www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Ramalan Zodiak Hari ini 15 Juli 2024: Fokus Selesaikan Masalah, Jangan Lupa Berhemat
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Cegah Karlahut di Masa Pandemi, DBA Asian Agri Tingkatkan Imunitas dengan Kelulut
Kamis, 28 Januari 2021 - 14:40:35 WIB

PEKANBARU - Zulkatab, Crew Leader Desa Bebas Api (DBA) Desa Tambak binaan Asian Agri mengungkapkan walaupun ada Covid-19, pihaknya tetap patroli api. Karena kewaspadaaan untuk mencegah karlahut tidak boleh kendor. Yang penting jangan lupa dalam menjalankan tugas kita tetap memperhatikan prokes 3 M, bermasker, menjaga jarak dan rajin cuci tangan.

"Bersyukur kami punya ternak madu, sehingga tim kami rutin juga mengkonsumsi madu guna meningkatkan imunitas tubuh ketika berpatroli. Alhamdulillah sampai saat ini kami sehat semua,” ujar Zulkatab.

Ternak madu yang dimaksud Zulkatab adalah ternak lebah trigonal yang menghasilkan madu kelulut yang dikembangkan oleh Tim DBA  di sela-sela kegiatan patroli rutin mereka.  

“Syukurnya selain dilatih tentang karlahut, kami juga mendapat dukungan perusahaan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat peduli api. Salah satunya dengan cara  mengembangkan ternak lebah trigonal yang menghasilkan madu kelulut. Madu yang dihasilkan, selain kami jual kepada masyarakat di kecamatan, setiap anggota Tim DBA juga mendapatkan 1,5 ons madu untuk meningkatkan immunitas mereka selama melakukan tugas menjaga desa bebas dari api,” ujar Zulkatab melalui keterangan tertulis, Kamis (28/1/2021).

Sebagai Crew Leader, menurut Zulkatab dia harus memastikan agar beragam upaya yang dilakukan untuk mencegah karlahut di desanya tetap berjalan sebagaimana seharusnya. Oleh kerana itu ia bersyukur usaha mereka di Tahun 2020 membuahkan hasil di mana Desa Tambak,  Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan berhasil bebas api.

Hal tersebut juga di benarkan oleh Hafiz Hazalin Sinaga, Manager Desa Bebas Api Asian Agri. Menurut Hafiz, seluruh DBA (Desa Bebas Api) binaan Asian Agri  di Tahun 2020 berhasil  bebas dari kebakaran.

“Alhamdulillah, kita bersyukur karena di tahun 2020 seluruh desa binaaan perusahaan berhasil menjaga desanya bebas dari karlahut. Hal ini merupakan berkat kerjasama dengan beragam stakeholder, baik itu pemerintah, TNI, Polri maupun swasta, dan yang terutama masyarakat yang sudah mau turut menjaga desa bebas dari api. Perusahaan sendiri tetap komit untuk terus mendukung agar DBA binaan perusahaan dapat terus menjaga desa bebas karlahut, baik itu melalui program-program pelatihan, maupun peningkatan perekonomian, seperti ternak lebah trigonal, berkebun nenas dlsbnya,” ujar Hafiz.

Selain itu, Hafiz juga mengatakan bahwa sekalipun pandemi Covid-19 upaya pencegahan karlahut harus tetap berjalan.

“Kita ketahui bahwa dengan adanya Covid-19 tentu saja banyak keterbatasan yang kita alami, namun upaya pencegahan karlahut harus tetap berjalan. Salah satunya kami secara berkesinambungan membekali Tim Damkar perusahaan maupun DBA binaan agar keterampilan dan kemampuannya semakin terasah. Kami optimis kiranya kesuksesan DBA bebas karlahut di tahun 2020 ini dapat terus berkelanjutan,” ujar Hafiz.

Asian Agri, melalui kebijakan keberlanjutan senantiasa berkomitmen dalam menerapkan praktik terbaik untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan maupun masyarakat. Salah satunya melalui Program DBA (Desa Bebas Api), dimana sejak program DBA ini dicanangkan pada tahun 2016 berhasil mendorong masyarakat desa  memahami bahaya karlahut.

Selain itu, beragam program  DBA juga di fokuskan agar masyarakat aktif turut mencegah terjadinya karlahut di desa. Diantaranya, dengan  pemberian reward bagi desa binaan yang bisa menjaga desa bebas dari api, pelatihan terkait karlahut, program pembukaan lahan tanpa bakar, beternak lebah, budidaya nenas, budidaya kelapa hibrida dlsbnya. (rilis)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ramalan zodiak hari ini.(ilustrasi/int)Ramalan Zodiak Hari ini 15 Juli 2024: Fokus Selesaikan Masalah, Jangan Lupa Berhemat
Sebaran titik panas di Sumatera.(ilustrasi/int)223 Hotspot Menyala di Sumatera Pagi ini, Riau Sumbang 1 Titik Panas
Akun Facebook yang mengatasnamakan Syamsuar diduga melakukan penipuan (foto:ist) Awas Penipuan! Marak Akun Bodong Mengaku Sebagai Syamsuar di Media Sosial
Andry Saputra.Sosok Andry Saputra Ketua DPC Gerindra yang Dapat Surat Tugas Maju di Pilwako Pekanbaru
ilustrasi.Warga Heran Jalan Ahmad Dahlan Tak Kunjung Diperbaiki, DPRD Pekanbaru Desak Pemerintah
  Ilustrasi harga emas di Pekanbaru masih bikin silau (foto/int)Masih Berkilau, Harga Emas Antam 1 Gram di Pekanbaru Rp1,399 Juta
Hujan di Riau.(ilustrasi/int)Cuaca di Riau hari ini: Cerah Berawan dengan Potensi Hujan Ringan di Malam Hari
Honda WR-V.Kuasai Pasar SUV, Honda HR-V dan WR-V Cetak Penjualan Tertinggi di Semester Pertama 2024
Suhardiman Amby mendapatkan dukungan dari Gerindra untuk maju di Pilkada Kuansing 2024.Suhardiman Amby Kantongi Rekomendasi dari Prabowo untuk Maju di Pilkada Kuansing
Spanduk dan baliho Bacalon Walikota Pekanbaru Agung Nugroho yang bertuliskan "Rangking 1".Spanduk Rangking Satu Agung Nugroho Bertebaran di Pekanbaru, Ini Maksudnya
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved