www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Diskes Riau Imbau Kabupaten/Kota Ajukan Proposal Pembangunan RSUD ke Pusat
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Edukasi Ekonomi dan Kesehatan, Yayasan Rizki Bakti Negeri Goes to Campus di UIN Suska Riau
Sabtu, 26 November 2022 - 19:39:52 WIB
Kegiatan Goes to Campus Yayasan Rizki Bakti Negeri di Kampus UIN Suska Riau.(foto: diana/halloriau.com)
Kegiatan Goes to Campus Yayasan Rizki Bakti Negeri di Kampus UIN Suska Riau.(foto: diana/halloriau.com)

PEKANBARU - Yayasan Rizki Bakti Negeri melakukan kegiatan Goes to Campus di gedung Teater A Kampus Fekonsos UIN Suska Riau, Sabtu (26/11/2022) yang dihadiri puluhan mahasiswa ekonomi Islam, fakultas syariah dan hukum.

Dalam kegiatan ini, mengusung tema tentang ekonomi Islam khususnya dalam bidang ekonomi syariah dan bidang kesehatan.

Ketua Yayasan Rizki Bakti Negeri, Rizki Ramadiyah mengatakan, yayasan ini berdiri di bulan Januari 2022, dan bergerak dalam bidang sosial, kemanusiaan, keagamaan, pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

"Memiliki beberapa visi, salah satunya mewujudkan lembaga yang unggul dalam bidang sosial, kemanusiaan, keagamaan, pendidikan, ekonomi dan kesehatan untuk membentuk SDM berkarakter dan membantu mewujudkan masyarakat sejahtera," ungkapnya.

Ia juga mengatakan, kegiatan goes to campus merupakan salah satu program dari Yayasan Rizki Bakti Negeri untuk memberikan edukasi yang bermanfaat dan menambah literasi bagi para mahasiswa.

Sementara itu narasumber Ekonomi Islam, Wali Saputra SE Ak MA yang merupakan dosen ekonomi syariah Fakultas Ekonomi Syariah dan Hukum UIN Suska Riau mengatakan, mahasiswa itu harus melek tentang pengolahan keuangan, karena menurutnya banyak saat ini mahasiswa yang terjerat pinjaman online (pinjol).

"Dari data yang saya dapat banyak sekali generasi muda terutama para mahasiswa yang terjebak dalam pinjol, untuk itu sebagai kaum intelektual kita seharusnya lebih melek pengelolaan ketimbang masyarakat awam," ungkapnya.

Dalam edukasi yang ia paparkan pada hari ini, merupakan pembekalan bagi mahasiswa tentang pengetahuan literasi keuangan.

"Kita dituntut untuk dapat pandai mengelola keuangan terkait cash flow management, yakni urusan uang masuk dan uang keluar. Kita juga diharapkan mengetahui mana yang menjadi utang produktif dan utang konsumtif, temasuk juga merencanakan anggaran," terangnya.

Selain itu, ia juga memaparkan tentang keuangan syariah dimana peran Keuangan Syariah yaitu dipercaya sebagai salah satu instrumen yang berperan penting dalam mendukung program pemulihan ekonomi dan mengurangi kemiskinan melalui pemberdayaan usaha/ekonomi masyarakat.

Selain itu narsumber kesehatan, dr Solihan MH menyampaikan tentang pencegahan dan penyalahgunaan narkoba dalam aspek kesehatan.

Dalam kesempatan itu, ia mengungkapkan, permasalahan narkoba saat ini banyak terjadi dari kalangan pelajar dan mahasiswa, hal ini tentu sangat mengkhawatirkan bagi seluruh orangtua.

Apalagi sebutnya, peredaran dan penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu permasalahan nasional yang dipandang serius oleh pemerintah, karena dapat menyebabkan rusaknya moral bangsa. Karena itu pemerintah sangat memberikan perhatian terhadap penanganan atas penyalahgunaan narkoba.

"Di negara kita, masalah merebaknya penyalahgunaan narkoba semakin lama semakin meningkat. Efek domino akibat dari penyalahgunaan narkoba juga semakin beragam, serta usaha untuk mengatasi penyalahgunaan narkoba merupakan langkah yang tidak mudah untuk dilaksanakan," ujarnya.

Penyalah guna adalah orang yang menggunakan narkotika tanpa hak atau melawan hukum. Ketika seseorang melakukan penyalagunaan narkotika secara terus-menerus, maka orang tersebut akan berada pada keadaan ketergantungan, baik secara fisik maupun psikis.

"Ketergantungan narkotika merupakan kondisi yang ditandai dorongan untuk menggunakan narkotika secara terus-menerus dengan takaran yang meningkat agar menghasilkan efek yang sama dan apabila penggunaannya dikurangi atau dihentikan secara tiba-tiba, menimbulkan gejala fisik dan psikis yang khas," sebutnya.

"Untuk penanggulangan penyalahgunaan narkoba diperlukan upaya yang terpadu dan komprenhensif yang meliputi upaya preventif, represif, terapi dan rehabilitasi penyebab terjadinya," pungkasnya.

Dari pantauan Halloriau.com, terlihat para mahasiswa antusias mendengarkan pemateri memaparkan dan tak sedikit yang bertanya terkait masalah meleknya masalah keuangan dan terkait masalah penyuluhan narkoba.

Penulis: Diana Sari
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
RSUD Bangkinang, Kabupaten Kampar.(foto: int)Diskes Riau Imbau Kabupaten/Kota Ajukan Proposal Pembangunan RSUD ke Pusat
Kadiskes Riau, Zainal Arifin.(foto: int)Tahun ini Pemerintah Pusat Bangun RSUD Tipe C di Pulau Rupat Bengkalis
Puluhan jerigen berisi BBM subsidi jenis solar yang diamankan dari tangan AL dan AA ke Mapolsek Tambang.(foto: mcr)Kedapatan Suling Solar, 2 Pelaku Penyalahguna BBM Subsidi Diringkus Polsek Tambang
Kapolres Inhil saat ekspos kasus pengungkapan narkoba melibatkan seorang mahasiswa di Mapolres Inhil.(foto: antarariau.com)Pulang Kampung Bawa Ganja, Seorang Mahasiswa Asal Tembilahan Diciduk Polisi
Manajemen HK menyerahkan GPS Collar kepada BBKSDA Riau untuk memantau gajah Sumatera di sekitar Tol Permai.(foto: int)Awal Feburari 2023 HK dan BBKSDA Riau Pasang GPS Collar untuk Gajah Liar Sekitar Tol Permai
  Gubernur Riau, Syamsuar menyerahkan benih udang vaname untuk nelayan di Kota Dumai.(foto: antarariau.com)Beri 300 Ribu Benih Udang Vaname dari Pemprov Riau untuk Sejahterakan Nelayan Dumai
Harimau Sumatera.(int)BBKSDA Riau Masih Lakukan Mitigasi, Petani di Siak Kembali Temukan Jejak Harimau Sumatera
Bunga bangkai setinggi 3 meter di kawasan Hutan Lindung Bukit Tui Padang Panjang.(foto: detik.com)Warga Padang Panjang Heboh Ada Bunga Bangkai Raksasa di Bukit Tui
Gubernur Riau, Syamsuar saat meresmikan penegerian SMKN 1 Langgam.(foto: mcr)Resmi Dinegerikan, SMKN 1 Langgam Harap Bantuan Pemprov Riau untuk Prasarana
Sovia Septiana S Sos yang baru saja dilantik jadi Ketua DPD HWK Pekanbaru periode 2022-2027.(foto: int)Tekad Sovia Ciptakan Perempuan Tangguh Bekarya dan Punya Skill
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Bacalon DPD Riau, Ichwanul Ihsan Serahkan Syarat Dukungan Minima
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved