.
Selain itu kami juga dijadikan sebagai desa percontohan Di Provinsi Riau melalui inovasi - inovasi yang dibuat. Semoga desa yang saya pimpin makin baik dan berprestasi di setiap lini," ungkapnya. 

Desa Mekong yang berada di Kecamatan Tebingtinggi Barat ini menjadi salah satu dari sedikit desa dengan berbagai inovasi untuk terciptanya keamanan pangan.

Bahkan saat ini Desa Mekong menjadi satu-satunya desa yang berhasil masuk 10 besar Lomba Desa Pangan Aman tingkat nasional dari Provinsi Riau.

Lisya mengatakan desanya memang telah melewati perjalanan panjang untuk berinovasi dan mendapat predikat Desa Aman Pengan.

Dia mengatakan selama proses seleksi desanya telah melakukan berbagai langkah mulai dari tahun 2022 pembentukan KPD (Keamanan Pangan Desa) yang terdiri dari 4 orang yaitu Kepala Desa, Sekretaris atau kaur desa, Karang Taruna dan Kader keluarga.

Dari KPD tersebut kemudian kembali dibentuk KKPD intervensi BBPOM berjumlah 15 orang dan KKPD mandiri berjumlah 16 orang.

Secara perlahan dan masif KKPD in terus melakukan pembinaan dan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat desa, hingga akhirnya ratusan orang komunitas terbentuk mendapatkan bimtek Program Pangan Aman.

Berbagai inovasi tersebut Desa Mekong juga berhasil membuat sejumlah perubahan signifikan. Hanya dalam waktu kurang lebih 3 bulan, hasil pengujian produk makanan di 33 ritel di Desa Mekong nihil bahan berbahaya.

Tidak hanya di desa sendiri, tim KKPD desa Mekong juga melakukan berbagai kegiatan Penyuluhan, Sosialisasi dan Kampanye Keamanan Pangan ke berbagai desa di Kepulauan Meranti diantaranya Desa Kundur, Batang Malas, Alai, pihak Kecamatan Tebingtinggi Barat, bahkan kepada lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti. 

 

Penulis : Ali Imroen

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi PDAM Kepulauan MerantiAset PDAM Milik Pemkab Kepulauan Meranti Hibah dari Pemkab Bengkalis Dilelang Rp 96 Juta
Suzuki raih empat penghargaan di OTOMOTIF Award 2024.(foto: istimewa)Suzuki Indonesia Raih 4 Penghargaan OTOMOTIF Award 2024
Kajati Riau bersama jajaran Kejari Pelalawan.(foto: andi/halloriau.com)Kajati Riau Kunjungi Kejari Pelalawan, Ini Agendanya
Jembatan Selat Akar yang ambruk beberapa waktu laluDianggarkan Sebesar Rp 36,7 Miliar, Pembangunan Jembatan Selat Akar Dikerjakan Tahun Ini
FKUB Riau bersama Kesbangpol Riau gelar dialog lintas agama di Rohil (foto/afrizal)FKUB Riau Adakan Dialog Pemuda Lintas Agama di Rohil
  Edy Natar Nasution.(foto: int)NasDem Sambut Baik Hasil Survei Elektabilitas Edy Natar di Bursa Pilgub Riau 2024
Komisi I DPRD Pekanbaru hearing terkait mafia tanah di Rumbai.(foto: mimi/halloriau.com)Dugaan Mafia Tanah di Rumbai, Komisi I DPRD Pekanbaru Panggil BPN dan Lurah
HM Harris, Bacalon Gubernur Riau di Pilgub Riau 2024.(foto: int)HM Harris Tingkatkan Popularitas Jelang Pilgub Riau 2024
Ilustrasi daya tampung SMA/SMK Negeri di Riau tahun 2024 (foto/int)Kapasitas SMA/SMK Negeri di Riau Tak Mampu Tampung Seluruh Lulusan SMP, Ini Solusi Pemprov
Jembatan Panglima Sampul yang ambruk beberapa waktu laluJembatan Panglima Sampul Ambruk, Pembangunan Kembali Direncanakan Tahun 2025
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved