www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
PDIP Riau Belum Mau Bicara Soal Pilgubri, Sugeng: Kami Fokus ke Gugatan Pilpres Dulu
 
Realisasi Investasi Sektor Properti Diprediksi Naik pada 2023
Rabu, 18 Januari 2023 - 06:20:25 WIB

JAKARTA - Realisasi investasi pada sektor properti diproyeksi mengalami kenaikan pada tahun 2023.

Kondisi itu sejalan dengan capaian pada tahun 2022 yang dinilai sudah menunjukkan pemulihan. Baik itu dari dalam negeri maupun asing.

Sebagaimana dilansir data dari laman resmi Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Triwulan 1-3 tahun 2022 pada sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran, menempati peringkat dua tertinggi.

Nilainya sebesar Rp 47.789.867.400 (Rp 47 triliun) dari 4.366 proyek.

Sementara untuk realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) Triwulan 1-3 tahun 2022, sektor ini menempati urutan keenam.

Nilainya sebesar Rp 2.278.972.200 Dolar AS atau setara Rp 34.650.645.290.252 (Rp 34 triliun) dari 2.781 proyek.

Menanggapi capaian tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Real Estat Indonesia (REI) Hari Ganie menyampaikan belum mengetahui realisasi investasi sektor properti hingga akhir tahun 2022.

"Angka pastinya saya nggak bisa jawab ya, tapi yang pasti investasi dalam negeri itu sudah kita baca semuanya dengan launching-launching produk, pameran-pameran properti, dari para pengembang," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (17/01/2023).

Terutama dari pengembang menengah ke atas serta skala besar. Mereka banyak yang merilis produk baru, sehingga investasi mengarah ke sana.

"Memang belum semua developer, tapi banyak pengembang menengah ke atas sudah launching, yang berarti itu investasi dalam negeri sudah jalan," ucap Hari.

Sementara untuk investasi asing juga sudah mulai berjalan, tapi mereka menyasar kawasan-kawasan yang sudah matang.

Terutama di Jabotabek, seperti halnya Serpong menjadi kawasan yang paling favorit bagi asing. Jadi investor asing cukup selektif dalam memilih target.

"Satu dia gak mau di luar (Jabotabek), Jabotabek pun yang paling favorit di Serpong untuk perumahan, kalau industri masih di sekitar Bekasi dan Karawang," cetus Hari.

Sektor properti yang dipilih investor asing pun tidak sembarangan. Mereka juga selektif dalam menentukan target investasinya.

"Sektornya pun mereka pilih-pilih, yang minim risiko dengan memilih sektor yang rumah tapak. Masih menghindari apartemen yang mereka pikir belum lah," imbuhnya.

Kemudian untuk proyeksi tahun 2023, Hari menilai capaian investasi sektor properti masih akan mengalami kenaikan.

Meskipun tahun ini diprediksi akan terjadi resesi global, Indonesia dinilai masih memiliki prospek pertumbuhan yang bagus dibandingkan negara lain.

"Bahkan Bank Dunia mengatakan bahwa Indonesia masih bisa tumbuh 4 sekian persen pada tahun 2023. Artinya kita masih bisa optimistis," terangnya.

Di tambah lagi realisasi investasi PMA tahun 2022 di Indonesia terbilang masih cukup baik dibanding dengan negara lain yang banyak terhenti.

Selain itu, Indonesia juga memiliki banyak kelebihan. Misalnya terkait komoditas, ada kelapa sawit, nikel, hingga batubara.

Sehingga Indonesia tidak bergantung pada satu sektor atau komoditas saja.

"Dan yang selalu menjadi andalan kita selama ini, sudah bertahun-tahun ya adalah konsumsi rumah tangga. Konsumsi rumah tangga kita dari PDB hampir 50% lebih, jadi kita aman gitu ya," beber Hari.

Apalagi tahun 2024 merupakan tahun politik, banyak orang menganggap ada perputaran uang pada masa tersebut, seperti yang dilansir dari kompas.

"Itu juga yang bisa membawa berkah pada sektor properti. Jadi kita masih optimistis," pungkas Hari. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Wakil Ketua DPD PDIP Riau bidang pembangunan manusia dan kebudayaan sekaligus anggota fraksi PDIP DPRD Riau, Sugeng Pranoto (foto:rinai/halloriau)PDIP Riau Belum Mau Bicara Soal Pilgubri, Sugeng: Kami Fokus ke Gugatan Pilpres Dulu
Infografis rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara sah Pemilu DPD RI tingkat Provinsi Riau (foto:kpu riau).Berikut Hasil Perolehan Suara Sah DPD RI Tingkat Riau, Edwin Pratama dan Alpasirin Menggugat ke MK
Ilustrasi program magang ke Jepang tahap II Disnakertrans Riau dibuka (foto/int)Dibuka Sampai Agustus 2024, Ini Syarat Program Magang ke Jepang Tahap II Disnakertrans Riau
  Ilustrasi hotspot di Provinsi Riau sudah mulai turun (foto/int)Mulai Turun, Hotspot Riau Terdeteksi 20 Titik
Ribuan bangkai ayam potong dibuang ke aliran sungai di Desa Sungai Pinang (foto/ist)Geger, Ribuan Bangkai Ayam Terapung di Sungai Musi Rawas Sumsel, Polisi Turun Tangan
Ilustrasi tapir besar masuk permukiman penduduk di Pekanbaru (foto/int)BKSDA Riau Tinjau Lokasi Tapir Masuk Pemukiman di Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved