www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Unri Resmi Batalkan Kenaikan UKT, Pekan Depan Uang Mahasiswa Dikembalikan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Bupati Rohil Pimpin Rapat Persiapan Event Bakar Tongkang 2024
Selasa, 11 Juni 2024 - 13:59:35 WIB

BAGANSIAPIAPI - Event Bakar Tongkang yang sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya kembali akan digelar pada 22 Juni 2024. Untuk persiapan event tersebut, Bupati Rohil, Afrizal Sintong, beserta jajarannya rapat pematangan pelaksanaan pada Senin (10/6/2024) malam di Mess Pemda, Bagansiapiapi.

"Alhamdulillah pada malam ini, kita sudah melaksanakan rapat dengan seluruh pihak yang terkait dalam pelaksanaan, pematangan kegiatan event Bakar Tongkang 2024. Ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya, jadi kegiatan ini tidak lagi suatu yang baru karena event Bakar Tongkang sudah masuk agenda tahunan kalender wisata nasional," kata Bupati Afrizal Sintong.

Rapat malam ini juga dihadiri dari pihak Kemenpora, OPD terkait, Kepolisian, Kodim 0321, Genpari, LAM dan undangan lainnya. Insyaallah undangan kita juga sudah disebarkan termasuk juga ada ke kementerian seni budaya Malaysia. Selain itu terkait masalah keamanan dan buka tutup lalu lintas semua sudah diatur pihak Polres Rohil dan Dinas Perhubungan.

Afrizal dalam arahannya menyampaikan bahwa untuk kegiatan Bakar Tongkang kedepannya harus lebih matang lagi dalam persiapannya terutama masalah anggaran. Dispora Rohil diminta untuk menganggarkan segala sesuatunya seperti masalah anggaran makan minum, baju kegiatan Bakar Tongkang, sound sistem dan lainnya yang diperlukan jadi tidak lagi meminta kepada kelenteng.

"Saya berharap Kadispora benar-benar tampil maksimal dalam segala persiapan Iven Bakar Tongkang ini. Jadi tahun ini anggaran sedikit, untuk tahun depan anggarannya harus benar-benar di siapkan, karena event ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang sudah masuk kalender wisata Nasional," ungkap Bupati.

Bupati juga berharap agar tertib acara bakar tongkang ini diatur sebaik mungkin dan matang. Sehingga tidak terlihat semraut pada saat acara puncak pembakaran tongkang di lokasi Bakar Tongkang.

"Kita berharap semua pelaksanaan kegiatan event Bakar Tongkang ini dapat berjalan baik, lancar dan aman serta dapat memberikan kesan yang baik kepada para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri," harapnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Rohil Kompol Afrizal, sebagai penanggung jawab keamanan pada event Bakar Tongkang dalam rapat menyampaikan bahwa pihaknya akan mengerahkan 230 personel Polres Rohil, Brimob 10 personel, Samapta Polda Riau 60 orang. Semua akan di sebar di setiap titik yang di anggap perlu.

Pihak Polres dalam rencana pengamanan dikatakan Kabag Ops, pihak Brimob dan Samapta Polres Rohil juga akan melakukan patroli di sekitaran Bagansiapiapi sampai menuju jalan lintas pesisir dan semua akan di sisir. Selain itu untuk Satlantas Polres Rohil bersama Dinas Perhubungan juga akan melakukan rekayasa lalulintas di setiap simpang jalan di Bagansiapiapi.

Sementara itu masukan dari pihak DPRD yang disampaikan Basiran Nur Efendi, ia mengharapkan pelaksanaan Bakar Tongkang harus terlaksana dengan baik sesuai esensi yang diharapkan dari event Bakar Tongkang itu sendiri.

"Karena event ini perlu diperhatikan terkait masalah UMKM dan pengunjung yang ingin melihat kegiatan ini dapat diakomodir bersama-sama, baik pengunjung VIP maupun wisatawan serta warga tempat yang ingin menyaksikan Bakar Tongkang ini," kata Basiran Nur Efendi.

Sementara masukan dari Kepala Ranting PLN Bagansiapiapi, Muhammad Rizki mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan saluran teknis untuk acara bakar tongkang ini dengan menyediakan 2 Fider atau dua penjulang. Sedangkan untuk titik-titik crossing yang akan di lalui arakan tongkang akan di rapikan.

Sedangkan persiapan dari Diskominfotik Rohil yang disampaikan Kadiskominto, Indra Gunawan sudah menyiapkan Website terkait rumah makan, hotel. Kemudian untuk billboard dan videotron sudah di siapkan dibeberapa titik diantaranya di simpang Ujung Tanjung, depan Kantor LAM dan Dekranasda. Kemudian untuk pemasangan baliho ada sekitar 10 spanduk terkait kegiatan Bakar Tongkang.

Hadir pada acara rapat Sekretaris Daerah Rohil Fauzi Efrizal, perwakilan Kemenpora, para Asisten Pemkab Rohil, Wakil Ketua DPRD Basiran Nur Efendi, Para Kepala OPD, Kabag Ops Polres Rohil Kompol Afrizal, Rohil Kapolsek Bangko, Kompol Ihut Manjalo Tua, Genpari, LAM Rohil serta tokoh masyarakat Tionghoa.

Penulis: Afrizal
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kampus Unri.(foto: int)Unri Resmi Batalkan Kenaikan UKT, Pekan Depan Uang Mahasiswa Dikembalikan
TMC di Riau dilakukan menggunakan Pesawat Casa TNI AU (foto/int)Satgas Karhutla Riau Gencar Lakukan TMC, Hujan Buatan Dibuat di 4 Kabupaten
Ilustrasi hotspot di Riau mulai terdeteksi (foto/int)Hotspot Riau Terdeteksi 4 Titik, BMKG: Tersebar di Kuansing dan Rohul
Wabub Bengkalis, Bagus Santoso sambut baik tabungan pelajar dari BRK Syariah Bantan (foto/ist)Pemkab Bengkalis Apresiasi Kegiatan Sosialisasi Tabungan Simpel dari BRK Syariah
Kapolsek Simpang Kanan, Ipda Martin Luther Munte tanam pohon pelindung (foto/Afrizal)Hari Bhayangkara ke-78, Polsek Simpang Kanan Tanam 100 Pohon Pelindung
  Pj Gubri SF Hariyanto dijadwalkan Salat Iduladha di halaman Kantor Gubernur Riau (foto/int)Pj Gubri dan Pj Sekda Riau Akan Salat Iduladha di Kantor Gubernur
Satpol PP Bukittinggi gencar menindak pelaku LGBT (foto/int)Pelaku LGBT Ketahuan Cari Mangsa di Bukittinggi, Kos-kosan Jadi Tempat Kencan
Karyawan pabrik di Batam curi 143 ponsel senilai Rp 450 juta (foto/int)Terjerat Pinjol: Karyawan di Batam Curi 143 Ponsel, Pabrik Rugi Rp450 Juta
Pj Gubri, SF Hariyanto ingatkan OPD monitoring kegiatan DAK (foto/int)Tegaskan Pentingnya Evaluasi Kegiatan DAK, Pj Gubri: Pelototi Terus, Jangan Sampai Tak Terserap
Kolaborasi Capella Honda bersama FIFAASTRA bagikan bantuan ke Panti Asuhan di Pekanbaru (foto/Yuni)Capella Honda-FIFASTRA Salurkan Bantuan untuk Panti Asuhan di Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Pj Gubri SF Hariyanto Resmikan Jembatan Desa Rantau Kasih
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved