www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Diskes Riau Imbau Kabupaten/Kota Ajukan Proposal Pembangunan RSUD ke Pusat
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Gubri Instruksikan Pejabat Pemprov Riau Dukung Produk Dalam Negeri
Sabtu, 03 Desember 2022 - 16:38:56 WIB
Gubernur Riau, Syamsuar.(foto: mcr)
Gubernur Riau, Syamsuar.(foto: mcr)

PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar mengumpulkan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau untuk belanja produk lokal dan berwisata di Indonesia saja.

Dia juga meminta agar para pejabat di lingkungannya bisa menjadi brand ambassador produk-produk lokal dan mendukung penuh Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia/Produk Dalam Negeri (BBI/PDN) dan Bangga Berwisata di Indonesia Aja (BBWI).

Hal tersebut disampaikan Syamsuar, saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) terkait pelaksanaan Gernas BBI/PDN dan BBWI 2023 di Gedung Daerah Balai Serindit, Kota Pekanbaru, Jumat (2/12/2022).

"Tugas yang harus kita laksanakan yaitu mendukung Gernas ini. Dan ini sebenarnya bagus untuk pertumbuhan perekonomian di Riau," tutur Syamsuar dilansir mcr, Sabtu (3/12/2022).

Dijelaskan Syamsuar, Gernas ini dapat mendorong optimalisasi belanja pemerintah untuk produk dalam negeri.

Untuk itu, Syamsuar perintahkan para pejabat di setiap OPD Pemprov Riau agar mempersiapkan Rancangan Umum Pengadaan (RUP) tahun 2023 dalam berkomitmen terhadap Gernas BBI/PDN dan BBWI.

Untuk meningkatkan PDN kata Syamsuar, kegiatan belanja pemda harus memprioritaskan produk dalam negeri yang proses pengadaannya melalui e-katalog.

"Artinya capaian yang berkenaan dengan PDN sudah termasuk bagus. Jadi ini tidak dipersoalkan lagi. Tapi harusnya gerakan ini kita persiapkan RUP untuk tahun 2023," jelasnya.

Masih kata Syamsuar, program ini tentunya memiliki manfaat baik untuk pemerintah daerah. Karena Gernas BBI/PDN dapat mendorong UMKM/IKM/Artisan daerah masuk ke ekosistem digital, mendapatkan pelatihan, mendapatkan pendanaan, dan mengikuti pameran.

Kemudian, program Gernas BBI bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk lokal yang berkualitas. Selain itu mampu merangsang pembangunan karakter bangga buatan Indonesia sejak dini pada siswa.

Begitu pula dengan Gernas BBWI juga bertujuan meningkatkan kunjungan wisatawan ke destinasi lokal, meningkatkan pariwisata daerah, dan domestik.

Lalu, diharapkan bisa menciptakan sumber ekonomi baru, seperti perluasan lapangan kerja dan peluang usaha, serta peningkatan popularitas destinasi pariwisata.

"Karena itu tadi arahan pak Menko Marves agar ini kita bisa serius dalam rangka untuk menindak lanjuti program Gernas BBI/PDN dan BBWI. Sehingga kita ini nanti dapat menggunakan semua produk-produk dalam negeri," terang Gubri.

Lebih lanjut disampaikan Syamsuar, dalam waktu dekat ada kunjungan dari pihak Kemenko Marinves ke Bumi Lancang Kuning.

"Jadi makanya saya minta semua kepala OPD ini hadir malam ini. Karena nanti pada hari selasa tim dari Kemenko Marves akan berkunjung ke sini. Dan mereka minta pertemuan juga sama kita serta diikuti oleh OPD yang terkait dari kabupaten/kota," pungkasnya.(*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
RSUD Bangkinang, Kabupaten Kampar.(foto: int)Diskes Riau Imbau Kabupaten/Kota Ajukan Proposal Pembangunan RSUD ke Pusat
Kadiskes Riau, Zainal Arifin.(foto: int)Tahun ini Pemerintah Pusat Bangun RSUD Tipe C di Pulau Rupat Bengkalis
Puluhan jerigen berisi BBM subsidi jenis solar yang diamankan dari tangan AL dan AA ke Mapolsek Tambang.(foto: mcr)Kedapatan Suling Solar, 2 Pelaku Penyalahguna BBM Subsidi Diringkus Polsek Tambang
Kapolres Inhil saat ekspos kasus pengungkapan narkoba melibatkan seorang mahasiswa di Mapolres Inhil.(foto: antarariau.com)Pulang Kampung Bawa Ganja, Seorang Mahasiswa Asal Tembilahan Diciduk Polisi
Manajemen HK menyerahkan GPS Collar kepada BBKSDA Riau untuk memantau gajah Sumatera di sekitar Tol Permai.(foto: int)Awal Feburari 2023 HK dan BBKSDA Riau Pasang GPS Collar untuk Gajah Liar Sekitar Tol Permai
  Gubernur Riau, Syamsuar menyerahkan benih udang vaname untuk nelayan di Kota Dumai.(foto: antarariau.com)Beri 300 Ribu Benih Udang Vaname dari Pemprov Riau untuk Sejahterakan Nelayan Dumai
Harimau Sumatera.(int)BBKSDA Riau Masih Lakukan Mitigasi, Petani di Siak Kembali Temukan Jejak Harimau Sumatera
Bunga bangkai setinggi 3 meter di kawasan Hutan Lindung Bukit Tui Padang Panjang.(foto: detik.com)Warga Padang Panjang Heboh Ada Bunga Bangkai Raksasa di Bukit Tui
Gubernur Riau, Syamsuar saat meresmikan penegerian SMKN 1 Langgam.(foto: mcr)Resmi Dinegerikan, SMKN 1 Langgam Harap Bantuan Pemprov Riau untuk Prasarana
Sovia Septiana S Sos yang baru saja dilantik jadi Ketua DPD HWK Pekanbaru periode 2022-2027.(foto: int)Tekad Sovia Ciptakan Perempuan Tangguh Bekarya dan Punya Skill
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Bacalon DPD Riau, Ichwanul Ihsan Serahkan Syarat Dukungan Minima
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved