www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Diskes Riau Imbau Kabupaten/Kota Ajukan Proposal Pembangunan RSUD ke Pusat
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
ITB Bantu Wujudkan Fakultas Teknik Unggulan di Universitas Pahlawan Kampar
Sabtu, 19 November 2022 - 18:40:53 WIB
Kerja sama Universitas Pahlawan dan ITB (foto/Antara)
Kerja sama Universitas Pahlawan dan ITB (foto/Antara)

BANGKINANG - Pengembangan program studi di Fakultas Teknik Universitas Pahlawan (UP) Tuanku Tambusai dibantu Institut Teknologi Bandung (ITB). Kerja sama itu sudah dimulai pada 29 April 2022 dengan meneken Memorandum of Understanding (MoU).

Sebagai tindak lanjut digelar webinar akademik di ruang pimpinan UP bertemakan strategi percepatan pengembangan perguruan tinggi unggul dengan orientasi dunia kerja, Sabtu (19/11/2022). Hadir sebagai pembicara utama Dasril S dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau dan Rektor Universitas Pahlawan Prof. Dr. Amir Lutfi.

Serta tiga narasumber yakni Guru Besar Fakultas Teknologi Industri ITS Prof. Yassierli dari Fakultas Teknik Sipil Dan Lingkungan ITB Edwan Kardena, PH.D dan Dessi Puji Lestari, S.T, M.ENG., Phd. dari Sekolah Teknik Elektro Dan Informatika ITB serta Guru Besar Fakultas Teknik UR Prof. Dr. Adrianto Ahmad sebagai moderator.

Dikutip dari Antarariau.com, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau  diwakili Dasril, berharap dengan terjalinnya kerjasama UP dan ITB maka program studi fakultas teknologi UP menjadi perguruan unggul.

"Pandangan yang disampaikan melalui webinar ini akan memberikan pandangan dan peluang ke depan. Ini juga akan memberikan dampak sekaligus memberikan pengalaman bagi kita semua," katanya.

Kemudian Rektor UP Amir Lutfi menyampaikan perlunya menyatukan pandangan dalam kerjasama bidang studi agar mempunyai nilai kualitas dan spirit yang sama sehingga apa yang diharapan dapat tercapai.

Kerjasama ini dimulai dengan fokus pada pengembangan Fakultas Teknik UP dengan pendampingan langsung dari pihak ITB. Kini Fakultas Teknik UP terdiri dari tiga program studi yaitu Prodi Teknik Informatika, Prodi Teknik Industri, dan Prodi Teknik Sipil.

Prodi-prodi di Fakultas Teknik adalah prodi dengan bidang ilmu STEM (Science Technology Engineering and Math) yang saat ini masih didorong perkembangannya oleh pemerintah.

Maka itu, Universitas Pahlawan melakukan berbagai upaya mengembangkan prodi yang ada pada Fakultas Teknik. Termasuk membina kerja sama dengan ITB.

"Melalui kerjasama strategis dengan ITB, UP berharap dapat melakukan lompatan-lompatan dalam mencapai visi "Menjadi Universitas Berkualitas dan Berorientasi Kewirausahaan di Asia Tenggara 2042," jelasnya.

Ketua Panitia Safni Marwa berharap adanya transfer pengetahuan dari ITB tentang strategi pengembangan perguruan tinggi unggul dengan orientasi dunia kerja beserta kurikulum untuk ketiga prodi tersebut.

Kemudian akan sisiapkan laboratorium relevan untuk menunjang kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi serta pengembangan kapasitas SDM Fakultas Teknik UP dalam bentuk pelaksanaan aktifitas-aktifitas profesional ITB di Provinsi Riau dan sekitarnya. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
RSUD Bangkinang, Kabupaten Kampar.(foto: int)Diskes Riau Imbau Kabupaten/Kota Ajukan Proposal Pembangunan RSUD ke Pusat
Kadiskes Riau, Zainal Arifin.(foto: int)Tahun ini Pemerintah Pusat Bangun RSUD Tipe C di Pulau Rupat Bengkalis
Puluhan jerigen berisi BBM subsidi jenis solar yang diamankan dari tangan AL dan AA ke Mapolsek Tambang.(foto: mcr)Kedapatan Suling Solar, 2 Pelaku Penyalahguna BBM Subsidi Diringkus Polsek Tambang
Kapolres Inhil saat ekspos kasus pengungkapan narkoba melibatkan seorang mahasiswa di Mapolres Inhil.(foto: antarariau.com)Pulang Kampung Bawa Ganja, Seorang Mahasiswa Asal Tembilahan Diciduk Polisi
Manajemen HK menyerahkan GPS Collar kepada BBKSDA Riau untuk memantau gajah Sumatera di sekitar Tol Permai.(foto: int)Awal Feburari 2023 HK dan BBKSDA Riau Pasang GPS Collar untuk Gajah Liar Sekitar Tol Permai
  Gubernur Riau, Syamsuar menyerahkan benih udang vaname untuk nelayan di Kota Dumai.(foto: antarariau.com)Beri 300 Ribu Benih Udang Vaname dari Pemprov Riau untuk Sejahterakan Nelayan Dumai
Harimau Sumatera.(int)BBKSDA Riau Masih Lakukan Mitigasi, Petani di Siak Kembali Temukan Jejak Harimau Sumatera
Bunga bangkai setinggi 3 meter di kawasan Hutan Lindung Bukit Tui Padang Panjang.(foto: detik.com)Warga Padang Panjang Heboh Ada Bunga Bangkai Raksasa di Bukit Tui
Gubernur Riau, Syamsuar saat meresmikan penegerian SMKN 1 Langgam.(foto: mcr)Resmi Dinegerikan, SMKN 1 Langgam Harap Bantuan Pemprov Riau untuk Prasarana
Sovia Septiana S Sos yang baru saja dilantik jadi Ketua DPD HWK Pekanbaru periode 2022-2027.(foto: int)Tekad Sovia Ciptakan Perempuan Tangguh Bekarya dan Punya Skill
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Bacalon DPD Riau, Ichwanul Ihsan Serahkan Syarat Dukungan Minima
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved