www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Aset PDAM Milik Pemkab Kepulauan Meranti Hibah dari Pemkab Bengkalis Dilelang Rp 96 Juta
 
Nasabah di Pekanbaru Ini Terbantu Kembangkan Usaha Laundry dan Kedai Berkat KUR BRI
Minggu, 31 Maret 2024 - 15:32:11 WIB

PEKANBARU - BRI merupakan salah satu bank yang aktif dalam pelaksanaan program KUR. Sebagai salah satu bank yang aktif, KUR BRI bisa menjadi solusi bagi pemilik warung kelontong untuk mendapatkan pembiayaan usaha.

Seperti yang dirasakan Linda Nuryaningrum pemilik Kedai Harian dan Laundry Rubianti di Jalan Sri Indra, Kelurahan Rumbai Bukit, Pekanbaru. Ia mengatakan belum lama mendapatkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI.

"Dapat dana KUR tahun 2023, berarti sekarang sudah jalan enam bulan. Lumayan untuk mengembangkan usaha, selain kedai juga ada laundry," ujarnya kepada halloriau.com, Minggu (31/3/2024).

Ia mengatakan tertarik mengajukan KUR BRI karena cerita nasabah yang sudah lebih dulu meminjam. Kebanyakan responnya positif dan BRI dikenal tidak mempersulit calon nasabah.

"Awal tertarik karena lihat usaha teman, ternyata bisa pinjam KUR tanpa agunan. Terus kami coba untuk usaha kedai harian dan laundry. Ternyata di setujui pihak BRI unit Rumbai sebanyak Rp20 juta. Dari situ dananya dipakai untuk menambah isi kedai dan beli kebutuhan usaha lainnya," sebutnya.

Selain proses yang tidak ribet, perempuan yang akrab disapa Linda ini menyebut suku bunga KUR BRI yang lebih rendah dari pinjaman komersil lainnya. Selain itu jangka waktu pinjaman yang disesuaikan dengan kondisi keuangan usaha.

"Sangat terbantu dengan adanya KUR BRI. Kalau kita memenuhi syarat pasti dipermudah. Apalagi pinjamannya tanpa agunan," sebutnya.

Sementara itu Regional CEO Office BRI Pekanbaru, Kicky Andre Davetra mengatakan pihaknya terus meningkatkan portofolio pembiayaan untuk segmen UMKM. Upaya ini dilakukan sebagai cara memperkuat ketahanan ekonomi nasional.

“Fokus BRI ke UMKM tidak perlu dipertanyakan lagi. Karena secara bisnis portofolio kami, di Riau khususnya itu 90 persen penyaluran kredit kita di sektor UMKM. Semua produk layanan kami bisa dinikmati di unit kerja BRI yang tersebar di 12 kabupaten dan kota di Riau,” ujarnya belum lama ini.

Kicky menambahkan pihaknya terus mendorong realisasi KUR selain menambah debitur baru, juga bisa membuat UMKM naik kelas. Artinya UMKM yang sudah menikmati KUR tiga atau empat kali, bisa kemudian meningkatkan kelas masuk kredit Kupedes yang memiliki plafon sampai dengan Rp 250 juta.

Apalagi UMKM punya dampak ke masyarakat sekitar cukup besar. UMKM bisa mengurangi pengangguran dan meningkatkan ekonomi rumah tangga. Menjadi sentral perputaran ekonomi di mana ada arus barang dan uang di tengah UMKM tersebut.

Penulis: Riki Ariyanto
Editor: Satria



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi PDAM Kepulauan MerantiAset PDAM Milik Pemkab Kepulauan Meranti Hibah dari Pemkab Bengkalis Dilelang Rp 96 Juta
Suzuki raih empat penghargaan di OTOMOTIF Award 2024.(foto: istimewa)Suzuki Indonesia Raih 4 Penghargaan OTOMOTIF Award 2024
Kajati Riau bersama jajaran Kejari Pelalawan.(foto: andi/halloriau.com)Kajati Riau Kunjungi Kejari Pelalawan, Ini Agendanya
  Edy Natar Nasution.(foto: int)NasDem Sambut Baik Hasil Survei Elektabilitas Edy Natar di Bursa Pilgub Riau 2024
Komisi I DPRD Pekanbaru hearing terkait mafia tanah di Rumbai.(foto: mimi/halloriau.com)Dugaan Mafia Tanah di Rumbai, Komisi I DPRD Pekanbaru Panggil BPN dan Lurah
HM Harris, Bacalon Gubernur Riau di Pilgub Riau 2024.(foto: int)HM Harris Tingkatkan Popularitas Jelang Pilgub Riau 2024
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved