www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Pekanbaru Diselimuti Kabut Pagi Hari, Ini Penjelasan BMKG
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Gubri Instruksikan Pejabat Pemprov Riau Dukung Produk Dalam Negeri
Sabtu, 03 Desember 2022 - 16:38:56 WIB

PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar mengumpulkan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau untuk belanja produk lokal dan berwisata di Indonesia saja.

Dia juga meminta agar para pejabat di lingkungannya bisa menjadi brand ambassador produk-produk lokal dan mendukung penuh Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia/Produk Dalam Negeri (BBI/PDN) dan Bangga Berwisata di Indonesia Aja (BBWI).

Hal tersebut disampaikan Syamsuar, saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) terkait pelaksanaan Gernas BBI/PDN dan BBWI 2023 di Gedung Daerah Balai Serindit, Kota Pekanbaru, Jumat (2/12/2022).

"Tugas yang harus kita laksanakan yaitu mendukung Gernas ini. Dan ini sebenarnya bagus untuk pertumbuhan perekonomian di Riau," tutur Syamsuar dilansir mcr, Sabtu (3/12/2022).

Dijelaskan Syamsuar, Gernas ini dapat mendorong optimalisasi belanja pemerintah untuk produk dalam negeri.

Untuk itu, Syamsuar perintahkan para pejabat di setiap OPD Pemprov Riau agar mempersiapkan Rancangan Umum Pengadaan (RUP) tahun 2023 dalam berkomitmen terhadap Gernas BBI/PDN dan BBWI.

Untuk meningkatkan PDN kata Syamsuar, kegiatan belanja pemda harus memprioritaskan produk dalam negeri yang proses pengadaannya melalui e-katalog.

"Artinya capaian yang berkenaan dengan PDN sudah termasuk bagus. Jadi ini tidak dipersoalkan lagi. Tapi harusnya gerakan ini kita persiapkan RUP untuk tahun 2023," jelasnya.

Masih kata Syamsuar, program ini tentunya memiliki manfaat baik untuk pemerintah daerah. Karena Gernas BBI/PDN dapat mendorong UMKM/IKM/Artisan daerah masuk ke ekosistem digital, mendapatkan pelatihan, mendapatkan pendanaan, dan mengikuti pameran.

Kemudian, program Gernas BBI bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk lokal yang berkualitas. Selain itu mampu merangsang pembangunan karakter bangga buatan Indonesia sejak dini pada siswa.

Begitu pula dengan Gernas BBWI juga bertujuan meningkatkan kunjungan wisatawan ke destinasi lokal, meningkatkan pariwisata daerah, dan domestik.

Lalu, diharapkan bisa menciptakan sumber ekonomi baru, seperti perluasan lapangan kerja dan peluang usaha, serta peningkatan popularitas destinasi pariwisata.

"Karena itu tadi arahan pak Menko Marves agar ini kita bisa serius dalam rangka untuk menindak lanjuti program Gernas BBI/PDN dan BBWI. Sehingga kita ini nanti dapat menggunakan semua produk-produk dalam negeri," terang Gubri.

Lebih lanjut disampaikan Syamsuar, dalam waktu dekat ada kunjungan dari pihak Kemenko Marinves ke Bumi Lancang Kuning.

"Jadi makanya saya minta semua kepala OPD ini hadir malam ini. Karena nanti pada hari selasa tim dari Kemenko Marves akan berkunjung ke sini. Dan mereka minta pertemuan juga sama kita serta diikuti oleh OPD yang terkait dari kabupaten/kota," pungkasnya.(*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kota Pekanbaru diselimuti kabut (foto/yuni)Pekanbaru Diselimuti Kabut Pagi Hari, Ini Penjelasan BMKG
Perayaan HUT Hotel New Hollywood ke-13 beralngsung meriah (foto/ist)Manajemen dan Karyawan Rayakan HUT Hotel New Hollywood ke-13
Pembersihan drainase di Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru dengan mini excavator (foto/IG PUPRpku)Pemko Pekanbaru Keruk Drainase Pakai Excavator, Netizen: Kok Baru Sekarang?
Ilustrasi hotspot di Riau masih nihil (foto/int)Hotspot Pulau Sumatera Membara Lagi, BMKG: Riau Tetap Nihil
Pj Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Indra.Pj Sekda Harap MTQ ke-42 Tingkat Provinsi Riau Berjalan Sukses dan Lancar
  ARA menggelar halalbihalal di Kebun Pribadi salah satu anggota ARA yaitu Prof Dr H Syafrinaldi (foto/ist)ARA Berkomitmen Perkuat Peranan dalam Pendidikan di Riau
Timnas Indonesia U-23 bersiap hadapi Yordania dalam pertarungan penentu nasib di Piala Asia U-23 2024 (foto/detik)Menegangkan, Timnas Indonesia Hadapi Yordania dalam Laga Penentu Nasib di Piala Asia U-23 2024
Ilustrasi banjir di Pekanbaru dampak hujan lebat seharian (foto/int)Prakiraan Cuaca Hari Ini, Riau Hujan Lebat Sore-Malam, Waspadai Angin Kencang
ilustrasi Karhutla.Petugas Gabungan Siap Siaga di Sejumlah Pos Rawan Karhutla
Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun.Pilwako Pekanbaru, Masyarakat Kota Pekanbaru Jangan Terlibat Politik Uang
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved