www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Pj Bupati Kampar Hambali Serukan Fokus Kendalikan Inflasi Jelang Ramadan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Rencana Perekrutan Satagas Disperindag Pekanbaru di 2024, Sekda: Mutasi THL Lebih Memungkinkan
Kamis, 02 November 2023 - 13:53:17 WIB

PEKANBARU - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru akan melakukan rekrutmen Satuan Tugas (Satgas) Perdagangan dan Perindustrian pada tahun 2024 mendatang, untuk mengawasi pasar hingga pendistribusian barang.

Terkait rencana rekrutmen Satgas tersebut, Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, untuk perekrutan Satgas tersebut lebih kepada mutasi Tenaga Harian Lepas (THL).

"Mungkin kita nanti di OPD-OPD itu ada THL yang tidak efektif tugas-tugasnya, nanti akan kita gabungkan," ujar Sekda, Kamis (2/11/2023).

Ia menjelaskan, sebelumnya Disperindag Pekanbaru memiliki Satgas Pasar. Namun, Satgas tersebut dipindahkan ke Satpol PP lantaran keterbatasan wewenang.

Satgas Pasar itu tidak memiliki wewenang seperti Satpol PP. Ada sekitar 80 THL Satgas Pasar yang dipindahkan dari Disperindag ke Satpol PP.

"Jadi dulu ada Satgas pasar yang pindah ke Satpol PP. Jadi memang ada keinginan dari Kadisperindag supaya dikembalikan ke Perindag, tapi masalah personelnya apakah direkrut baru atau personel yang sudah ada aja nanti ditempatkan di situ," jelasnya.

Menurutnya, jika dilakukan rekrutmen baru, maka Pemko Pekanbaru tentu akan menyiapkan anggaran. Namun, kalau hanya sebatas mutasi THL dari satu OPD ke OPD lain itu akan lebih memungkinkan.

"Kalau rekrut baru, berarti kan kita menyiapkan anggaran. Tapi kalau memutasi THL yang ada atau ASN yang ada menjadi Satgas itu mungkin lebih memungkinkan dalam rangka efisiensi anggaran," ulasnya.

Karena itu, Ia menilai skema yang memungkinkan untuk digunakan nantinya adalah perpindahan THL atau ASN dari satu OPD ke OPD lain.

"Jadi ada OPD yang punya THL lebih, banyak nggak efektif, kita efektifkan, kita jadikan Satgas, mungkin itu untuk sementara, tapi nanti akan kita bahas lebih detil," pungkasnya.

Perlu diketahui, rencana perekrutan Satgas itu juga sudah disetujui Pj Walikota Pekanbaru dan didisposisikan ke Sekda. Bahkan Sekda juga sudah setuju dan sudah diserahkan ke BPKAD.

"Nantinya itu akan dibahas di TAPD-nya. Itu untuk tahun depan ya," ujar Kadisperindag Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, yang akrab disapa Ami, Selasa (31/10/2023).

Ami menyebut, Satgas yang akan direkrut nantinya tidak Satgas Pasar, akan tetapi Satgas Perdagangan dan Perindustrian.

Satgas ini nantinya tidak hanya terkait pasar, melainkan juga berkaitan dengan secara keseluruhan dari kewenangan Disperindag.

"Nanti itu bisa masalah gas elpiji, bisa juga soal gudang, termasuk nanti juga soal barang kadaluarsa, jadi nanti banyak itu kerjanya. Jadi memang bukan pasar saja," jelasnya.

Terkait bagaimana perekrutan Satgas tersebut, Ami menyebut, hingga saat ini masih ada dua skema. Hanya saja pihaknya masih belum pasti skema mana yang akan diterapkan.

"Skema pertama itu, 80 orang ini (Satgas pasar) kan pernah di Satpol PP, apakah itu yang 80 semua dialihkan ke Disperindag atau kita merekrut baru. Kita masih belum tahu, kita tunggu informasi dari ketua TAPD arahannya apa. Kalau rekrut baru ya kita akan buka pengumuman," pungkasnya.

Penulis: Rahmat Hidayat
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pj Bupati Kampar ikuti Rakor pengendalian inflasi.(foto: mcr)Pj Bupati Kampar Hambali Serukan Fokus Kendalikan Inflasi Jelang Ramadan
Mendagri dan Pj Gubri.(foto: mcr)Mendagri Dorong Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2024
Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso.(foto: zulkarnaen/halloriau.com)Gebyar AKS, Kabupaten Bengkalis BERAKSI Cegah Stunting
Rania Abu Anza (tengah) ibu dari bayi kembar Naeem dan Wissam, yang terbunuh dalam serangan udara Israel semalam, meratapi kematian mereka menjelang pemakaman mereka di Rafah di Jalur Gaza selatan pada tanggal 3 Maret 2024, saat konflik antara Israel dan kelompok militan Palestina, Hamas, terus berlanjut. (AFP/MOHAMMED ABED)Duka Rania di Gaza, Bayi Kembarnya Tewas akibat Serangan Israel
Ketua TP PKK Pelalawan, Sella Pitaloka saat menaman cabai serentak.(foto: andi/halloriau.com)HKG ke-52, Ketua TP PKK Pelalawan Ikut Gerakan Menanam Cabai Serentak
  Guru Besar Fakultas Teknik UIR, Prof Sugeng Wiyono.(foto: mcr)Pakar Teknik Yakin Pj Gubernur Riau Mampu Atasi Jalan Rusak di Pekanbaru
Ketua TP PKK Rohil dalam momen HKG ke-52 PKK.(foto: afrizal/halloriau.com)TP PKK Rohil dan Serukan Penanaman Cabai Serentak
Israel telah melakukan pembantaian terhadap keluarga-keluarga di Jalur Gaza.Jumlah Korban Tewas di Gaza Capai 30.534 Orang
Sekdakab Bengkalis saat hadiri HUT ke-105 Damkar.(foto: zulkarnaen/halloriau.com)Momen HUT ke-105 Damkar, Sekdakab Bengkalis Ajak Petugas Raih Profesionalisme Demi Keamanan Masyarakat
BRK Syariah.(ilustrasi/int)Hasil Seleksi Pimpinan BRK Syariah, Pansel Tunggu Nilai UKK
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
SF Hariyanto Resmi Jabat Pj Gubernur Riau
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved