www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
2 Tersangka Korupsi Dana Hibah APBD Dumai 2013 Diserahkan ke Kejari
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


15 Hari Usai Kontrak Berakhir Oprit Jembatan di Inhil Ambrol
Kamis, 19 Januari 2023 - 22:26:26 WIB

PEKANBARU - Akibat tak ada tanggul penahan, oprit pembangunan jembatan di Kabupaten Inhil setinggi 1,5 meter ambrol hanya berjarak beberapa hari dari kontrak selesai.

Dilansir detik.com, oprit atau penimbunan untuk menghindari turunnya tanah di sisi jembatan itu ambrol, Minggu (15/1/2023), artinya oprit ambrol setelah 15 hari kontrak selesai pada 30 Desember 2022.

Setelah kontrak diselesaikan kontraktor CV Karya Utama, oprit tiba-tiba saja ambrol. Di mana foto ambrolnya oprit terserbar di grup-grup WhatsApp beberapa hari terakhir.

Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau, Arief Setiawan membenarkan oprit di Inhil ambrol dan fotonya tersebar. Menurutnya kegiatan itu baru selesai akhir tahun 2022.

"Kegiatan ini tahun 2022 selesai di tanggal 30 desember. Saat ini sedang proses pemeliharaan dan belum diresmikan, jadi peresmian nunggu aspal dulu karena kan masih tanggungjawab kontraktor," katanya singkat, Kamis (19/1/2023).

Sementara itu Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Riau, Brantas Hartono menuturkan, oprit jembatan memiliki tinggi 1,5 meter dan ambrol karena diguyur hujan deras hingga ada kendaraan melintas.

"Itu timbunan dengan tinggi 1,5 meter. Jadi longsor karena hujan dan ada kendaraan lewat situ karena tak ada konstruksi yang menahan beton, turap tidak ada," sebutnya.

Meski begitu, Brantas mengaku oprit yang ambrol tersebut tanggungjawab CV Karya Utama. Sebab ada pemeliharaan setelah kontrak selesai selama 180 hari.

"Masa pemeliharaan itu 180 hari setelah kontrak selesai 30 desember kemarin ya. Intinya masih tanggungjawab kontraktor," ucap Brantas.

Dalam kontrak, pembangunan Jembatan H Maming di ruas Jalan Selensen-Kota Baru- Bagan Jaya dikerjakan sejak 27 Juni 2022 dengan nilai kontrak Rp6.830.539.505 dan sudah berakhir pada 30 Desember 2022.

Brantas menyebut dalam perencanaan di proyek tersebut tak ada pekerjaan dinding atau turap. Meskipun kondisinya rawan longsor akibat tergerus aliran sungai yang kerap dilalui kapal bermuatan kepala sawit.

"Dalam perencanaan tidak ada pekerjaan dinding penahan tanah atau turap. Untuk oprit sendiri saat ini sudah diperbaiki," tuturnya.

Selain itu, daerah oprit jembatan terdapat bongkar muat sawit. Sehingga jika turap beton dibangun akan menutup akses ke dermaga sawit milik masyarakat.

Akibatnya, pembuatan turap beton tidak dapat izin dari masyarakat. Sebagai solusi untuk mengatasi timbunan oprit dibuatlah menggunakan geobag dan tidak dibayar.

"Untuk mengatasi timbunan pada oprit akibat tidak adanya turap beton perlu diberi pengaman timbunan. Maka pengaman timbunan yang dilaksanakan menggunakan geobag. Item geobag tidak dibayar," pungkasnya.(*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ekspos penyerahan dua tersangka kasus korupsi dana hibah di Kejari Dumai.(foto: bambang/halloriau.com)2 Tersangka Korupsi Dana Hibah APBD Dumai 2013 Diserahkan ke Kejari
Hj Yusmanidar, Kadisdikbud Dumai (foto/bambang)Gangguan Layanan Pusat Data Nasional, Disdik Dumai Buka PPDB Offline, Ini Jadwalnya
Rektor UIR, Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL wisuda 1.225 orang pada periode II (foto/ist)UIR Kukuhkan 1.225 Wisudawan, Rektor: Terus Tingkatkan Mutu Terbaik
Petahana Gubernur Riau sekaligus Ketua DPD I Golkar Riau, Syamsuar (foto:int) Golkar Riau Tinggal Tunggu SK dari DPP untuk Usung Resmi Syamsuar
Laudia Cinta Bella saat menjahit baju pesanan konsumen (foto/ist)Laudia Cinta Bella, Jahit Indahnya Masa Depan Lewat Vokasi PHR
  BEM Unri demo di Kantor DPRD Pekanbaru (foto/Mimi)BEM Unri Demo: Desak Pemko Selesaikan Masalah Sampah dan Parkir
Ilustrasi hotspot di Riau muncul kembali (foto/int)Hotspot Menyala di Riau, BMKG: 2 Titik di Bengkalis
Pelaksanaan PPDB daring 2024, sekolah menyiapkan layanan khusus (foto/int)Selama PPDB Online, SMA Negeri di Riau Beri Layanan Bantuan Khusus
Pj Gubri, SF Hariyanto bakal roadshow serahkan SK PPPK kabupaten/kota (foto/int)Siap-siap, Mulai Besok SK PPPK Kabupaten/Kota Diserahkan, Ini Rinciannya
Propam Polres Rohil cek Judol ponsel anggota (foto/Afrizal)Cari Aplikasi Judi Online, Propam Razia Ponsel Anggota Polres Rohil
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved