www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Dugaan Korupsi Pengadaan Video Wall, Kejati Selidiki Diskominfo Pekanbaru
Kamis, 07 November 2019 - 14:05:53 WIB

PEKANBARU - Firman Eka Putra yang masuk menjadi salah satu nominasi yang lolos Penilaian Tahap III untuk kategori PPT Teladan dalam Anugerah ASN tahun 2019 mendapat kabar tak mengenakan. Dimana institusi yang dipimpinnya ternyata tengah diusut pihak Kejaksaan.

Institusi dimaksud adalah Dinas Komunikasi Informasi, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru. Dimana saat ini, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau tengah mengusut dugaan korupsi pada kegiatan pengadaan video wall tahun 2017 yang dilaksanakan oleh institusi tersebut.

Saat itu, Firmansyah Eka Putra menjabat selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi Informasi, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru. Dia sekaligus selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)/Pengguna Anggaran (PA).

Saat dikonfirmasi, Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) dan Humas Kejati Riau, Muspidauan, tidak menampik hal tersebut. Dikatakannya, proses penanganan perkara masih dalam tahap penyelidikan.

“Iya, ada,” ujar Muspidauan kepada dikutip dari Haluanriau, Kamis (7/11/2019).

Mengingat ini masih dalam tahap penyelidikan, dia belum bersedia menerangkan secara detail kronologis perkara, termasuk dugaan penyimpangannya. “Ini masih penyelidikan, belum bisa dijelaskan secara detail,” lanjut dia.

Meski begitu, dia memastikan tim penyelidik akan mengundang pihak-pihak terkait untuk diklarifikasi. Sementara jadwalnya sendiri, sebut dia, telah disusun.

“Minggu ini ada jadwalnya (klarifikasi, red),” kata mantan Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru itu.

Dalam proses klarifikasi itu nantinya, lanjutnya, Jaksa akan mengumpulkan bahan dan keterangan (pulbaket) terkait kegiatan pengadaan video wall tersebut.

“Dari sana nantinya akan diketahui, apakah ada peristiwa pidana atau tidak dalam kegiatan tersebut,” imbuh Muspidauan.

Pengusutan perkara itu dilakukan berdasarkan laporan yang diterima Korps Adhyaksa Riau. Disinyalir, ada penggelembungan harga atau mark up dalam kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2017 lalu itu.

Menanggapi laporan itu, Kejati Riau kemudian menerbitkan Surat Perintah Penyelidikan (Sprinlid). Surat itu ditandatangani oleh Kepala Kejati (Kajati) Riau Uung Abdul Syakur pada akhir Oktober 2019 kemarin.

Dari informasi yang dihimpun, pengadaan video wall itu bertujuan untuk mengusung visi Kota Pekanbaru sebagai Smart City. Anggaran dialokasikan dalan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Pekanbaru 2017 sebesar Rp4,4 miliar.

Dana itu untuk pembelian puluhan Closed Circuit Television (CCTv) atau kamera pengawas memantau aktivitas di sejumlah sudut Kota Pekanbaru selama 24 jam non stop. Total ada 37 unit kamera pengawas yang kondisinya sudah terkoneksi dengan Pekanbaru Command Center.

Dari jumlah itu, 34 di antaranya sudah bisa memperlihatkan pantauan terkini. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Harimau Sumatera.(ilustrasi/int)Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Jalan Mustika Pekanbaru.(foto: int)Jalan Mustika Pekanbaru Segera Berlaku Satu Arah, Ini Skemanya
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: int)Tak Sekedar Ganti Nama Jadi PSPS Pekanbaru, Muflihun: Manajemen Usulan Ganti Logo
Suzuki Jimny 5-Door di event IIMS 2024.(foto: istimewa)Antusiasme Tinggi Pengunjung IIMS 2024 Terpikat Jimny 5-Door dan Unit Hybrid Suzuki
Pusat Kuliner Kelapa Gading ditutup Pemkab Inhil.(foto: mcr)Banyak Warung Remang-remang, Pemkab Inhil Tutup Pusat Kuliner Kelapa Gading
  Polda Riau sebar foto dan identitas buronan pemilik 640 butir pil ekstasi.(foto: tribunpekanbaru.com)Sebar Foto dan Identitas, Polda Riau Buru Pemilik 640 Ekstasi di Pekanbaru
Jalan rusak di Pekanbaru diserahkan ke Pemprov Riau.(ilustrasi/int)Pemko Targetkan Serah Terima 36 Ruas Jalan di Pekanbaru ke Pemprov Rampung Maret 2024
Rider Gresini Ducati, Marc Marquez.(foto: int)Ini 3 Rider yang Masih Sulit Dikejar Marquez di MotoGP 2024
Pabrik Suzuki di Cikarang.(foto: int)Suzuki Siap Produksi Model Baru di Indonesia, Jimny 5 Pintu Masuk Daftar?
Event HSMS 2024 di Living World Pekanbaru dari Capella Honda Riau.(foto: mg1/halloriau.com)Jangan Lewatkan Ragam Promo Capella Honda Riau di HSMS 2024 Living World Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Banjir di Pekanbaru, Pemilik Kendaraan Dorong Mobil di Jalan Jembatan Siak 4
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved