www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Jalan Tol yang Dikelola Makin Panjang, HK Gencar Kampanyekan SETUJU
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Pj Gubri Tinjau Lokasi Upacara Harlah Pancasila di Dumai
Sabtu, 25 Mei 2024 - 13:58:38 WIB

DUMAI - Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto melakukan peninjauan lokasi upacara Hari Lahir (Harlah) Pancasila di Kota Dumai, Provinsi Riau, Sabtu (25/5/2024).

Upacara yang dipusatkan di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan (PHR) ini akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur.

"Hari ini kita tinjau lokasi untuk upacara Harlah Pancasila. Melihat sudah sejauh mana persiapannya," kata Pj Gubernur Riau SF Hariyanto.

Mempertimbangkan lapangan upacara yang didominasi oleh gambut dan berpotensi akan lecah bila diguyur hujan di hari sebelumnya upacara, Penjabat (Pj) Gubernur Riau menyebutkan akan mencarikan solusi terbaiknya.

"Sisa waktu hanya sampai tanggal 27. Jadi kita akan koordinasi ini lapangan akan diapakan, mau disemenisasi atau opsi lainnya. Mengingat akan ada rangkaian acara selain upacara Pancasila," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Utama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Tonny Agung Arifianto mengatakan, pemilihan Lapangan Blok Rokan sebagai lokasi acara puncak peringatan Harlah Pancasila tahun 2024 adalah untuk meningkatkan nasionalisme dan persatuan seluruh anak bangsa.

"Blok Rokan merupakan blok minyak tersubur di Indonesia yang sejak 2021 pengelolaannya 100 persen kembali ke Ibu Pertiwi. Dari ini sini kami ingin sampaikan pesan kalau kita bersatu, kita bisa mengelola sumber daya alam yang manfaatnya untuk kesejahteraan seluruh rakyat," ujar Tonny, Kamis (23/05/2024).

Dikatakannya, Hari Lahir Pancasila tahun ini mengusung tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. Menurutnya, Indonesia akan mengalami usia emas pada 2045. Pasalnya, saat itu Indonesia genap berusia 100 tahun atau satu abad.

"Di masa itu, Indonesia ditargetkan sudah menjadi negara maju dan sejajar dengan negara adidaya," katanya.

Sementara itu, terkait logo utama Harlah Pancasila tahun 2024, yakni Sandya Taru atau Pohon Persatuan yang mencerminkan persatuan, semangat gotong royong dan kesetaraan. Pohon Persatuan tercipta dari nilai ketiga dalam Pancasila: Persatuan Indonesia dengan simbol beringin.

"Layaknya pohon yang bermakna sumber kehidupan, Pancasila lahir menjadi kekuatan Bangsa. Pancasila menjaga jiwa-jiwa setiap insan dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila membentuk karakter budi pekerti luhur," sebutnya.

Kemudian untuk peserta upacara peringatan Harlah Pancasila di Blok Rokan diperkirakan sebanyak seribu orang dari unsur TNI, Polri, ASN, pegawai PT Pertamina, dan pelajar. Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga dijadwalkan hadir, serta Ketua MPR Bambang Soesatyo akan bertindak sebagai pembaca teks Pancasila.

Ketua DPR Puan Maharani akan menjadi pembaca UU 1945. Doa akan dibacakan oleh Menko PMK Muhadjir Effendy. Upacara akan melibatkan Paskibraka tingkat nasional dan Provinsi Riau. (adv)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Jalan Tol Yang Dikelola Makin Panjang, HK Prioritaskan Edukasi Keselamatan Berkendara Dengan Kampanye SETUJU (foto/Rivo)Jalan Tol yang Dikelola Makin Panjang, HK Gencar Kampanyekan SETUJU
KPU Rohil lantik serentak petugas Pantarlih (foto/int)1.728 Petugas Pantarlih Dilantik Serentak, Ketua KPU Rohil: Bekerjalah Profesional
New Honda Brio. Foto IstDibanderol Rp219 Jutaan, Begini Spesifikasi Honda Brio Satya E CVT
Pemeriksaan paspor di Bandara SSK II Pekanbaru dilakukan manual (foto/int)Gangguan Layanan, Pemeriksaan Paspor Manual di Bandara Pekanbaru
Ilustrasi harga sembako turun di Pekanbaru (foto/int)Harga Pangan di Pekanbaru Berangsur Turun Pekan Ini
  Satpol PP Pekanbaru apel luar biasa penjatuhan hukuman disiplin anggota oknum pungli (foto/int)2 Oknum Satpol PP Pekanbaru Dipecat Tidak Hormat, Satu Lagi Masih Proses
Mantan Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun disebut kandidat potensial maju Pilwako 2024 (foto/int)Mulai Jumpai Masyarakat, Pengamat Ingatkan Muflihun Jangan Pakai Fasilitas Negara
Pj Gubri, SF Hariyanto hadiri pengukuhan Kepala Perwakilan BI Provinsi Riau, Panji Achmad (foto/int)Panji Achmad Dikukuhkan Jadi Kepala BI Riau, Ini Harapan Pj Gubri
100 pedagang dapat ditampung di Pasar Rakyat Palapa Pekanbaru (foto/int)Pasar Rakyat Palapa Pekanbaru Mampu Tampung 100 Pedagang
Ilustrasi masih banyak pendaftar akses web PPDB SMA/SMK Negeri Provinsi Riau (foto/int)Sudah 57 Ribu Lebih Peserta Akses Web PPDB Online SMA/SMK Negeri Riau
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved