www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Unri Resmi Batalkan Kenaikan UKT, Pekan Depan Uang Mahasiswa Dikembalikan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


FKUB Riau Adakan Dialog Pemuda Lintas Agama di Rohil
Senin, 27 Mei 2024 - 18:54:49 WIB

BAGANSIAPIAPI - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bersama Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau mengadakan dialog pemuda lintas agama di Rokan Hilir, akhir pekan lalu. Acara berjalan lancar di salah satu hotel di Bagansiapiapi.

Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir Drs H Ferry H Parya Msi mengatakan atas nama pemerintah daerah menyampaikan ucapan terima kasih dan salam takzim dari Bupati Rohil. Karena tidak bisa hadir pada kegiatan tersebut dan menyambut baik kegiatan dialog pemuda lintas agama ini. 

"Kegiatan ini tentunya bisa membawa dampak yang baik bagi masyarakat Rohil di mana kita ketahui bersama bahwa masyarakat Riau, khususnya Rohil merupakan masyarakat yang majemuk dengan beragam suku dan agama," kata Ferry H Parya.

Kemajemukan tersebut dikatakan Ferry bila mana tidak di kelola dengan baik, maka bisa menjadi tantangan dan akan berdampak kurang baik di tengah masyarakat.

"Maka itu tentunya ditengah perbedaan tersebut berbagai upaya dilakukan dengan stakeholder yang ada melakukan upaya untuk membuat terobosan dalam menciptakan keharmonisan dan kerukunan agama. Di tengah masyarakat kita yang majemuk seperti dialog pemuda lintas agama ini merupakan langkah yang baik untuk menciptakan persatuan dan kedamaian ditengah masyarakat kita," ujarnya.

"Kegiatan dialog pemuda lintas agama yang di gagas FKUB dan Kesbangpol ini untuk memupuk rasa nasionalisme pemuda. Kita berharap kepada seluruh pemuda dapat menjaga persatuan dan kesatuan daerah Kabupaten Rokan Hilir. Semoga pertemuan dan kegiatan kita ini memberikan manfaat, wawasan, persaudaraan dan membawa kerukunan beragama," harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua FKUB Riau, KH Abd Rahman Qoharuddin, MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan dialog pemuda lintas agama ini bertujuan untuk menguatkan dan memperkokoh kerukunan antar umat beragama. Serta memperkokoh kerukunan umat beragama dengan pemerintah.

"Kegiatan dialog pemuda lintas agama ini sudah kami laksanakan di berbagai daerah di Riau. Pada intinya kegiatan ini untuk memperkuat, menyatukan, mengokohkan dan saling menjaga toleransi antar umat beragama di secara nasional serta Provinsi Riau dan khususnya di Rokan Hilir," kata KH Abd Rahman Qoharuddin, MA.

Konflik masalah suku dan agama yang pernah terjadi di Indonesia dikatakan Abdul Rahman seperti  konflik di Ambon, kasus Poso dan kasus Sampang di Kalimantan merupakan pengalaman dan sejarah pahit bagi Indonesia dalam masalah kerukunan hidup bersuku-suku dan beragam Agama di negeri ini.

Itu merupakan pelajaran yang harus diambil hikmahnya agar kita jangan mudah terprovokasi oleh issu sara dan agama. Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat Riau, khususnya Rohil untuk saling bersilaturahmi, dialog bersama saling menjaga kerukunan satu dengan lainnya.

Kerukunan hidup beragama dan antar suku di daerah sangat berpengaruh terhadap terwujudnya visi-misi pembangunan daerah. Jadi daerah yang berkonflik sulit mewujudkan visi-misi pembangunan daerah sebagaimana yang pernah dialami dibeberapa daerah di Indonesia pada masa lalu.

Di mana isu suku dan agama sangat sensitif sehingga menimbulkan konflik. Padahal tidak ada agama  yang mengajarkan untuk berselisih antar satu dengan yang lainnya.

"Karenanya kami mengajak untuk semuanya mari bersama sama kita menciptakan suasana hidup rukun dan selalu damai dalam setiap sisi kehidupan sehari-hari," ajaknya.

Sebagaimana yang disampaikan ketua panitia kegiatan dialog pemuda lintas agama Riau, Erna Wilianti, SH bahwa kegiatan ini pihak FKUB mendatangkan narasumber dari Kesbangpol Provinsi Riau, Lil Fadly Jamil dan KH Abd Rahman Qoharuddin, MA, Ketua FKUB Riau.

Guna menyampaikan berbagai materi diantaranya peran pemuda lintas agama dalam menjaga keamanan dan keutuhan bangsa dan negara. Ditinjau dari sudut penegakan hukum, peran pemerintah dalam mewujudkan pembangunan bagi pemuda lintas agama. Serta pentingnya kesadaran pemuda lintas agama untuk menjaga kerukunan agar hidup rukun ditinjau dari sudut agama.

Hadir pada acara pengurus FKUB Provinsi Riau, Pengurus FKUB Rohil, Perwakilan Kemenag Rohil, Tokoh berbagai agama, ormas Islam, perwakilan Kesbangpol Provinsi Riau dan Kesbangpol Rohil, Kabid IKP Diskominfotik Rohil Juni Rahmat dan peserta lainnya.

Penulis: Afrizal
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kampus Unri.(foto: int)Unri Resmi Batalkan Kenaikan UKT, Pekan Depan Uang Mahasiswa Dikembalikan
TMC di Riau dilakukan menggunakan Pesawat Casa TNI AU (foto/int)Satgas Karhutla Riau Gencar Lakukan TMC, Hujan Buatan Dibuat di 4 Kabupaten
Ilustrasi hotspot di Riau mulai terdeteksi (foto/int)Hotspot Riau Terdeteksi 4 Titik, BMKG: Tersebar di Kuansing dan Rohul
Wabub Bengkalis, Bagus Santoso sambut baik tabungan pelajar dari BRK Syariah Bantan (foto/ist)Pemkab Bengkalis Apresiasi Kegiatan Sosialisasi Tabungan Simpel dari BRK Syariah
Kapolsek Simpang Kanan, Ipda Martin Luther Munte tanam pohon pelindung (foto/Afrizal)Hari Bhayangkara ke-78, Polsek Simpang Kanan Tanam 100 Pohon Pelindung
  Pj Gubri SF Hariyanto dijadwalkan Salat Iduladha di halaman Kantor Gubernur Riau (foto/int)Pj Gubri dan Pj Sekda Riau Akan Salat Iduladha di Kantor Gubernur
Satpol PP Bukittinggi gencar menindak pelaku LGBT (foto/int)Pelaku LGBT Ketahuan Cari Mangsa di Bukittinggi, Kos-kosan Jadi Tempat Kencan
Karyawan pabrik di Batam curi 143 ponsel senilai Rp 450 juta (foto/int)Terjerat Pinjol: Karyawan di Batam Curi 143 Ponsel, Pabrik Rugi Rp450 Juta
Pj Gubri, SF Hariyanto ingatkan OPD monitoring kegiatan DAK (foto/int)Tegaskan Pentingnya Evaluasi Kegiatan DAK, Pj Gubri: Pelototi Terus, Jangan Sampai Tak Terserap
Kolaborasi Capella Honda bersama FIFAASTRA bagikan bantuan ke Panti Asuhan di Pekanbaru (foto/Yuni)Capella Honda-FIFASTRA Salurkan Bantuan untuk Panti Asuhan di Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Pj Gubri SF Hariyanto Resmikan Jembatan Desa Rantau Kasih
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved