www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Aset PDAM Milik Pemkab Kepulauan Meranti Hibah dari Pemkab Bengkalis Dilelang Rp 96 Juta
 
Berkat KUR BRI, Petani di Desa Kualu Nenas Kampar Tak Pusing Cari Modal
Minggu, 31 Maret 2024 - 22:57:40 WIB

PEKANBARU - Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang, Kampar sejak lama dikenal sebagai penghasil buah nenas. Biasanya hasil panen petani dijual di pinggir jalan lintas Pekanbaru-Bangkinang dan selalu diburu pembeli.

Keberhasilan produksi nenas ini tak terlepas dari peran BRI. Sebab petani terbantu dalam permodalan ketika ingin mengembangkan usahanya.

Itu disampaikan Ketua Kelompok Tani Sakinah, Mardanis di Desa Kualu Nenas. Ada 16 petani yang berada di dalam kelompoknya.

"Kalau klaster nenas Sakinah ada 16 petani. Kalau ditotal dengan petani di kelompok lain, ada 100 lebih petani nenas desa ini," sebutnya ketika dihubungi halloriau.com, Minggu (31/3/2024).

Ia menyebut banyak petani di Desa Kualu sudah menjadi nasabah BRI. Bahkan anggota Kelompok Tani Sakinah juga sudah ada mendapat Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI.

Berkat KUR tersebut petani tidak pusing lagi harus mencari modal. Apalagi Klaster Nenas Sakinah merupakan binaan dari BRI.

"Anggota ada yang pinjam Rp20 juta dan Rp50 juta. Semua itu dipakai biasanya untuk perluasan lahan atau pembelian bibit dan pupuk," ujarnya.

Memang untuk membuka lahan gambut yang ditanami nenas itu setidaknya mesti mengantongi Rp50 juta per hektare. Dengan penanaman puluhan ribu bibit nenas di sana.

"Jadi sangat membantu sekali BRI untuk pengembangan usaha. Apalagi memang kalau dikelola dengan baik bisnis nenas ini sangat menjanjikan. Pengepul biasanya mengambil Rp5 ribu per buah nanti dijual di pinggir jalan itu sudah Rp10 ribu per buah," katanya.

Selain menjual buah nenas segar, Kelompok Tani Sakinah ini juga menjual keripik nenas dan bibit bersertifikat. Bahkan bibit dari kelompok ini dibawa ke Desa Penyengat, Sungai Apit, Siak untuk ditanam di lahan-lahan gambut di sana.

Dirinya berharap BRI masih terus membantu petani-petani di Desa Kualu Nenas. Tak kalah pentingnya ia berharap juga dibantu untuk pemasaran, sebab kalau waktu panen, petani kesulitan mencari pembeli. Jika dibiarkan menumpuk begitu maka harga anjlok.

Sementara itu Regional CEO Office BRI Pekanbaru, Kicky Andre Davetra mengatakan BRI terus meningkatkan portofolio pembiayaan baik UMKM juga petani, guna memperkuat ketahanan ekonomi nasional.

Pihaknya terus mendorong realisasi KUR selain menambah debitur baru, juga bisa membuat pelaku usaha naik kelas. Artinya UMKM yang sudah menikmati KUR tiga atau empat kali, bisa kemudian meningkatkan kelas masuk kredit Kupedes yang memiliki plafon sampai dengan Rp 250 juta.

“Alhamdulillah dari BRI Kanwil Pekanbaru untuk pemasaran kredit hingga Februari 2024 kami tumbuh 16 persen secara year on year. Ini membuktikan perekonomian di Riau ini sedang bertumbuh. Karena dari sisi penyaluran kredit bisa tumbuh double digit, kita harapkan juga pertumbuhan kualitas lebih baik,” ujarnya belum lama ini.

Penulis: Riki Ariyanto

Editor: Satria



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi PDAM Kepulauan MerantiAset PDAM Milik Pemkab Kepulauan Meranti Hibah dari Pemkab Bengkalis Dilelang Rp 96 Juta
Suzuki raih empat penghargaan di OTOMOTIF Award 2024.(foto: istimewa)Suzuki Indonesia Raih 4 Penghargaan OTOMOTIF Award 2024
Kajati Riau bersama jajaran Kejari Pelalawan.(foto: andi/halloriau.com)Kajati Riau Kunjungi Kejari Pelalawan, Ini Agendanya
  Edy Natar Nasution.(foto: int)NasDem Sambut Baik Hasil Survei Elektabilitas Edy Natar di Bursa Pilgub Riau 2024
Komisi I DPRD Pekanbaru hearing terkait mafia tanah di Rumbai.(foto: mimi/halloriau.com)Dugaan Mafia Tanah di Rumbai, Komisi I DPRD Pekanbaru Panggil BPN dan Lurah
HM Harris, Bacalon Gubernur Riau di Pilgub Riau 2024.(foto: int)HM Harris Tingkatkan Popularitas Jelang Pilgub Riau 2024
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved