www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Cara Cek NIK Sudah Padan dengan NPWP atau Belum
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Embarkasi Haji Antara Riau di Tutup, JCH Tahun Depan Dialihkan ke Batam
Senin, 20 November 2023 - 14:07:05 WIB

PEKANBARU - Mengingat Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau masih kurang layak, sekaligus menindaklanjuti usulan dari Kabupaten Bengkalis, Inhil dan Meranti, Pemprov Riau menyampaikan tahun depan seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) Riau langsung berangkat dari Embarkasi Haji Penuh di Batam.

Hal itu disampaikan Sekdaprov Riau, SF Hariyanto usai rapat evaluasi pelaksanaan kegiatan EHA Riau tahun 2023 dan persiapan pelaksanaan ibadah haji 2024 di Kantor Gubri, Senin (20/11/2023).

"Jadi rapat hari ini merupakan tindaklanjut dari surat kabupaten bengkalis, Inhil dan meranti yang mengusulkan kepada gubernur riau agar keberangkatan JCH mereka tidak lagi melalui embarkasi haji antara riau di pekanbaru, tetapi langsung dari batam," ungkap Hariyanto.

Adapun alasan utama dari usulan tiga kabupaten tersebut, sambung Hariyanto, adalah keberadaan Embarkasi Haji Batam yang lebih dekat, serta dapat memberikan kemudahan akses bagi calon jamaah haji di tiga daerah itu.

"Jadinya dalam hasil rapat evaluasi tadi, keputusan ini juga didukung hasil evaluasi dari kementerian agama. Yang mana Kemenag juga menyampaikan embarkasi haji antara riau di pekanbaru tidak memenuhi standar yang diinginkan, terutama terkait minimnya fasilitas penunjang yang diperlukan untuk kelancaran proses keberangkatan jamaah haji," ujarnya.

"Dengan begitu embarkasi haji antara riau, kita tutup. Dan diharapkan keberangkatan jamaah haji dari riau ke depannya dapat berjalan lebih lancar dan nyaman melalui embarkasi haji penuh di batam," ujarnya.

Bahkan, ucapnya lagi, dari hasil rapat tadi, 12 kabupaten/kota di Riau juga setuju untuk keberangkatan JCH Riau di tahun mendatang (2024) secara resmi menggunakan Embarkasi Haji Batam sebagai pintu keberangkatan utama bagi para calon haji.

"Yang jelas kita diharapkan langkah ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan pengalaman jamaah haji dalam menunaikan ibadah haji mereka. Karena yang berangkat itu adalah orang tua, sehingga mereka butuh waktu yang cukup untuk istirahat," tuturnya.

"Kalau lewat embarkasi haji antara kita jadwalnya jadi padat dan tak ada waktu untuk istirahat. Ini salah satu pertimbangannya," terangnya.

Di sisi lain, Sekdaprov Riau juga menyampaikan, dana transportasi yang sebelumnya menjadi tanggungjawab Pemprov Riau untuk keberangkatan jamaah dari kabupaten/kota menuju Pekanbaru, akan dialihkan untuk mendukung biaya transportasi jamaah dari masing-masing daerah ke Batam.

Penulis: Rivo Wijaya
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
ilustrasi NPWP.Cara Cek NIK Sudah Padan dengan NPWP atau Belum
Syamsuar, Edy Natar dan Muhammad Nasir.Deretan Calon Gubernur Riau Sudah Temukan Duetnya di Pilkada 2024
Kapolda ajak Bupati Sintong dan Wabup Sulaiman salam damai.Sempat Nyaris Adu Jotos, Bupati-Wabup Rohil Didamaikan Kapolda Riau
Bakar tongkang di Bagansiapiapi, Rohil.(foto: mcr)Puluhan Ribu Wisatawan Meriahkan Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
Tim SAR perluas area pencarian nelayan yang hilang di perairan Meranti.(foto: mcr)Tim SAR Lanjutkan Pencarian Nelayan Hilang di Perairan Meranti
  Pelebaran Jalan Sultan Syarif Kasim Pekanbaru.Pelebaran Jalan SSK, Pagar Mesjid Annur dan Tiang Listrik di Median Sudah Dibongkar
ilustrasi.PDI Perjuangan Belum Bocorkan Sosok Didukung di Pilgub Riau, Apakah SF Hariyanto-Wahid ?
Program TMC di Riau.(foto: mcr)Tahap Kedua TMC di Riau, Sudah 6.400 Kg Garam Disemai
Rektor Umri, Saidul Amin.(foto: mcr)Umri Rayakan Milad Ke-16 dengan Serangkaian Acara Penting
Kedua pengedar sabu DP dan RS diringkus Reskrim Polsek Peranap (foto/Andri)Polsek Peranap Ringkus 2 Pengedar Narkoba, 4,8 Gram Sabu Diamankan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved