www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Penjualan Stagnan, Perlu Program Mobil Murah Baru?
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Asian Agri Dorong Petani Berpenghasilan dengan Membuka Lahan Tanpa Bakar
Kamis, 17 Desember 2020 - 11:45:52 WIB
Kades Lubuk Ogong sekaligus pembina Petani Andalan Riau sedang memberikn motivasi dan teknik penanaman nenas kepada para petani di Desa Lubuk Ogong saat momen penanaman perdana.
Kades Lubuk Ogong sekaligus pembina Petani Andalan Riau sedang memberikn motivasi dan teknik penanaman nenas kepada para petani di Desa Lubuk Ogong saat momen penanaman perdana.

Baca juga:

Antisipasi Kemarau, Asian Agri Gelar Apel Siaga Karhutla dan Penandatanganan MoU DBA 2024-2025
Ratusan Peserta Semarakkan Pekan Donor Darah Asian Agri 2024 di 3 Provinsi
Asian Agri Dukung Kelompok Ternak Ikan di Inhu, Tingkatkan Perekonomian Desa

PELALAWAN - Budidaya tanaman buah nenas menjadi sumber alternatif petani kelapa sawit di Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau, saat memasuki masa pembukaan lahan.

Lahan yang dibuka tanpa melakukan pembakaran dimanfaatkan masyarakat untuk tetap melakukan kegiatan berkebun.

Kesadaran petani ini terbentuk setelah Asian Agri mengedukasi dan memberikan penyuluhan bahwa pembukaan lahan dengan cara membakar sangat berbahaya dan merugikan banyak orang.

Dorongan program pembukaan lahan tanpa bakar oleh Asian Agri, ternyata membawa berkah tersendiri bagi petani dan masyarakat Desa Lubuk Ogong Kecamatan Bandar Sei Kijang dan Desa Rantau Baru Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan.

Sebanyak 16 ribu bibit buah nenas disalurkan Asian Agri kepada masyarakat di dua desa itu, yang komitmen menjalankan program pembukaan lahan tanpa menggunakan api.

Sebelum terealisasinya budidaya tanaman nenas, Asian Agri memfasilitasi dan memberikan pembekalan berkebun nenas. Bukan hanya itu, pada 30 November 2020, Asian Agri membantu masyarakat dalam pembukaan lahan tanpa bakar seluas 4 hektar di Desa Lubuk Ogong Dan Desa Rantau Baru.

Kepala Desa Lubuk Ogong, Triyono  berterimakasih kepada Asian Agri yang sudah memberikan bantuan program pembukaan lahan tanpa bakar.

"Kami berharap tanaman nenas ini dapat berkembang di daerah kami dan juga kelompok masyarakat tani bisa terus didampingi oleh Asian Agri, agar petani bisa mandiri," ungkap Kades.

Sementara itu, Hafiz Hazalin Sinaga,  Manager FFVP - Asian Agri mengungkapkan, masalah kebakaran hutan dan lahan sangat erat kaitannya dengan perekonomian. "Karena alasan keterbatasan dana, masyarakat menggunakan api dalam melakukan pembersihan lahan. Selain cepat, biayanya juga murah. Akan tetapi, dampak yang ditimbulkan jauh lebih mahal dan membahayakan," bebernya.

Dalam mengatasi masalah kebakaran hutan dan lahan perlu berbagai macam strategi dan teknik dalam pelaksanaanya. "Tidak  hanya patroli dan sosialiasi saja, akan tetapi perlu adanya pendekatan yang lebih menyentuh langsung kepada masyarakat. Tujuan kegiatan pembukaan lahan tanpa bakar adalah upaya untuk mengajak masyarakat meninggalkan cara-cara lama dalam menggunakan api untuk pembersihan lahan," ucapnya.

Sementara itu, Paiman, salah seorang petani nenas mandiri Desa Lubuk Ogong sangat berterimakasih sudah dibantu dalam hal pelatihan budidaya nenas dan bantuan pembukaan lahan seluas 2 hektar.

"Sekarang kami dibantu bibit nenas. Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengembangkan tanaman nenas ini sampai berhasil, namun kami tetap butuh pembinaan dari Asian Agri agar bisa berhasil," bebernya. (rilis)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Penjualan mobil di Indonesia stagnan.(ilustrasi/int)Penjualan Stagnan, Perlu Program Mobil Murah Baru?
Ilustrasi harga emas di Pekanbaru masih bikin silau (foto/int)Masih Berkilau, Harga Emas Antam 1 Gram di Pekanbaru Rp1,399 Juta
Hujan di Riau.(ilustrasi/int)Cuaca di Riau hari ini: Cerah Berawan dengan Potensi Hujan Ringan di Malam Hari
Honda WR-V.Kuasai Pasar SUV, Honda HR-V dan WR-V Cetak Penjualan Tertinggi di Semester Pertama 2024
Suhardiman Amby mendapatkan dukungan dari Gerindra untuk maju di Pilkada Kuansing 2024.Suhardiman Amby Kantongi Rekomendasi dari Prabowo untuk Maju di Pilkada Kuansing
  Ramalan zodiak hari ini.(ilustrasi/int)Ramalan Zodiak Hari ini 15 Juli 2024: Fokus Selesaikan Masalah, Jangan Lupa Berhemat
Sebaran titik panas di Sumatera.(ilustrasi/int)223 Hotspot Menyala di Sumatera Pagi ini, Riau Sumbang 1 Titik Panas
Akun Facebook yang mengatasnamakan Syamsuar diduga melakukan penipuan (foto:ist) Awas Penipuan! Marak Akun Bodong Mengaku Sebagai Syamsuar di Media Sosial
Andry Saputra.Sosok Andry Saputra Ketua DPC Gerindra yang Dapat Surat Tugas Maju di Pilwako Pekanbaru
ilustrasi.Warga Heran Jalan Ahmad Dahlan Tak Kunjung Diperbaiki, DPRD Pekanbaru Desak Pemerintah
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved