www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
 
Set Top Box Tiba-tiba Meledak, Ini Sebabnya
Selasa, 29 November 2022 - 20:33:49 WIB

JAKARTA - Viral dugaan set top box (STB) meledak di media sosial. Diduga STB itu dipakai terus menerus hingga overheat dan menciptakan percikan api.

Pengamat gadget, Lucky Sebastian menuturkan, banyak penyebab yang memungkinkan sebuah perangkat terbakar, baik itu faktor eksternal di luar perangkat atau masalah internal di perangkat itu sendiri.

Faktor eksternal bisa beberapa macam, misalnya instalasi listrik di rumah yang tidak dirancang dengan baik, dari mulai pembagian beban, hingga tidak adanya ground.

"Ground ini sangat penting, untuk membuang dengan cepat beban listrik berlebih ke tanah, misal dari pengaruh petir, naik turunnya tegangan listrik, kebocoran arus listrik, sehingga outlet listrik selalu dalam kondisi yang aman untuk mengalirkan listrik ke perangkat," kata Lucky dilansir detik.com, Selasa (29/11/2022).

Lucky mengungkapkan, ada rumah-rumah yang tidak melengkapi instalasi listriknya dengan grounding yang baik. Padahal ini bisa mempengaruhi perangkat listrik di rumah ketika tegangan naik melebihi batas dan merusak peralatan listrik.

"Juga kadang karena masalah biaya, kabel-kabel instalasi dan peralatan pendukungnya, digunakan yang tidak sesuai dengan arus yang mengalirinya, sehingga memungkinkan kabel dan peralatan pendukungnya menjadi panas saat digunakan, bisa memudahkan terjadi korsleting," tuturnya.

Lucky menjelaskan, STB digital sebenarnya perangkat yang sudah disiapkan untuk dinyalakan dalam waktu yang lama, sama seperti perangkat televisi.

Namun, melihat harganya yang bisa dibilang murah, mulai dari Rp 100 ribuan hingga Rp 500 ribuan, tak menutup kemungkinan ada kualitas part yang berbeda.

Skenario lain, mungkin saja pada perangkat yang murah, ada bagian-bagian part yang dikurangi pada pengontrol keamanan. Misal terjadi tegangan listrik tinggi, ini bisa mengakibatkan perangkat mudah panas dan masalah lainnya.

"Kemungkinan juga pada saat QC (quality control) perangkat, ada batch atau unit yang memang mengalami masalah, dan tidak terdeteksi. Melihat harganya, kemungkinan saja tidak semua perangkat di test nyala satu persatu saat selesai perakitan, di test fungsi, keamanan, dan lainnya. Mungkin hanya sample dari setiap batch, atau bisa saja tidak di test," ungkapnya.

Bisa disimpulkan, ada banyak kemungkinan mengapa perangkat yang tersambung listrik bisa saja mengalami gangguan, bahkan meledak. Penyebabnya bisa karena faktor eksternal dan dapat juga dari internal. Lucky pun menyarankan Kemenkominfo untuk turun tangan.

"Jika Kominfo menjadi badan yang memberikan sertifikasi perangkat STB ini, ada baiknya Kominfo mengambil unit yang bermasalah tersebut, dan melakukan analisa dan mencari tahu penyebab kebakaran, agar bisa diambil tindakan yang perlu untuk mencegah terulangnya masalah yang sama," pungkasnya.(*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Harimau Sumatera.(ilustrasi/int)Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Jalan Mustika Pekanbaru.(foto: int)Jalan Mustika Pekanbaru Segera Berlaku Satu Arah, Ini Skemanya
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: int)Tak Sekedar Ganti Nama Jadi PSPS Pekanbaru, Muflihun: Manajemen Usulan Ganti Logo
  Polda Riau sebar foto dan identitas buronan pemilik 640 butir pil ekstasi.(foto: tribunpekanbaru.com)Sebar Foto dan Identitas, Polda Riau Buru Pemilik 640 Ekstasi di Pekanbaru
Jalan rusak di Pekanbaru diserahkan ke Pemprov Riau.(ilustrasi/int)Pemko Targetkan Serah Terima 36 Ruas Jalan di Pekanbaru ke Pemprov Rampung Maret 2024
Rider Gresini Ducati, Marc Marquez.(foto: int)Ini 3 Rider yang Masih Sulit Dikejar Marquez di MotoGP 2024
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Banjir di Pekanbaru, Pemilik Kendaraan Dorong Mobil di Jalan Jembatan Siak 4
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved