www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
22 Napi Lapas Kelas II A Pekanbaru Terima Remisi Khusus Hari Raya Waisak
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru Terus Alami Kemajuan Signifikan
Rabu, 17 Mei 2023 - 13:04:17 WIB

PEKANBARU - Direktur Operasi III PT Hutama Karya (HK), Koentjoro sebut pembangunan jalan bebas hambatan (Tol) Padang-Pekanbaru telah mengalami kemajuan yang signifikan.

"Nanti pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru ini dibagi menjadi enam seksi. Tol ini sendiri akan menghubungkan konektivitas Provinsi Sumatera Barat dan Riau dengan total panjang 254 Km," ungkap Koentjoro, Selasa (16/5/2023).

Ia menyebutkan, untuk seksi pertama yaitu seksi Pekanbaru-Bangkinang yang pada September 2022 yang lalu telah diresmikan langsung Presiden Jokowi.

"Sementara untuk jalan tol Bangkinang-Koto Kampar dan Seksi Padang-Sicincin saat ini tengah dikejar penuntasannya agar dapat sesuai target yang direncanakan," terang Koentjoro.

Dijelaskannya, untuk progres konstruksi jalan tol Bangkinang-Koto Kampar yang sepanjang 24,7 Km telah mencapai 75,13 persen. Untuk pengerjaan konstruksi serta untuk progres pengadaan lahan sudah 90,72 persen.

"Kalau untuk progres pengadaan lahan jalan tol Seksi Padang-Sicincin dengan panjang 36,6 Km sudah mencapai 85,82 persen, dengan progres konstruksi mengalami kemajuan mencapai 36,57 persen," katanya.

Di samping itu, ucapnya lagi, tiga seksi jalan tol Padang-Pekanbaru lainnya, yaitu Sicincin-Bukittinggi, Bukittinggi-Payakumbuh, dan Payakumbuh-Koto Kampar akan dilaksanakan pada tahap IV pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Selain itu, nantinya jalan tol Bangkinang-Koto Kampar akan dilengkapi sejumlah fasilitas struktur di antaranya 13 box underpass, 9 box pedestrian, 7 main bridge, 4 overpass, dan 1 barrier gate, 2x2 jumlah lajur dengan kecepatan rencana mencapai 80 km/jam.

Ia menambahkan, pembangunan jalan tol ini sendiri ditargetkan rampung pada akhir tahun 2023 mendatang. Serta juga telah mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Riau.

Terpisah, Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Job Kurniawan menyampaikan bahwa keberadaan JTTS ini akan berdampak besar bagi masyarakat.

"Keberadaan JTTS ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan barang dan jasa, sehingga daya saing di Provinsi Riau akan semakin meningkat. Karenanya Pemprov Riau siap mendukung segala sesuatu kebutuhan untuk pembangunan proyek nasional itu," ungkap Job Kurniawan.

Diketahui, akselerasi progres pengadaan lahan khususnya di jalan tol seksi Padang-Sicincin dilakukan, dengan sejumlah strategi seperti berkoordinasi dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah.

Kantor Wilayah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebagai Panitia Pengadaan Tanah (P2T), dan Tim Percepatan yang diketuai Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Serta stakeholder lainya terkait dengan percepatan pengadaan tanah di lokasi-lokasi prioritas untuk dikerjakan.

Bahkan sebelumnya, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy juga melaksanakan kegiatan site visit dalam rangka memberikan dukungannya terhadap pembangunan jalan tol Seksi Padang-Sicincin yang ditargetkan rampung pada bulan Juli 2024 mendatang.

Di sisi lain, dalam rangka mendorong pemerataan infrastruktur di seluruh Indonesia, pemerintah juga terus mengupayakan penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN). Salah satu PSN yang memperoleh dukungan Penyertaan Modal Negara (PMN) adalah proyek jalan Tol Padang-Pekanbaru.

Penulis: Rivo Wijaya
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Penyerahan remisi khusus untuk Napi Lapas Kelas II A Pekanbaru.(foto: mcr)22 Napi Lapas Kelas II A Pekanbaru Terima Remisi Khusus Hari Raya Waisak
Ilustrasi dugaan korupsi dana desaKepala Desa Beting Dinonaktifkan Sementara dari Jabatannya, Kasusnya di Polres Sudah Naik Penyelidikan
Fahd Yudhanegoro selaku Head of Circle Sumatra Indosat saat launching 3Store baru di Bengkulu.(foto: istimewa)Indosat Buka 3Store Baru di Kota Bengkulu dengan Konsep Gaya Hidup Digital Gen Z
Harga TBS sawit swadaya di Riau.(ilustrasi/int)Harga TBS Mitra Swadaya di Riau Periode 22-28 Mei 2024 Capai Rp2.841/Kg
KMP Permata Lestari I terbakar saat bersandar di Pelabuhan BUMD Air Putih, Bengkalis.(foto: dok/halloriau.com)KMP Permata Lestari I Terbakar saat Perbaikan di Pelabuhan BUMD Bengkalis
  Bacalon Walikota Pekanbaru dr Rahmansyah saat mengembalikan formulir ke DPD PKS Pekanbaru, Kamis (23/5/2024) (foto:rinai/halloriau)Bacalon Walikota Pekanbaru Rahmansyah Kembalikan Formulir Pendaftaran ke DPD PKS
Pelepasan JCH Pelalawan.(foto: andi/halloriau.com)Lepas Keberangkatan JCH Pelalawan, Ini Pesan Bupati Zukri
Pemindahan bandara SSK II dinilai Mardianto sudah tepat karena lokasi saat ini yang berada persis di tengah kawasan padat penduduk. (foto:bandara SSK II Pekanbaru/int)Wacana Bandara Dipindahkan ke Siak, Mardianto Manan: Sudah Tepat
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: pgi)Realisasikan 60 Persen Lagi, Pemko Pekanbaru Gelontorkan Rp50 Miliar untuk Pilwako 2024
Dishub Pekanbaru razia truk ODOL.(foto: mcr)Puluhan Truk ODOL Terjaring Razia Gabungan di Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved