www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


63 Kampung dI Riau Terima Sertifikat Proklim, Jhony Charles Harap Terus Ditingkatkan, Ini Sebabnya
Senin, 21 November 2022 - 14:59:09 WIB
Sekjen DPW Partai NasDem Riau, Jhony Charles
Sekjen DPW Partai NasDem Riau, Jhony Charles

Baca juga:

PEKANBARU- Keberhasilan 63 kampung di Riau memperoleh Sertifikat Program Kampung Iklim (ProKlim) tahun 2022, diapresiasi Sekjen DPW Partai NasDem Riau, Jhony Charles.


Menurutnya, hal itu merupakan wujud semakin meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga iklim pada saat ini. Di mana ancaman global warming, masih terus membayang-bayangi kehidupan umat manusia di bumi. Karena itu, Jhony menilai program ini sebaiknya dilanjutkan dan ditongkatkan kualitasnya dari waktu ke waktu.

"Ini adalah sesuatu yang menggembirakan. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa kesadaran untuk lebih peduli terhadap lingkungan hidup sebenarnya bisa dibangun dari tapak atau kelompok warga terkecil seperti kampung," ujarnya, Minggu (20/11/2022).

Untuk diketahui, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) baru-baru ini menyerahkan trofi/sertifikat Program Kampung Iklim (ProKlim) tahun 2022 kepada 63 dusun/kampung di Provinsi Riau.

Penghargaan ini diberikan karena kampung atau dusun tersebut telah melaksanakan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Dilansir media lokal, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau Mamun Murod menjelaskan, program ProKlim merupakan bentuk peran serta keterlibatan masyarakat dalam melakukan penguatan kapasitas adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, serta penurunan emisi gas rumah kaca.

Menurut Jhony, bukanlah sesuatu yang mudah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat secara menyeluruh, untuk beradaptasi sekalgus berusaha mencegah perubahan iklim secara global. Salah satu penyebabnya adalah masih kurangnya pemahaman masyarakat terhadap permasalahan ini. Padahal data lingkup dunia internasional, isu sudah menjadi pembahasan secara luas.

"Sementara di sisi lain, perbuatan manusia adalah penyebab terjadinya perubahan iklim secara global tersebut," tambahnya.

Karena itu, pemahaman yang diberikan secara terus menerus, sebaiknya terus digalakkan. Sehingga hasilnya bisa benar-benar maksimal. Dalam hal ini, perlu dukungan dari segenap komponen masyarakat secara bersama-sama.

"Jadi tidak hanya mengandalkan pemerintah semata. Begitu juga pemerintah, bila ada elemen masyarakat yang serius menyikapi permasalahan iklim ini, harus didukung dan diapresiasi," harapnya.

Jangan Ditunggu
Jhony kemudian mengutip pernyataan BMKG yang menekankan pentingnya mengantisipasi dan mencegah terjadinya perubahan iklim secara ekstrem dan kerusakan lingkungan.

Sebab hal itu bisa memicu terjadinya cuaca ekstrem yang kemudian menjadi penyebab berbagai bencana alam seperti siklon tropis, banjir, banjir bandang, tanah longsor, puting beliung, gelombang tinggi laut, dan lain sebagainya.

"Jangan ditunggu alam berubah, lalu baru sibuk koar-koar soal menjaga alam. Indikasinya tentang perubahan iklim global sudah banyak disampaikan. Jadi sebaiknya mulai berperan aktif sejak sekarang," tambahnya lagi.

Khusus untuk Riau, pria yang kini tengah menyiapkan diri maju sebagai calon anggota DPR RI ini menekankan, betapa pentingnya menjaga kelestarian alam Bumi Lancang Kuning. Sebab Riau saat ini telah menjelma menjadi salah satu daerah yang industri besar dengan berbasiskan agronomi. Dengam kondisi itu, kesadaran seluruh stake holder tentang pentingnya menjaga alam, mutlak dibutuhkan.

"Program Kampung Proklim ini adalah salah satu solusinya. Kalau dilihat per kampung, memang kesannya tak banyak. Tapi bila seluruh kampung di Riau melaksanakan program ini, dampaknya juga pasti akan signifikan," ingatnya lagi.  

Berdasarkan data KLHK, ProKlim di Provinsi Riau terus menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Dimulai dari tahun 2012, sampai saat ini jumlah usulan ProKlim di Riau sebanyak 282 Kampung Iklim yang tersebar di seluruh kabupaten/kota. Hingga tahun 2024 mendatang, ProKlim di Riau ditargetkan mencapai 400 lokasi. ***

 
    Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Harimau Sumatera.(ilustrasi/int)Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Jalan Mustika Pekanbaru.(foto: int)Jalan Mustika Pekanbaru Segera Berlaku Satu Arah, Ini Skemanya
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: int)Tak Sekedar Ganti Nama Jadi PSPS Pekanbaru, Muflihun: Manajemen Usulan Ganti Logo
Suzuki Jimny 5-Door di event IIMS 2024.(foto: istimewa)Antusiasme Tinggi Pengunjung IIMS 2024 Terpikat Jimny 5-Door dan Unit Hybrid Suzuki
Pusat Kuliner Kelapa Gading ditutup Pemkab Inhil.(foto: mcr)Banyak Warung Remang-remang, Pemkab Inhil Tutup Pusat Kuliner Kelapa Gading
  Polda Riau sebar foto dan identitas buronan pemilik 640 butir pil ekstasi.(foto: tribunpekanbaru.com)Sebar Foto dan Identitas, Polda Riau Buru Pemilik 640 Ekstasi di Pekanbaru
Jalan rusak di Pekanbaru diserahkan ke Pemprov Riau.(ilustrasi/int)Pemko Targetkan Serah Terima 36 Ruas Jalan di Pekanbaru ke Pemprov Rampung Maret 2024
Rider Gresini Ducati, Marc Marquez.(foto: int)Ini 3 Rider yang Masih Sulit Dikejar Marquez di MotoGP 2024
Pabrik Suzuki di Cikarang.(foto: int)Suzuki Siap Produksi Model Baru di Indonesia, Jimny 5 Pintu Masuk Daftar?
Event HSMS 2024 di Living World Pekanbaru dari Capella Honda Riau.(foto: mg1/halloriau.com)Jangan Lewatkan Ragam Promo Capella Honda Riau di HSMS 2024 Living World Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Banjir di Pekanbaru, Pemilik Kendaraan Dorong Mobil di Jalan Jembatan Siak 4
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved