www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
PLTA Buka Pintu Air 1,5 Meter, Pj Bupati Kampar Imbau Warga Waspada Banjir
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Gubri Syamsuar Intruksikan Kadisbud Minta Dokumen Kerajaan di Arsip Nasional
Minggu, 22 Januari 2023 - 16:56:40 WIB

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meminta Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) agar mengecek dokumen-dokumen kerajaan di Arsip Nasional Republik Indonesia. Karena di sana terdapat dokumen-dokumen mengenai kerajaan di Provinsi Riau.

Bahkan Gubri sudah melihat semua dokumen-dokumen tentang kerajaan-kerajaan itu sebagai di Arsip Nasional. Ia meminta agar Kadisbud meminta atau menyalin dokumen-dokumen kerajaan-kerajaan di Riau ke Kepala Arsip Nasional.

"Jumpai Kepala Arsip Nasional, sampaikan salam saya ke dia (Kepala Arsip Nasional), dan ambil dokumen tersebut. Karena banyak kerajaan atau khasanah di Riau. Namun dokumennya tidak ada di sini," kata Gubri Syamsuar di Istana Darussalam Kerajaan Rantau Kampar Kiri, Minggu (22/1/2023).

"Sudah saya lihat semua dokumen itu, semuanya ada di Arsip Nasional mulai dari kerajaan Pelalawan, Gunung Sahilan dan lainnya," sambungnya dikutip dari Mediacenter.riau.go.id.

Syamsuar menganggap dokumen itu sangat penting bagi Provinsi Riau. Sebabdokumen-dokumen khasanah yang ada di Riau ini harus dimiliki oleh lembaga adat, baik Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau maupun lembaga adat melayu yang lainnya.

"Kalau kita tidak mempunyai dokumen itu, tentunya kita tidak tau apa yang mau dibicarakan, karena kalau sekadar cerita saja tentu orang tidak akan percaya. Maka dari itu dokumentasi itu penting," ujar Syamsuar. 

Untuk mengingat sejarah tentunya harus ada dokumentasi seperti yang ada di Arsip Nasional Republik Indonesia yang beberapa waktu lalu Ia lihat.

Gubernur Syamsuar sedikit bercerita tentang cap darah yang sampai saat ini masih dilakukan. Ternyata sebelum Indonesia merdeka hal yang sama juga sudah dilakukan oleh masyarakat yang mendukung Sultan Syarif Kasim jadi pejuang. 

"Mereka pakai cap darah. Ketika saya melihat arsip itu langsung tersentak hati saya. Begitulah besarnya perjuangan melawan penjajah dulu dan ternyata cap darah masih ada sampai sekarang," katanya.

Gubernur Syamsuar juga menginginkan generasi muda di masa yang akan datang lebih mengenal sejarah, mengetahui kalau Indonesia ini adalah bangsa pejuang dan mempunyai wawasan kebangsaan. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pj Bupati Kampar, Hambali.(foto: mcr)PLTA Buka Pintu Air 1,5 Meter, Pj Bupati Kampar Imbau Warga Waspada Banjir
Direksi BRK Syariah bersama mantan Gubernur Riau, Rusli Zainal dalam kegiatan Majelis Silaturahmi Gubri di Jakarta.(foto: istimewa)BRK Syariah Tingkatkan Eksistensi di Jakarta dalam Jemputan Majelis Silaturahmi Gubri
acara Rembuk Nasional Perkebunan Sawit yang diselenggarakan PWNU Riau di Pekanbaru (foto/int)Pemprov Riau Tingkatkan Pengelolaan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026
IlustrasiBawaslu Pekanbaru Buka Lowongan untuk Posisi PKD, Pendaftaran Ditutup 21 Mei 2024
  Pj Gubri, SF Hariyanto dalam kegiatan silaturahmi bersama PMRJ.(foto: sri/halloriau.com)Dihadiri Cagubri, Pj Gubri Sebut Pembangunan Infrastruktur Bukan Omong-omong
Unisi pindahkan biaya pendidikan mahasiswa dan penerimaan pembayaran ke BRK Syariah (foto/ist)Unisi Pilih BRK Syariah untuk Transaksi Biaya Pendidikan Mahasiswa dan Penerimaan Pembayaran
Syamsuar (foto:ist)Syamsuar Siap Relakan Kursi DPR RI
Ilustrasi hotspot di Riau masih terdeteksi (foto/int)Termasuk Riau, Sore Ini 19 Hotspot Menyala di Sumatera
Pj Gubri, SF Hariyanto ajak warga Riau di Jakarta turut membangun kampung halaman (foto/int)Pj Gubri Ajak Warga Riau di Perantau Berkontribusi Bangun Kampung Halaman
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Pj Gubri SF Hariyanto Lepas CJH Riau
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved