www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Francesco Bagnaia Favorit Jorge Lorenzo di MotoGP 2024
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Permaskab Meranti Silaturahmi ke Gubernur Riau, Bahas soal Perbatasan dan Pemimpin Kepulauan Meranti Kedepan
Sabtu, 09 Desember 2023 - 19:00:21 WIB

PEKANBARU - Pengurus Perkumpulan Masyarakat Kabupaten (Permaskab) Kepulauan Meranti Riau silaturahmi ke Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution, Kamis (7/12/2023).

Berbagai isu penting dibahas, diantaranya soal perbatasan dan pemimpin Kepulauan Meranti kedepan.

Wakil Ketua Permaskab Kepulauan Meranti Riau Ayub Nahar pada kesempatan itu menjelaskan kepada Gubernur bahwa organisasi ini telah memiliki legal standing, sudah terdaftar di KemenkumHam RI. Keberadaannya murni sebagai wadah silaturahmi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, disamping untuk ikut memperjuangkan nasib masyarakat Meranti.

"Permaskab Meranti Riau siap mendukung segala program gubernur," tegas Ayub seraya menambahkan bahwa Permaskab Meranti Riau berkedudukan di Pekanbaru dan berencana melahirkan Permaskab kabupaten/kota se-Riau.

Ayub yang didampingi sejumlah pengurus juga menyampaikan soal permasalahan perbatasan Kabupaten Kepulauan Meranti dengan kabupaten/kota lainnya.

"Kami mohon kepada pak Gubernur mempercepat tanda tangan usulan tapal batas Meranti dengan daerah lain," pintanya.

Sementara itu, Gubernur Riau Edy Natar Nasution berharap pemimpin Kabupaten Kepulauan Meranti ke depan merupakan putra daerah yang kompeten. "Jangan terjadi seperti yang sebelumnya. Jangan pilih bupati yang sengal," saran Edy Natar.

Mengenai perbatasan, menurut Edy Natar, perlu dipertegas. Sebab ini menyangkut soal dana bagi hasil (DBH).

"Perbatasan dengan Kepri belum putus, perlu diperjelas. Saat ini usulan tersebut masih berada di Biro Tapem," sebutnya.

Menurutnya, perlu dicari data yang konkret guna memperjelas soal tapal batas. "Pemerintah provinsi siap mendukung," singkatnya.

Ketua Permaskab Meranti, Nazaruddin Nasir ketika dikonfirmasi menyampaikan apresiasi kepada Gubernur atas dukungan terhadap usulan yang disampaikan Permaskab Meranti

"Surat Gubernur kepada Mendagri untuk segera menerbitkan Permendagri tentang tata batas Kabupaten Kepulauan Meranti adalah hal yang krusial, mengingat dengan diundangkannya Undang Undang No.1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah dan kaitan dengan Undang-Undang tentang Pemekaran Kabupaten Kepulauan Meranti yang berbatasan dengan laut menimbulkan potensi hilangnya DBH Migas dan DBH Sawit yang menjadi porsi Meranti sebagai daerah non penghasil di Riau yang jumlahnya mencapai 58 Milyar. Hal ini menjadi harapan kita semua, mengingat dengan nilai sebesar itu dapat mendorong percepatan pembangunan di Kepulauan Meranti," ujarnya.

"Kita mengharapkan surat Gubernur dan terbitnya Permendagri tersebut menjadi kado bagi Hari Ulang Tahun Kabupaten Kepulauan Meranti ke 15 tahun ini" imbuhnya.

Seperti diketahui, di Kepulauan Meranti telah terjadi hilangnya potensi penerimaan daerah dari Dana Bagi Hasil (DBH) sumber daya alam. Boncosnya keuangan kabupaten miskin ekstrem ini, salah satunya lantaran tidak mendapatkan alokasi DBH minyak bumi dari pembagian sama rata dengan daerah lainnya di Riau.

Nasib apes ini kian memperparah derita pundi-pundi keuangan daerah Meranti yang sebelumnya juga gagal mendapatkan jatah DBH kelapa sawit sebesar 20 persen sebagai daerah yang berbatasan dengan penghasil sawit di Riau.

Ketimpangan penerimaan keuangan ini terjadi sebagai dampak dari Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Harmonisasi Keuangan Pusat dan Daerah (HKPD).

Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto menjelaskan dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang HKPD disebutkan bahwa daerah yang berbatasan dengan daerah penghasil walaupun bukan merupakan daerah penghasil akan mendapatkan bagian DBH.

Sementara, menurut Undang-undang tentang Pembentukan Kabupaten Kepulauan Meranti, Negeri Sagu ini tidak tercatat berbatasan dengan kabupaten tetangga, namun berbatasan dengan laut dan selat. 

"Kita tidak dapat (DBH) karena daerah kita tidak berbatasan langsung dengan daerah penghasil, hanya dikelilingi laut dan selat. Itu yang membuat pendapatan daerah kita dari DBH menjadi kecil," jelas Bambang. 

Penulis : Ali Imroen

 

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Francesco Bagnaia.(foto: int)Francesco Bagnaia Favorit Jorge Lorenzo di MotoGP 2024
istBuka MTQ XVIII Tenayan Raya, Sabarudi: Jadikan Alquran Pedoman Hidup
istGinda Resmikan Posyandu Melati, Harapan Baru Untuk Masyarakat Binawidya
Bupati Kuansing saat melantik pejabat eselon III dan IV.(foto: mcr)Bupati Kuansing Lantik 61 Pejabat Eselon III dan IV
Pleno rekapitulasi suara KPU Dumai.(foto: bambang/halloriau.com)Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Kota Dumai Rampung
  istGinda Burnama Dukung Program Kerja Pengurus Dekopinda Kota Pekanbaru 2023-2028
Ketua DPRD Pekanbaru Hadiri Pembukaan MTQ IV Kulim
istReses Nofrizal di Kelurahan Kampung Tengah, Persoalan Drainase Tersumbat dan Banjir Jadi Keluhan Warga
Kepala BPKAD Riau, Indra SE ditunjuk jadi Plh Sekdaprov Riau.(foto: mcr)Indra SE Ditunjuk jadi Plh Sekdaprov Riau
Persiapkan perjalanan mudik Anda bersama Suzuki Trada Riau, jangan lewatkan periode promo servisnya. (foto:instagram@suzukitrada.pku)Persiapan Mudik 2024 Jangan Lupa Servis Mobil, Suzuki Trada Tawarkan Lima Paket Terjangkau, Ini Harganya
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
SF Hariyanto Resmi Jabat Pj Gubernur Riau
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved