www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Francesco Bagnaia Favorit Jorge Lorenzo di MotoGP 2024
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


HUT ke-86
Antara Riau Berbagi Ilmu dan Perkuat Kapasitas Pers Mahasiswa Lewat Pelatihan Jurnalistik
Sabtu, 09 Desember 2023 - 20:42:14 WIB

PEKANBARU - LKBN Antara Biro Riau melaksanakan pelatihan jurnalistik yang menyasar pers mahasiswa dari lima perguruan tinggi di Provinsi Riau guna meningkatkan kemampuan serta kapasitas pers kampus jelang Pemilu 2024.

Perwakilan pers mahasiswa berasal dari Universitas Riau, UIN Suska Riau, Universitas Lancang Kuning, Universitas Islam Riau dan Universitas Muhammadiyah Riau. Kegiatan itu juga menjadi rangkaian dari gelaran HUT Antara ke-86 yang dilaksanakan Biro Riau di Kota Pekanbaru, Sabtu.

Kepala LKBN Antara Biro Riau Riski Maruto mengatakan pelatihan jurnalistik sudah menjadi agenda rutin untuk berbagi ilmu kepada mahasiswa. Ia berharap agar ilmu yang diberikan dapat diserap dengan baik dan diterapkan saat berada di kampus maupun di dunia kerja nantinya.

"Kita bangga bisa menghadirkan mahasiswa. Diharapkan bisa lebih mantap lagi. Kita ingin berbagi ilmu dalam kegiatan ini dengan menghadirkan pemateri yang mumpuni. Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi teman-teman," kata Riski Maruto saat memberi kata sambutan.

Riski mengucapkan terimakasih kepada mitra yang telah mendukung kegiatan itu, diantaranya Pertamina Hulu Rokan (PHR), Bank Riau Kepri (BRK) Syariah, APRIL Group, Pertamina Patra Niaga, PTPN-V, PT SRL, EMP, Indah Kiat, Elnusa Petrofin, Semen Padang, Alfamart, RS Awal Bros dan Bumi Siak Pusako (BMP).

Sementara itu, Communication Manager RAPP Budi Firmansyah mendukung kegiatan pelatihan yang dilalukan Antara Riau guna meningkatkan kemampuan pers kampus. Menurutnya ilmu yang didapat bisa menjadi nilai tambah bagi mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

"Saya berharap pelatihan ini bermanfaat untuk seterusnya. Mahasiswa yang berpengalaman dalam pers kampus setelah selesai kuliah pasti ada yang melanjutkan bekerja sebagai jurnalis atau berprofesi lainnya. Ketika kita masuk dalam dunia pers ini jadi nilai tambah menghadapi dunia kerja," ucap dia.

"Seperti yang saya alami, saya juga sempat menjadi kontributor media dan pengalaman itu yang mengantarkan saya berkiprah di bidang komunikasi perusahaan hingga saat ini. Orang yang berada di lingkungan pers lebih mudah beradaptasi dimana saja," sambungnya.

Juga hadir dalam pertemuan itu Perwakilan dari Energi Mega Persada Hanssardi dan Yusni dari RAPP. Sementara itu, yang menjadi Ketua Panitia Vera Lusiana dan Koordinator Pelatihan dipandu oleh Frislidia.

Sementara itu, Pemateri Pelatihan yang merupakan dosen dan juga Pakar Pers, Hasan Basri membagikan ilmu mengenai penyuntingan berita.

Menurutnya, penyuntingan berita merupakan ilmu yang harus dipelajari oleh pelaku pers untuk meminimalisir kesalahan dan kekeliruan dalam penulisan berita.

"Kekeliruan dari makna berita bisa berawal dari kesalahan huruf berlanjut kepada kesalahan kata hingga berakibat kesalahan makna dalam berita. Jadi penyuntingan berita itu sangat diperlukan," kata dia.

Saat pelatihan, mahasiswa juga aktif mengajukan pertanyaan dan berdiskusi mengenai jurnalistik diantaranya kode etik, bagaimana agar tidak beropini dalam penulisan berita dan lain-lainnya. (rls)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Francesco Bagnaia.(foto: int)Francesco Bagnaia Favorit Jorge Lorenzo di MotoGP 2024
istBuka MTQ XVIII Tenayan Raya, Sabarudi: Jadikan Alquran Pedoman Hidup
istGinda Resmikan Posyandu Melati, Harapan Baru Untuk Masyarakat Binawidya
Bupati Kuansing saat melantik pejabat eselon III dan IV.(foto: mcr)Bupati Kuansing Lantik 61 Pejabat Eselon III dan IV
Pleno rekapitulasi suara KPU Dumai.(foto: bambang/halloriau.com)Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Kota Dumai Rampung
  istGinda Burnama Dukung Program Kerja Pengurus Dekopinda Kota Pekanbaru 2023-2028
Ketua DPRD Pekanbaru Hadiri Pembukaan MTQ IV Kulim
istReses Nofrizal di Kelurahan Kampung Tengah, Persoalan Drainase Tersumbat dan Banjir Jadi Keluhan Warga
Kepala BPKAD Riau, Indra SE ditunjuk jadi Plh Sekdaprov Riau.(foto: mcr)Indra SE Ditunjuk jadi Plh Sekdaprov Riau
Persiapkan perjalanan mudik Anda bersama Suzuki Trada Riau, jangan lewatkan periode promo servisnya. (foto:instagram@suzukitrada.pku)Persiapan Mudik 2024 Jangan Lupa Servis Mobil, Suzuki Trada Tawarkan Lima Paket Terjangkau, Ini Harganya
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
SF Hariyanto Resmi Jabat Pj Gubernur Riau
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved