www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Bawa Wisatawan Keliling Kota Siak, Kereta Wisata 'Panen' saat Libur Lebaran
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Jalan Rusak Akibat Galian Proyek Dikeluhkan
Pengamat Tata Kota Sorot Pengawasan dan Penggunaan Anggaran Perbaikan
Jumat, 16 Februari 2024 - 21:42:01 WIB

PEKANBARU - Kerusakan jalan bekas galian proyek Nasional di Kota Bertuah hingga saat ini masih dikeluhkan masyarakat.

Bahkan hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan dilakukan perbaikan atas kerusakan jalan di sejumlah titik di Kota Pekanbaru, seperti halnya di Jalan Harapan Raya, Adi Sucipto, Ahmad Yani termasuk di Jalan Jenderal Sudirman.

Menurut Pengamat Tata Kota Pekanbaru, Dr Ikhsan, setiap pekerjaan penggalian baik itu proyek Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL), Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) maupun galian kabel, memiliki anggaran yang diperuntukkan untuk perbaikan.

"Setiap pekerjaan penggalian seperti IPAL, PDAM atau galian kabel, selalu disediakan anggaran untuk kegiatan menutupi lubang, memadatkan dan mengembalikan kondisinya seperti asalnya," ungkap Dr Ikhsan, Jumat (16/2/2024).

Namun jika kondisi jalan tidak dikembalikan seperti awal sebelum adanya proyek sementara sejumlah anggaran sudah digelontorkan untuk perbaikan, maka ia menyarankan agar pihak-pihak terkait termasuk Aparat Penegak Hukum (APH) diminta turun tangan untuk melakukan penyelidikan.

"Kegiatan ini harus dipertanggungjawabkan di dalam penggunaan anggarannya. Karena itu, jika hal ini tidak dilakukan, maka harus diperiksa kontraktornya, termasuk pengawasnya," tuturnya.

"Badan-badan pengawas atau pemeriksa keuangan dan aparat hukum bisa turun tangan untuk memeriksanya. Apalagi kalau dananya sudah dibayarkan, tetapi pekerjaan penutupan tidak sempurna dilakukan," ujarnya lagi.

Di samping itu, Ikhsan juga meminta ketegasan pemko dalam melakukan pengawasan terhadap proyek galian yang saat ini ramai dikeluhkan masyarakat.

"Seharusnya Pemko pekanbaru tegas kepada pihak ketiga atau kontraktor pemenang tender. Pemko harus jalankan fungsi pengawasannya, karena sejak proyek ini berjalan hingga saat ini banyak masyarakat yang mengeluh," tegas Ikhsan.

Untuk diketahui, meski perbaikan jalan rusak akibat bekas galian sebagian sudah dilakukan, seperti di Jalan Jenderal Sudirman (Depan Exs Polda Riau) namun pengerjaan terkesan belum maksimal.

Pasalnya, kondisi bekal galian yang sudah ditimbun dan sudah diaspal tidak sama rata dengan posisi badan jalan, sehingga jika kondisi hujan seperti sekarang terjadi genangan air yang menyebabkan kemacetan dan rawan kecelakaan.

Penulis: Mimi Purwanti
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Wahana Kereta Wisata di Siak.(foto: meri/halloriau.com)Bawa Wisatawan Keliling Kota Siak, Kereta Wisata 'Panen' saat Libur Lebaran
Pasar induk.(ilustrasi/int)Pasar Induk Segera Beroperasi, Ini Respon DPRD Pekanbaru
Tol di Riau.(foto: mcr)Hingga Lebaran H+2, Hampir 28 Ribu Kendaraan Melintas di 3 Tol di Riau
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto (foto/Yuni)Meski Tanggal Merah, Pj Gubri Minta Pelayanan di Riau Tetap Optimal
Ilustrasi MotoGP Amerika, lintasan Austin, Texas (foto/int)Jadwal MotoGP Amerika 2024: Balapan Sengit Dini Hari di Austin Texas
  Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: int)Pj Walikota Pekanbaru Siapkan Sanksi untuk ASN yang Tambah Libur Lebaran
Cosplay Transformers jadi favorit pengunjung Lapangan Gedung Maharatu Siak untuk berfoto.(foto: meri/halloriau.com)Robot Transformers Jadi Spot Foto Favorit di Lapangan Gedung Maharatu Siak
Arus pemudik di Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru tinggi saat momen Lebaran 1445 H (foto/Dini)Aktivitas Masih Tinggi, Puncak Arus Balik di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Diprediksi H+3
Sky Walk berseberangan dengan pusat wisata Siak (foto/Meri)Sky Walk Jembatan Kaca Wisata Populer Siak yang Wajib Kamu Datangi
Ilustrasi curah hujan di momen libur panjang Lebaran Idulfitri (foto/int)Mau Pergi Wisata di Libur Lebaran? Ini Prakiraan Cuaca Pekanbaru dan Sekitar
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved