Otomotif
BREAKING NEWS :
Francesco Bagnaia Favorit Jorge Lorenzo di MotoGP 2024
 
Pekanbaru Mulai Diguyur Hujan Deras, Capella Honda Beri Tips Berkendara Aman
Sabtu, 09 Desember 2023 - 19:32:24 WIB

PEKANBARU - Dalam beberapa hari ini, Kota Pekanbaru dan sekitar sering dilanda hujan yang mengakibatkan kondisi jalan basah dan tergenang air. Kondisi ini tentu menyulitkan mobilitas warga Pekanbaru dalam kehidupan sehari-hari terutama saat berkendara.

Bagaimana sikap pengendara menghadapi kondisi cuaca saat ini? berikut tips dan saran aman berkendara di saat hujan dari instruktur safety riding Honda.
Berkendara dalam kondisi hujan memiliki potensi bahaya lebih besar dibandingkan kondisi cuaca normal.

Adapun potensi bahaya berkendara yang dapat kita temui saat hujan antara lain jarak pandang lebih pendek terhadap lingkungan sekitar karena terhalang air hujan, banyaknya genangan air di jalan yang bisa menimbulkan potensi terjadinya aquaplaning karena kontak roda terhalang genangan air, adanya jalan rusak / bergelombang yang tidak teridentifikasi karena tertutup genangan air dan adanya potensi terjatuh akibat jalan yang licin karena hujan.

Berkendara dalam kondisi hujan tidak disarankan, namun jika kondisi pengendara diharuskan berkendara saat hujan ada beberapa hal yang perlu disiapkan dan dilakukan saat Pre riding, Riding dan Post Riding.

Saat pre riding pastikan motor dalam kondisi yang baik, pengendara selalu membawa perlengkapan tambahan seperti jas hujan (model setelan) dan cover sepatu / sepatu khusus hujan, dan pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat.

Saat riding gunakan perlengkapan tambahan saat hujan seperti jas hujan (model setelan) dan cover sepatu / sepatu khusus hujan, berkendara dengan kecepatan yang rendah, selalu waspada akan potensi bahaya saat di jalan dan jaga jarak aman dengan kendaraan lain.

Saat post riding bersihkan perlengkapan tambahan seperti jas hujan (model setelan) dan cover sepatu / sepatu khusus hujan setelah selesai berkendara dan cuci sepeda motor agar motor bersih dari kotoran yang mengendap dan potensi munculnya jamur yang ada di body sepeda motor anda.

Arif selaku instruktur safety riding PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) wilayah Riau mengatakan tidak disarankan berkendara saat kondisi hujan demi keselamatan di jalan, lebih baik menepi/ meneduh di tempat yang aman. Karena berkendara dengan kondisi hujan berpotensi menurunkan kemampuan prediksi bahaya saat berkendara akibat pandangan pengendara terganggu. (rls)

   




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Francesco Bagnaia Favorit Jorge Lorenzo di MotoGP 2024
  • Ginda Burnama Dukung Program Kerja Pengurus Dekopinda Kota Pekanbaru 2023-2028
  • Buka MTQ XVIII Tenayan Raya, Sabarudi: Jadikan Alquran Pedoman Hidup
  • Ketua DPRD Pekanbaru Hadiri Pembukaan MTQ IV Kulim
  • Ginda Resmikan Posyandu Melati, Harapan Baru Untuk Masyarakat Binawidya
  •  
    Komentar Anda :

     
     

    Suzuki.
    Emisi Gas Buang Suzuki
    Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
     
     
     
    MobiL
    Launching New Honda Stylo 160 cc
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved