www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
PDI Perjuangan Belum Bocorkan Sosok Didukung di Pilgub Riau, Apakah SF Hariyanto-Wahid ?
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


758 Napi Rutan Dumai Terima Remisi HUT RI, 12 Orang Langsung Bebas
Jumat, 18 Agustus 2023 - 08:57:00 WIB

DUMAI - Sebanyak 758 orang narapidana yang menghuni Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Dumai mendapatkan masa pemotongan tahanan.

Pemotongan masa tahanan tersebut setelah mereka mendapatkan remisi dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78.

Remisi secara simbolis disampaikan Walikota Dumai, Paisal kepada dua perwakilan warga binaan. Usai mengikuti upacara detik-detik proklamasi secara virtual di Gedung Pondopo, Kamis (17/8/2023).

"Kami mengucapkan selamat kepada warga binaan yang sudah mendapatkan remisi peringatan hari besar nasional ini. Diharapkan ini menjadi momentum para tahanan untuk dapat berbuat lebih baik saat baik bagi narapidana yang masih di dalam rutan maupun yang langsung bebas," ujar Karutan Dumai Bastian Manalu.

"Untuk tahunan ini semua usulan remisi yang kami ajukan ke Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 758 remisi, diterima oleh kementerian dengan pengurangan masa tahan bervariasi," ujar Bastian.

Dikatakan Bastian dari keputusan yang disampaikan kementerian Hukum dan HAM pengurangan masa hukuman bervariasi. Antara satu hingga enam bulan dari masa hukuman yang dijalani oleh para narapidana atas perkara yang menjerat mereka.

Diterangkan Batisan sebanyak 136 orang warga binaan mendapatkan potongan masa tahanan selama 1 bulan. 139 orang mendapatkan potongan 2 bulan masa tahanan, 137 orang mendapatkan pemotongan 3 bulan masa tahanan.

"Sebanyak 313 orang narapidana (napi) mendapatkan pemotongan 4 bulan penjara, 26 orang mendapatkan pengurangan masa tahanan selama 5 bulan dan 7 orang napi mendapatkan pemotongan terginggi dalam pemberian remisi HUT RI ini yakni 6 bulan pengurangan masa tahanan," ungkap Bastian.

"Sebanyak 12 narapidana atau warga binaan Rutan Dumai langsung bebas di peringtan HUT RI ini setelah remisi yang mereka dapatkan dikalkulasikan dengan masa tahanan yang mereka terima menghabiskan masa penahanan dan bisa langsung keluar," ujar Manalu.

Secara keseluruhan, Napi dengan perkara narkotika menjadi yang terbanyak mendapatkan remisi. Yakni 443 orang diikuti 313 orang merupakan napi perkara umum. Sementara dua orang lainnya yang mendapatkan remisi adalah narapidana dengan perkara korupsi," tambahnya.

Sementara itu berdasarkan jenis kelamin mereka yang mendapat remisi HUT RI tahun ini 732 di antaranya laki-laki, 23 orang wanita dan dua orang anak tahanan berjenis kelamin laki laki.

Dirinya berharap mereka yang langsung bebas setelah mendapat remisi untuk dapat secepatnya berbaur kembali bermasyarakat. Tidak mengulangi perbuatan mereka agar tidak masuk kembali ke Rutan Dumai atas perkara tindak pidana.

"Mereka yang hari ini mendapatkan remisi pemotongan masa tahanan adalah mereka yang berhak mendapatkannya dengan kriteria berkelakuan baik. Tidak bermasalah selama menjalani masa tahanan dan sudah menjalani 2/3 dari masa hukuman yang sudah dijalani," pungkas Bastian.

Penulis: Bambang
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
ilustrasi.PDI Perjuangan Belum Bocorkan Sosok Didukung di Pilgub Riau, Apakah SF Hariyanto-Wahid ?
Program TMC di Riau.(foto: mcr)Tahap Kedua TMC di Riau, Sudah 6.400 Kg Garam Disemai
Rektor Umri, Saidul Amin.(foto: mcr)Umri Rayakan Milad Ke-16 dengan Serangkaian Acara Penting
Kedua pengedar sabu DP dan RS diringkus Reskrim Polsek Peranap (foto/Andri)Polsek Peranap Ringkus 2 Pengedar Narkoba, 4,8 Gram Sabu Diamankan
Dapatkan penawaran menarik selama pameran bulanan Honda Soekarno Hatta di Mall SKA (foto/Meri)Jangan Ketinggalan Pameran Mobil Honda di Mall SKA Pekanbaru: Promo Spesial Menanti
  Kapolda ajak Bupati Sintong dan Wabup Sulaiman salam damai.Sempat Nyaris Adu Jotos, Bupati-Wabup Rohil Didamaikan Kapolda Riau
Bakar tongkang di Bagansiapiapi, Rohil.(foto: mcr)Puluhan Ribu Wisatawan Meriahkan Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
Tim SAR perluas area pencarian nelayan yang hilang di perairan Meranti.(foto: mcr)Tim SAR Lanjutkan Pencarian Nelayan Hilang di Perairan Meranti
IKMR Kepulauan Meranti menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir bandang atau galodoIKMR Kepulauan Meranti Salurkan Bantuan untuk Korban Galodo di Tanah Datar
Kasatpol PP Pekanbaru, Zulfahmi Adrian temui Nenek Mardiana yang jadi korban pungli anggotanya (foto/ist)Jadi Korban Pungli Anggotanya, Kasatpol PP Pekanbaru Kembalikan Uang Nenek Mardiana
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved