www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
LKPJ Pekanbaru Masuk Tahap Pembahasan Pansus, OPD Mulai Dikupas
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Meranti Lawyer Club Gelar Edukasi Anti Perundungan di Sekolah
Kamis, 27 Oktober 2022 - 08:37:39 WIB
Meranti Lawyer Club gelar edukasi dan sosialisasi terkait perundungan (Bullying) dan UU ITE di sekolah
Meranti Lawyer Club gelar edukasi dan sosialisasi terkait perundungan (Bullying) dan UU ITE di sekolah

Baca juga:

Uji Publik Ranperda Bantuan Hukum Bagi Masyarakat, Pansus DPRD Rapat Bersama Advokat MLC

SELATPANJANG - Kasus Perundungan atau Bullying pada anak-anak, semakin hari banyak terjadi. Hal itu tentu saja menjadi kecemasan tersendiri bagi orang tua dan juga guru.

Kekerasan yang terjadi yang tanpa disadari itu terjadi dikarenakan masih rendahnya pemahaman masyarakat tentang dampak dari perundungan yang sangat berpengaruh terhadap psikis korban.

Melihat fenomena perundungan tersebut, pihak Sekolah Menengah Atas (SMA) 2 Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti mengadakan sosialisasi pencegahan perundungan dengan mengundang pemateri dari Meranti Lawyer Club.

Sosialisasi ini dilakukan sebagai salah satu tindakan preventif kasus perundungan di lingkungan sekolah.

Hadir sebagai pemateri tentang perundungan, Agus Suliadi SH, pemateri tentang UU ITE, Sugiarto SH, MH dan Al Azhar SH, MH sebagai moderator.

Sosialisasi ini memberikan informasi kepada para peserta mengenai apa pengertian perundungan (bullying) serta penyebab dan dampaknya. Pada intinya, isi dari kegiatan ini adalah untuk menjelaskan kepada peserta yang terdiri dari para siswa
tentang besarnya dampak perundungan di lingkungan sekolah dan sanksi pidananya.

Dikatakan perundungan dapat mengakibatkan trauma terhadap mental anak. Bahkan kata dia kekerasan tersebut dapat memengaruhi proses tumbuh kembang anak sebagai penerus harapan bangsa.

"Kami dari Meranti Lawyer Club memberikan pembekalan hukum kepada siswa SMA Negeri Tebingtinggi, Kepulauan Meranti atas undangan kepala sekolah nya untuk memberikan materi tentang Perundungan dan UU ITE," kata Agus Suliadi.

"UU tentang Bullying atau perundungan no 35 tahun 2014 ini penting untuk diketahui oleh para siswa sekolah karena telah banyak yang menjadi korban perundungan disekolah yang dapat berakibat fatal, mulai dari kecacatan fisik maupun kecacatan mental malah ada tragis sampai berakibat kematian," ujarnya lagi.

Disebutkan, program pencegahan perundungan dan kekerasan berbasis sekolah ini bertujuan untuk menerapkan disiplin positif sebagai cara yang dirancang untuk mengajarkan peserta didik agar bertanggungjawab atas tindakannya dengan tetap menghormati diri sendiri dan orang lain.

"Hal ini wajib diketahui para siswa agar tidak terjadi perundungan atau bullying dilingkungan sekolah. Karena dalam UU No 35 tahun 2014 pada pasal 76 c dengan tegas prilaku terhadap perundungan dapat disanksi pidana dengan ancaman 3 tahun 6 bulan dan denda 72 juta rupiah," jelasnya.

Disebutkan, tidak hanya Bullying, dalam hal pelanggaran UU ITE atau menyebarkan kabar bohong juga dikenakan sanksi berat.

"Begitu juga soal UU ITE No 19 tahun 2016,
karena banyak yang belum mengerti tentang pelarangan dan sanksi dalam UU ini yang dapat berakibat sanksi pidana berat seperti pada pasal 45 ayat 1, tersangka dapat diancam dengan penjara 6 tahun dan denda Rp 1 miliar atas penyebaran tindakan asusila dan penyebaran berita bohong," ucapnya.

Agus Suliadi juga mengatakan, terhadap materi yang telah diberikan bisa menjadi bekal dan menambah wawasan dan pemahaman hukum bagi siswa terhadap adanya kasus perundungan.

"Sebanyak 300 siswa mengikuti acara pembekalan hukum dengan antusias, mereka mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan hukum yang belum mereka pahami. Alhamdulillah semua dapat kita jawab, paling tidak ini menjadi bekal dan menambah wawasan bagi siswa dalam pemahaman terhadap hukum, dengan demikian mereka berpikir dahulu setiap apa yang akan mereka lakukan karena sudah tahu dengan sanksi hukumnya," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Tebingtinggi, menuturkan dan mengucapkan terima kasih kepada Meranti Lawyer Club yang telah memberikan penyuluhan dan edukasi tentang perundungan kepada anak didiknya.

Ia berharap, dengan apa yang disampaikan oleh pemateri, anak didiknya bisa menjadi lebih baik dan saling menghargai.

“Semoga dengan adanya sosialisasi ini, anak-anak mulai bisa saling menghargai dan tentu saja itu juga akan berorientasi terhadap siswa agar mentalnya lebih sehat," ujarnya.

Penulis : Ali Imroen

 

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: int)LKPJ Pekanbaru Masuk Tahap Pembahasan Pansus, OPD Mulai Dikupas
Salah satu baliho bakal calon Gubernur Riau yang dipasang di simpang empat Arentka, Rabu (17/4/2024) (foto:rinai/halloriau) Jelang Pilkada, "Perang" Baliho Bakal Calon Kepala Daerah Mulai Terlihat di Pekanbaru
ICDX Bursa Indonesia.(foto: istimewa)Konflik Iran-Israel Tidak Goyahkan Kinerja Bursa Komoditas Indonesia
Kampus Prodi Doktor Sains Manajemen UIR.(foto: istimewa)UIR Hadirkan Program Doktor Sains Manajemen
Ilustrasi harga TBS naik di Riau (foto/int)Harga TBS Sawit Mitra Swadaya di Riau Nyaris Rp3 Ribu/Kg
  Payung elektrik Masjid Raya Annur Riau rusak karena tak sesuai spek (foto: tribunpekanbaru.com)Terbukti Tak Sesuai Spek, Proyek Megah Payung Elektrik Masjid Raya Annur Riau Hancur
Man City Vs Real Madrid.Prediksi Man City Vs Real Madrid: The Citizens Menang Tipis
Lonjakan arus kendaraan di Tol Riau sepanjang musim mudik dan balik lebaran.(foto: mcr)416.007 Kendaraan Melintas di Tol Riau Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024
Cabai merah keriting turun di Pekanbaru (foto/int)Cabai Merah Turun Jadi Rp25 Ribu/Kg, Ini Harga Sembako di Pekanbaru Pasca Lebaran
Pembiayaan gadai emas lebih murah di BRK Syariah (foto/ist)Pembiayaan Gadai Emas Lebih Murah di BRK Syariah, Ujrahnya Hanya Rp6.000 per Gram
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved