www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Kepala Desa Beting Dinonaktifkan Sementara dari Jabatannya, Kasusnya di Polres Sudah Naik Penyelidikan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Resmikan Rumah Belajar Inovatif Bantuan PHR, Ini Harapan Bupati Rohil
Senin, 13 Februari 2023 - 13:10:33 WIB

ROHIL - Bupati Rokan Hilir (Rohil), Afrizal Sintong meresmikan Rumah Belajar Inovatif di Kepenghuluan Sintong Pusako Kecamatan Tanah Putih, Minggu (12/2/2023).

Rumah Belajar Inovatif ini merupakan bantuan dari PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Dalam membangun rumah itu, PT PHR bermitra dengan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove RI.

Diharapkan dengan dibangunnya rumah belajar inovatif itu dapat dijadikan pusat inovasi desa peduli gambut. Untuk kemandirian energi dan pangan masyarakat.

Peresmian itu ditandai dengan penabuhan gendang rebana Bupati Rohil didampingi perwakilan dari PT PHR dan SKK Migas yang hadir. Selain itu juga peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Rohil Sanimar Afrizal.

Bupati Afrizal Sintong mengungkapkan, bahwa Desa Sintong Pusaka mempunyai sejarah besar. Sebagai kampung tertua, Sintong Pusaka merupakan tempat pertama didirikannya sumur minyak di Rohil.

"Makanya di sumur minyak itu ada dituliskan well nya wel 001. Dan sekarang sudah ada ribuan well di Rohil dan tahun 2023 ini Pertamina menargetkan akan membuka sekitar 2000 well di Rohil," ungkap Bupati.

Bupati Afrizal sangat mendukung Pertamina dalam rangka membangun sumur baru untuk mencapai target 1 juta barel minyak per hari. Namun demikian pihak perusahaan yang berkerja mau pun subkontraktor PHR juga harus memperhatikan, kondisi infrastruktur jalan yang ada.

"Seperti jalan simpang travo ke Kubu, kalau kekuatan jalan misalnya hanya 14 ton, jangan pula kendaraan perusahaan yang lewat berat nya mencapai 40 ton. Baru setahun jalan di perbaiki sudah rusak lagi, viral lagi di medsos jalan Kubu rusak dan Pemda yang disalahkan," beber Bupati.

Dengan adanya bantuan tersebut Bupati Rohil mengucapkan, ribuan terima kasih kepada pihak PHR dan SKK Migas atas kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar perusahaan. Sebab itu Bupati berharap ke depan akan semakin banyak lagi dana Corporate Sosial Responsibiliti (CSR) yang disalurkan ke Rohil.

"Kami harap Rohil ini lebih banyak dapat dana CSR, sebab fokus Blok Rokan ini banyak di Rohil. Semoga bantuan rumah belajar Inovatif ini bisa dirasakan langsung oleh masyarakat manfaat nya dan berguna bagi masyarakat sekitar," pungkasnya.

Pada areal rumah belajar inovatif tersebut PT PHR juga menyediakan rumah panggung, pembangkit listrik tenaga air microhilydro, dan demplot pertanian lahan tanpa bakar. Kemudian kolam ikan beserta pengolahan pangan ikan dan beberapa fasilitas lainnya.

Turut hadir dalam peresmian itu, Sekda Rohil Fauzi Erizal, Team Manager Operation Field Bangko MA Firdaus sebagai perwakilan PHR,  Staf humas SKK Migas Falerina, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Rohil, Camat Tanah Putih Emelda serta undangan lainnya.

Team Manager Operation Field Bangko MA Firdaus pada kesempatan itu berharap pembangunan rumah belajar inovatif ini. Bisa jadi pusat pembelajaran bagi desa yang bisa mendorong inovasi di bidang pertanian, peternakan, energi, dan lingkungan.

"Selain itu rumah belajar inovatif ini juga dapat dimanfaatkan untuk pelaksanaan kegiatan desa lainnya dan juga mitra mitra lainnya seperti pihak sekolah, perguruan tinggi  dan lainnya," ungkap Firdaus.

Dengan adanya rumah belajar inovatif ini lanjut Firdaus, sebagai pusat inovasi desa peduli gambut. Untuk kemandirian energi dan pangan desa diharapkan dapat berkontribusi, untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam hal restorasi gambut. Sekaligus mendukung program pemerintah dalam melestarikan lingkungan.

"Harapan kami juga rumah ini dapat menjadi sarana untuk mempertemukan element terkait guna melakukan diskusi terkait kreativitas serta inovasi dalam pelestarian lingkungan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat," paparnya.

Sementara itu, Valerina selaku Staf Humas SKK Migas dia menyampaikan bahwa sektor pengembangan masyarakat di wilayah kerja Migas menjadi perhatian bagi SKK Migas dan KKKS.

"Ini adalah sebagai wujud peran serta kami terhadap daerah tentunya. Pelajaran pengembangan masyarakat harus selaras dengan produksi migas yang dihasilkan," urainya.

TJSL ini lanjut Valerina, merupakan komitmen SKK Migas dan tanggung jawab sosial di sekitar wilayah operasional Migas. Sebab itu, SKK Migas memberikan apresiasi kepada PT PHR yang secara continue melakukan program-program pengembangan masyarakat di wilayah operasi nya.

"Pembangunan rumah belajar inovatif ini merupakan wujud komitmen yang diberikan oleh industri hulu migas khususnya PT PHR dalam meningkatkan tempat pembelajaran yang inovatif bagi masyarakat," jelasnya.

Kepada penerima manfaat bantuan ini, Valerina berharap rumah belajar inovatif ini dapat dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat setempat.

Penulis: Afrizal
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi dugaan korupsi dana desaKepala Desa Beting Dinonaktifkan Sementara dari Jabatannya, Kasusnya di Polres Sudah Naik Penyelidikan
Fahd Yudhanegoro selaku Head of Circle Sumatra Indosat saat launching 3Store baru di Bengkulu.(foto: istimewa)Indosat Buka 3Store Baru di Kota Bengkulu dengan Konsep Gaya Hidup Digital Gen Z
Harga TBS sawit swadaya di Riau.(ilustrasi/int)Harga TBS Mitra Swadaya di Riau Periode 22-28 Mei 2024 Capai Rp2.841/Kg
KMP Permata Lestari I terbakar saat bersandar di Pelabuhan BUMD Air Putih, Bengkalis.(foto: dok/halloriau.com)KMP Permata Lestari I Terbakar saat Perbaikan di Pelabuhan BUMD Bengkalis
General Manager (GM) HRD RAPP Wilim memberikan sambutan saat pembukaan RAT Kopkar RAPP
Pengurus Kopkar RAPP Siapkan Program Unggulan untuk Anggota
  Pelepasan JCH Pelalawan.(foto: andi/halloriau.com)Lepas Keberangkatan JCH Pelalawan, Ini Pesan Bupati Zukri
Pemindahan bandara SSK II dinilai Mardianto sudah tepat karena lokasi saat ini yang berada persis di tengah kawasan padat penduduk. (foto:bandara SSK II Pekanbaru/int)Wacana Bandara Dipindahkan ke Siak, Mardianto Manan: Sudah Tepat
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: pgi)Realisasikan 60 Persen Lagi, Pemko Pekanbaru Gelontorkan Rp50 Miliar untuk Pilwako 2024
Dishub Pekanbaru razia truk ODOL.(foto: mcr)Puluhan Truk ODOL Terjaring Razia Gabungan di Pekanbaru
Tim gabungan Basarnas Pekanbaru melakukan pencarian dua nelayan yang hilang kontak di perairan Sinaboi, Rohil.(foto: mcr)Dua Nelayan Hilang Kontak di Perairan Sinaboi, Diduga Kecelakaan Speedboat
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved