www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Bawa Wisatawan Keliling Kota Siak, Kereta Wisata 'Panen' saat Libur Lebaran
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Hari Ini Dinsos Pekanbaru Kembali Pasang 2 Tenda Pengungsian di Kawasan Terdampak Banjir Rumbai
Kamis, 01 Februari 2024 - 19:30:58 WIB

PEKANBARU - Menyikapi kondisi banjir di Kecamatan Rumbai yang kembali terjadi, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru langsung bergerak melakukan sejumlah langkah antisipasi.

Dua tenda pengungsian kembali disiagakan Dinsos untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu air sungai Siak makin tinggi dan menganggu aktivitas masyarakat.

"Hari ini ada permintaan dari kelurahan meranti pandak untuk penambahan tenda pengungsian. Sebelumnya ada tiga tenda, hari ini kita tambah dua lagi untuk mengatasi jika sewaktu-waktu air makin tinggi dan menggangu aktivitas masyarakat," ungkap Kadinsos Pekanbaru, Idrus, Kamis (1/2/2024).

Saat ini Dinsos Pekanbaru terus berkoordinasi dengan OPD terkait untuk memantau perkembangan kondisi banjir dan masyarakat yang terdampak.

Pasalnya, kondisi banjir di Kecamatan Rumbai terutama di bantaran sungai Siak diperkirakan sudah selutut orang dewasa.

"Kita terus berkoordinasi dengan pihak terkait seperti BPBD dalam upaya penanggulangan banjir di rumbai ini. Kalau kita memang fokus kepada bantuan ke masyarakat seperti pendirian tenda dan batuan makanan," sebutnya.

Untuk diketahui, total ada 19 tenda yang dipasang sejak dua bulan terakhir. Namun seiring dengan surutnya genangan banjir, Dinsos Pekanbaru mulai melakukan pembongkaran tenda. Dari 19 titik tenda disisakan tiga tenda.

Namun karena kondisi banjir pada awal pekan Februari 2024 ini kembali terjadi, Dinsos kembali pasang dua tenda. Jadi total tenda yang terpasang saat ini ada lima unit.

"Sudah sempat surut, tapi hari ini kondisi air dilaporkan kembali naik. Ini faktor penyebabnya kita kurang tau pasti, apakah memang dari hulunya, atau seperti apa. Tapi yang jelas untuk langkah antisipasi, kita terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait," tuturnya.

Persoalan banjir ini diharapkan jadi perhatian bersama. Tidak hanya pemerintah, tetapi juga perlu peran serta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

Kepedulian pihak-pihak terkait juga dinilai sangat penting untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir.

"Untuk bantuan dari kita terutama bantuan makanan tentu terbatas, tapi kita tetap berusaha mencari sumber-sumber bantuan dari pihak lain agar ketika masyarakat ada yang mengungsi, kebutuhannya bisa diakomodir. Dan bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi memberikan bantuan juga kita support," pungkas Idrus.

Pantauan halloriau.com, pemukiman yang tak jauh dari Jembatan Siak 3 masih terendam air. Sebagian pemilik kendaraan parkir di pinggir jalan, lalu berjalan kaki menuju rumahnya.

Sementara bagi siswa SD terpaksa menaiki ban bekas, agar sepatu, pakaian dan tas tidak basah.

"Begini lah sejak beberapa hari ini. Kita juga enggak tahu kapan banjir bisa surut," ujar Kasman, seorang warga yang ditemui di lokasi.

"Airnya sudah masuk rumah. Ini nanti sore naik lagi airnya. Padahal kalau pasang biasanya cepat surut, enggak setinggi ini," keluhnya.

Ia berharap Pemko bisa memberikan bantuan. Selain sembako, juga perahu karet agar bisa membantu warga dan anak pergi ke sekolah.

Selain itu, banjir juga masih menggenangi Jalan Sudirman Ujung setelah Jembatan Siak IV, sejak Kamis pagi. Padahal tiga hari ini belum ada hujan deras yang mengguyur.

Banyak pemilik mobil dan pengendara motor terpaksa putar balik, karena khawatir kendaraannya mogok.

Penulis: Mimi Purwanti
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Wahana Kereta Wisata di Siak.(foto: meri/halloriau.com)Bawa Wisatawan Keliling Kota Siak, Kereta Wisata 'Panen' saat Libur Lebaran
Pasar induk.(ilustrasi/int)Pasar Induk Segera Beroperasi, Ini Respon DPRD Pekanbaru
Tol di Riau.(foto: mcr)Hingga Lebaran H+2, Hampir 28 Ribu Kendaraan Melintas di 3 Tol di Riau
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto (foto/Yuni)Meski Tanggal Merah, Pj Gubri Minta Pelayanan di Riau Tetap Optimal
Ilustrasi MotoGP Amerika, lintasan Austin, Texas (foto/int)Jadwal MotoGP Amerika 2024: Balapan Sengit Dini Hari di Austin Texas
  Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: int)Pj Walikota Pekanbaru Siapkan Sanksi untuk ASN yang Tambah Libur Lebaran
Cosplay Transformers jadi favorit pengunjung Lapangan Gedung Maharatu Siak untuk berfoto.(foto: meri/halloriau.com)Robot Transformers Jadi Spot Foto Favorit di Lapangan Gedung Maharatu Siak
Arus pemudik di Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru tinggi saat momen Lebaran 1445 H (foto/Dini)Aktivitas Masih Tinggi, Puncak Arus Balik di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Diprediksi H+3
Sky Walk berseberangan dengan pusat wisata Siak (foto/Meri)Sky Walk Jembatan Kaca Wisata Populer Siak yang Wajib Kamu Datangi
Ilustrasi curah hujan di momen libur panjang Lebaran Idulfitri (foto/int)Mau Pergi Wisata di Libur Lebaran? Ini Prakiraan Cuaca Pekanbaru dan Sekitar
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved