www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Arus Balik Lebaran, Antrean Panjang di Pelabuhan Dumai-Pulau Rupat
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Putus Sekolah Penyebab Kemiskinan di Pekanbaru Naik, Ini Kata Ade Hartati
Senin, 04 Maret 2024 - 19:12:57 WIB

PEKANBARU - Meningkatnya angka kemiskinan di Kota Pekanbaru mendapat sorotan dari anggota DPRD Provinsi Riau, Ade Hartati Rahmat.

Menurutnya kemiskinan merupakan persoalan sosial yang harus diselesaikan secara komprehensif.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab meningkatnya angka kemiskinan di Kota Bertuah, seperti tingginya angka putus sekolah di Pekanbaru turut berkontribusi meningkatnya angka kemiskinan.

Untuk diketahui, Pemko Pekanbaru mencatat, angka kemiskinan tahun ini naik menjadi 3 persen, dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Kemiskinan tidak bisa diselesaikan dari satu sisi saja. Salah satu faktor penyebab kemiskinan adalah angka putus sekolah yang tinggi di pekanbaru. Ini menjadi faktor utama yang menyebabkan masyarakat sulit meningkatkan kualitas hidupnya," kata Ade Hartati Rahmat, Senin (4/3/2024).

Selain itu, lingkungan yang tidak mendukung dan faktor ekonomi masyarakat juga menjadi faktor rendahnya tingkat ekonomi masyarakat.

Sulitnya akses modal dan pemasaran juga menjadi tantangan bagi UMKM di Pekanbaru. Birokrasi dalam hal UMKM seharusnya lebih dipermudah, dengan memudahkan permodalan usaha kecil.

"Pembinaan harus dilakukan dalam upaya melahirkan UMKM yang mampu bertahan dalam setiap kondisi. Program UMKM tidak boleh hanya menjadi slogan, tetapi harus menjadi solusi konkret bagi masyarakat," tegasnya.

Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun menyampaikan, meskipun Kota Pekanbaru mengalami penurunan persentase pengangguran, namun justru terjadi peningkatan persentase kemiskinan.

Menyikapi hal ini, Pemko telah merencanakan langkah-langkah untuk memperkecil tingkat kemiskinan, salah satunya dengan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Tingkat kemiskinan di kota pekanbaru saat ini berada di angka 3 persen. Angka ini naik dari tahun sebelumnya. Oleh karena itu, kita harus mendukung pelaku UMKM. Saya ingin kita mengembangkan UMKM di kota pekanbaru untuk menekan angka ini," ungkap Muflihun.

Penulis: Mimi Purwanti
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Antrean kendaraan di Pelabuhan Dumai-Rupat.(foto: mcr)Arus Balik Lebaran, Antrean Panjang di Pelabuhan Dumai-Pulau Rupat
Tol Trans Sumatera.(foto: int)Rekor Arus Balik Lebaran, Volume Kendaraan di Tol Trans Sumatera Meningkat Tajam
Suasana di salah satu mal di Pekanbaru ramai pengunjung.(foto: dini/halloriau.com)Mall Jadi Pilihan Masyarakat Kota Pekanbaru Habiskan Waktu Libur Lebaran
Suasana saat momen lebaran di Lapas Kelas II A Pekanbaru.(foto: sri/halloriau.com)Suasana Haru dan Bahagia Selimuti Kunjungan Idulfitri di Lapas Pekanbaru
Peningkatan volume lalu lintas di tol ruas Provinsi Riau (foto/ist)33 Ribu Lebih Kendaraan Lintasi 3 Ruas Tol di Riau Saat Libur Lebaran
  Tips jaga kesehatan saat mudik.(ilustrasi/int)Simak Tips ini untuk Tetap Bugar saat Mudik dan Balik Lebaran 2024
Tradisi ziarah di Kabupaten Kampar.(foto: int)Menyelami Kekayaan Budaya yang Menawan di Kampar
Karhutla Riau.(ilustrasi/int)BPBD Riau Klaim Nihil Karhutla Selama Libur Lebaran
Harga cabai merah bukit di Pasar Belantik Siak naik (foto/Meri)Pasca Lebaran Harga Cabai Tembus Rp90 Ribu/Kg dan Ayam Rp35 Ribu/Kg di Siak
Iluatrasi nelayan tewas tersambar petir di laut Karimun, Kepri (foto/int)Pergi Menjaring Udang, Nelayan Tewas Tersambar Petir di Perairan Karimun Kepri
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved