www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Aset PDAM Milik Pemkab Kepulauan Meranti Hibah dari Pemkab Bengkalis Dilelang Rp 96 Juta
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


RAPP Dukung Kelompok Tani Lubuk Dalam Siak Budidayakan Pepaya
Rabu, 20 Maret 2024 - 22:23:15 WIB

SIAK - Kelompok Tani Awal Mandiri, Kecamatan Lubuk Dalam, Kabupaten Siak bersama-sama mengembangkan tanaman pepaya Calina dan pepaya Lovena, yang memiliki harga stabil dan tidak membutuhkan pemeliharaan intensif.

Budidaya pepaya ini, dilakukan Kelompok Tani Awal Mandiri, dibantu dan dibimbing PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang berperan aktif memberikan bantuan berupa bibit dan pelatihan kepada kelompok tani ini.

Ketua Kelompok Tani Awal Mandiri, Muslih Pulungan mengatakan, ia bersama dengan kelompoknya, memanfaatkan lahan tidur untuk membudidayakan tanaman buah pepaya.

"Dalam satu kelompok ini, kami ada lima orang, dan bantuan yang kami dapatkan dari RAPP selain bibit dan pelatihan, juga mendapatkan bantuan pupuk kompos trichoderma, NPK, urea dan Kcl," ungkapnya.

Ia menuturkan, budidaya pepaya sangat menjanjikan dan menguntungkan, namun muncul tantangan baru yang perlu diperhatikan.

"Kami tentunya, sangat berterimakasih kepada RAPP yang telah menjadikan kami mitra binaanya dalam membudayakan pepaya ini," tuturnya.

"Tentu saja dengan adanya bantuan ini, kami harap kedepan dapat membantu taraf hidup masyakat lubuk dalam yang lebih baik dalam membudayakan pepaya yang memang sangat menjanjikan ini," sambungnya.

Ia mengaku sangat senang bisa menjadi petani mitra RAPP. Adanya program ini, sangat membantu kelompok tani, terutama dalam memenuhi saprodi (pupuk, benih, obat-obatan).

RAPP rutin memonitoring dan mendampingi kelompok setiap bulannya.

"Saya berharap program ini dapat dipertahankan, dan RAPP terus mendukung kegiatan petani," sebutnya.

Sementara itu, Communiti Development (CD) Regional Coordinator RAPP Kabupaten Siak dan Meranti, Muslim menyampaikan, pihaknya memiliki program yang positif, satu kampung satu produk unggulan.

Seperti di Kampung Lalang, budidaya madu kelulut lebih menjanjikan. Di kampung Pangkalan Pisang sedang membudidayakan jambu madu.

Sedangkan untuk daerah Sungai Mandau, pihaknya sedang meninjau potensi yang cocok. Dan untuk Kecamatan Lubuk Dalam budidaya pepaya.

"Kami akan memberikan bantuan sesuai permintaan masyarakat. Kami tidak lagi memberikan bantuan infrastruktur melainkan bantuan pemberdayaan masyarakat," ucap Muslim.

Muslim mengaku bangga melihat kelompok tani mitra yang berkembang semakin pesat. Sebab, kemajuan bisa dicapai bersama dengan kemajuan perusahaan.

"Hal yang luar biasa melihat kesuksesan mitra bina yang berhasil. Kita bangga dan senang melihat mereka yang kini berhasil, baik dari segi usaha maupun dari segi pendapatan," ujarnya.

"Kalau kita tanya hasil panennya digunakan untuk apa, mereka menjawab untuk pendidikan anaknya, atau bisa beli tanah untuk memperluas areal pertaniannya," tambahnya.

Ia berharap, keberhasilan Kelompok Tani Awal Mandiri, bisa menjadi contoh bagi kelompok tani lainnya agar semua petani bisa maju bersama-sama.(adv)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi PDAM Kepulauan MerantiAset PDAM Milik Pemkab Kepulauan Meranti Hibah dari Pemkab Bengkalis Dilelang Rp 96 Juta
Suzuki raih empat penghargaan di OTOMOTIF Award 2024.(foto: istimewa)Suzuki Indonesia Raih 4 Penghargaan OTOMOTIF Award 2024
Kajati Riau bersama jajaran Kejari Pelalawan.(foto: andi/halloriau.com)Kajati Riau Kunjungi Kejari Pelalawan, Ini Agendanya
Jembatan Selat Akar yang ambruk beberapa waktu laluDianggarkan Sebesar Rp 36,7 Miliar, Pembangunan Jembatan Selat Akar Dikerjakan Tahun Ini
FKUB Riau bersama Kesbangpol Riau gelar dialog lintas agama di Rohil (foto/afrizal)FKUB Riau Adakan Dialog Pemuda Lintas Agama di Rohil
  Edy Natar Nasution.(foto: int)NasDem Sambut Baik Hasil Survei Elektabilitas Edy Natar di Bursa Pilgub Riau 2024
Komisi I DPRD Pekanbaru hearing terkait mafia tanah di Rumbai.(foto: mimi/halloriau.com)Dugaan Mafia Tanah di Rumbai, Komisi I DPRD Pekanbaru Panggil BPN dan Lurah
HM Harris, Bacalon Gubernur Riau di Pilgub Riau 2024.(foto: int)HM Harris Tingkatkan Popularitas Jelang Pilgub Riau 2024
Ilustrasi daya tampung SMA/SMK Negeri di Riau tahun 2024 (foto/int)Kapasitas SMA/SMK Negeri di Riau Tak Mampu Tampung Seluruh Lulusan SMP, Ini Solusi Pemprov
Jembatan Panglima Sampul yang ambruk beberapa waktu laluJembatan Panglima Sampul Ambruk, Pembangunan Kembali Direncanakan Tahun 2025
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved