www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Resmikan Pasar Palapa di Pekanbaru, Ini Harapan Mendag Zulhas
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Waspada La Nina di Pekanbaru, Berpotensi Bencana Banjir Hingga Angin Puting Beliung
Kamis, 16 Februari 2023 - 14:32:45 WIB

PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mengimbau, warga waspada menghadapi potensi dampak dari La Nina.

Sebab La Nina merupakan fenomena alam di mana suhu muka laut di Samudera Pasifik bagian tengah turun hingga menjadi lebih dingin dari pada biasanya. Fenomena ini diprediksi dapat memicu terjadinya cuaca ekstrem.

Itu disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiap-siagaan Octavianus Nahuway mengatakan, La Nina berpotensi terjadi di Kota Pekanbaru.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), fenomena La Nina itu diperkirakan akan memicu terjadinya cuaca ekstrem untuk sepekan ke depan di daerah Riau, salah satunya Kota Pekanbaru tepatnya pada tanggal 11 hingga 17 Februari 2023.

"Untuk itu, kita mengimbau kepada semua elemen masyarakat Kota Pekanbaru harus bersiap menghadapi potensi dampak dari La Nina," ujar Octavianus, Rabu (16/2/2023).

Menurutnya, khusus di Kota Pekanbaru, La Nina berpotensi menyebabkan bencana alam karena curah hujan, seperti longsor, banjir, dan angin puting beliung.

"Jadi, kami imbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap dampak potensi dari fenomena La Nina," sebutnya.

Juga aktif memantau informasi terkini melalui website dan media sosial. Apabila mengalami bencana, hubungi Call Center kami di nomor 0811-76-51464.

Perlu diketahui, La Nina merupakan fenomena Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah mengalami pendinginan di bawah kondisi normalnya. Pendinginan SML ini mengurangi potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan meningkatkan curah hujan di wilayah Indonesia secara umum.

Fenomena La Nina biasanya ditandai dengan peningkatan intensitas hujan yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan adanya pendinginan suhu yang terjadi di Samudera Pasifik.

Dampak fenomena La Nina sendiri berpotensi mengurangi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan meningkatkan curah hujan di wilayah Indonesia secara umum. Fenomena La Nina juga dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, puting beliung dan sebagainya.

Penulis: Rahmat Hidayat
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Mendag RI, Zulkifli Hasan meresmikan bangunan baru Pasar Palapa Pekanbaru (foto/Yuni)Resmikan Pasar Palapa di Pekanbaru, Ini Harapan Mendag Zulhas
Ramalan zodiak hari ini.(ilustrasi/int)Ramalan Zodiak Hari ini 24 Juni 2024: Hati-hati dengan Rongrongan Orang Terdekat
Titik panas di Sumatera.(ilustrasi/int)47 Hotspot Menyala di Sumatera Pagi ini, Riau Nihil Titik Panas
ilustrasi: Missed Call.Jangan Telepon Balik Missed Call dari Nomor Ini!
Bakal calon Walikota Pekanbaru, Agung Nugroho unggul di Survei Pilwako 2024 (foto/int)Unggul Terus di Survei Pilwako Pekanbaru, Agung Nugroho Klaim Raih Dukungan 4 Partai
  Paripurna HUT ke-240 Kota Pekanbaru.(foto: meri/halloriau.com)Paripurna HUT ke-240 Pekanbaru, Ini Harapan Pj Wako Risnandar Mahiwa
Kampus Unri.(foto: int)Jika Lebihi Kuota, Unri Terapkan Nilai UTBK untuk Seleksi Jalur Mandiri PBUG/PBM 2024/2025
Hujan ringan di Riau hari ini.(ilustrasi/int)Prakiraan Cuaca Riau Hari ini: Hujan Ringan di Beberapa Wilayah
Tim SAR gabungan saat melakukan pencarian korban Nelayan hilangPencarian Nelayan Hilang di Selat Malaka Memasuki Hari Ketiga, Belum Membuahkan Hasil
Kondisi jalan Sesap- Sungai Nyiur saat dilakukan pengerjaanGugatan Kontraktor Jalan Sesap Dikabul Pengadilan, Pemkab Kepulauan Meranti Melawan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved