www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Bacalon Walikota Pekanbaru Rahmansyah Kembalikan Formulir Pendaftaran ke DPD PKS
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Tingkatkan Kompetensi Diri, 1.902 Wartawan Lulus UKW Tahun Ini
Selasa, 18 Oktober 2022 - 07:15:10 WIB

JAKARTA - Dewan Pers bersyukur minat wartawan di Indonesia untuk meningkatkan kompetensi diri melalui Uji Kompetensi Wartawan ( UKW ) tinggi. Dewan Pers menggelar UKW untuk mendorong terwujudnya profesionalisme wartawan di Tanah Air.

Upaya tersebut mendapat sambutan positif dari insan pers yang ditunjukkan dengan tingginya jumlah peminat UKW. Tercatat sebanyak 1.902 orang telah mengikuti UKW di berbagai wilayah Indonesia pada periode 1 Januari - 15 Oktober 2022.

Jumlah tersebut melebihi target Dewan Pers yang hanya sejumlah 1.700 orang peserta saja. Hal ini tentu disambut gembira oleh Dewan Pers. Sebab, membeludaknya jumlah peserta UKW mengindikasikan bahwa wartawan ingin terus mengembangkan diri.

“Kami bersyukur bahwa minat wartawan di Indonesia untuk meningkatkan kompetensi diri melalui UKW tinggi. Terima kasih untuk lembaga uji, konstituen Dewan Pers, wartawan, dan semua pihak yang terlibat dan mendukung pencapaian tersebut,” ujar Ketua Komisi Pendidikan dan Pengembangan Profesi Pers Dewan Pers Paulus Tri Agung Kristanto di Jakarta, Senin (17/10/2022).

Dia mengatakan, jumlah wartawan yang mengikuti UKW pada tahun ini masih akan bertambah, lantaran dukungan program juga berasal dari UKW mandiri dan pihak ketiga, di samping tentu saja berasal dari APBN. Dia berharap bahwa dengan pelaksanaan UKW, wartawan di Indonesia akan semakin berkualitas, taat pada etika, dan semakin sejahtera.

“Semoga pers di Indonesia makin bisa menjadi acuan publik, mencerahkan dan mencerdaskan masyarakat, serta turut serta membangun demokrasi yang dewasa dan lebih baik,” katanya.

Dewan Pers pada tahun ini menargetkan sebanyak 1.700 orang wartawan lulus UKW dan 1.870 peserta mengikuti pelatihan jurnalistik. Namun faktanya, per 15 Oktober 2022, sebanyak 1.902 orang wartawan telah dinyatakan lulus UKW dan 1.967 orang peserta menghadiri pelatihan jurnalistik.

Keseluruhan proses UKW digelar di 38 wilayah di Tanah Air, mulai dari Aceh hingga Papua. “Jumlah ini melampaui target kami di Dewan Pers,” katanya.

Diketahui, dengan tambahan jumlah tersebut, maka total jumlah wartawan di seluruh Indonesia yang telah dinyatakan kompeten atau lulus UKW menjadi 23.300 orang. UKW adalah salah satu cara yang dilakukan Dewan Pers untuk memberikan standar guna mengukur profesionalisme seseorang dalam melakukan kerja-kerja jurnalistik.

Pelaksanaan UKW tidak hanya memberikan manfaat kepada internal pers namun juga seluruh masyarakat. Hal itu sejalan dengan tujuan UKW, yakni untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers, seperti yang dilansir dari sindonews.

Selanjutnya untuk menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual, serta menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Bacalon Walikota Pekanbaru dr Rahmansyah saat mengembalikan formulir ke DPD PKS Pekanbaru, Kamis (23/5/2024) (foto:rinai/halloriau)Bacalon Walikota Pekanbaru Rahmansyah Kembalikan Formulir Pendaftaran ke DPD PKS
Pelepasan JCH Pelalawan.(foto: andi/halloriau.com)Lepas Keberangkatan JCH Pelalawan, Ini Pesan Bupati Zukri
Pemindahan bandara SSK II dinilai Mardianto sudah tepat karena lokasi saat ini yang berada persis di tengah kawasan padat penduduk. (foto:bandara SSK II Pekanbaru/int)Wacana Bandara Dipindahkan ke Siak, Mardianto Manan: Sudah Tepat
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: pgi)Realisasikan 60 Persen Lagi, Pemko Pekanbaru Gelontorkan Rp50 Miliar untuk Pilwako 2024
Dishub Pekanbaru razia truk ODOL.(foto: mcr)Puluhan Truk ODOL Terjaring Razia Gabungan di Pekanbaru
  Ilustrasi dugaan korupsi dana desaKepala Desa Beting Dinonaktifkan Sementara dari Jabatannya, Kasusnya di Polres Sudah Naik Penyelidikan
Fahd Yudhanegoro selaku Head of Circle Sumatra Indosat saat launching 3Store baru di Bengkulu.(foto: istimewa)Indosat Buka 3Store Baru di Kota Bengkulu dengan Konsep Gaya Hidup Digital Gen Z
Harga TBS sawit swadaya di Riau.(ilustrasi/int)Harga TBS Mitra Swadaya di Riau Periode 22-28 Mei 2024 Capai Rp2.841/Kg
KMP Permata Lestari I terbakar saat bersandar di Pelabuhan BUMD Air Putih, Bengkalis.(foto: dok/halloriau.com)KMP Permata Lestari I Terbakar saat Perbaikan di Pelabuhan BUMD Bengkalis
General Manager (GM) HRD RAPP Wilim memberikan sambutan saat pembukaan RAT Kopkar RAPP
Pengurus Kopkar RAPP Siapkan Program Unggulan untuk Anggota
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved