www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


UHC Berikan Kepastian Jaminan Kesehatan Bagi Masyarakat Kota Dumai
Minggu, 26 Maret 2023 - 17:38:13 WIB

DUMAI - Universal Health Coverage (UHC) merupakan konsep reformasi pelayanan kesehatan yang mencakup jangkauan dan pemerataan pelayanan kesehatan. Pemberian pelayanan kesehatan yang berkualitas dan menyeluruh bagi seluruh penduduk pada suatu wilayah.

Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, cakupan kepesertaan JKN untuk mencapai UHC adalah seluruh penduduk atau paling sedikit 95 persen dari jumlah penduduk terdaftar sebagai peserta JKN.

Sudah menjadi komitmen Pemerintah Kota Dumai untuk memberikan perlindungan JKN yang seluas-luasnya kepada masyarakat. Hal ini disampaikan Wali Kota Dumai, Paisal, pada bulan Oktober tahun 2022 silam.

Kini Kota Dumai sudah menjadi daerah yang menerima predikat UHC dari BPJS Kesehatan dengan capaian 97,72 persen warganya telah menjadi peserta Program JKN.

"UHC ini memperlihatkan komitmen dari pemerintah daerah untuk memberikan kepastian layanan kesehatan terhadap warganya. Buktinya, Kota Dumai adalah salah satu lingkup wilayah kerja kami yang 97,72 persen masyarakatnya sudah terlindungi Program JKN," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai, Bernat Sibarani, Jumat (10/3/2023).

Bernat juga menyampaikan bahwa pencapaian UHC di pada suatu daerah merupakan suatu hal yang sangat penting bagi masyarakatnya.

"Dengan Universal Health Coverage nya suatu daerah, ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan oleh masyarakat, seperti untuk pengaktifan kartu JKN yang biasanya menunggu 14 hari, sekarang bagi yang didaftarkan oleh pemerintah daerahnya itu bisa langsung aktif. Hal inilah yang menjadi keuntungan bagi Kota Dumai ketika mencapai predikat UHC itu," tuturnya.

Sopian (30), seorang warga asal Desa Basilam Baru Kecamatan Sungai Sembilan, Sopian (30) yang terdaftar pada Program JKN segmen PBI-APBD, merasakan langsung manfaat tercapainya UHC yang diraih saat ini. Sopian bersyukur, selain karena kepesertaannya langsung aktif berkat program UHC, ia juga sangat senang karena kepesertaannya dibiayai pemerintah daerah Dumai.

"Saat saya hendak dioperasi karena penyakit usus buntu, saya merasa sangat membutuhkan bantuan finansial. Apalagi saya hanya seorang pekerja bangunan. Namun ada salah seorang tetangga saya menyampaikan info ini, kalau kita berasal dari keluarga kurang mampu, kita bisa menjadi peserta JKN yang ditanggung pemerintah," katanya.

"Hanya perlu datang ke Dinas Kesehatan membawa KTP, dan kepesertaan JKN bisa langsung aktif. Saya sangat bersyukur tentunya, jikalau tidak ada bantuan pemerintah daerah mungkin saya sudah kalut dan tidak tahu lagi harus ke mana. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah daerah yang telah mendaftarkan saya ke dalam Program JKN," ungkapnya. 

Selain Kota Dumai, ada dua Kabupaten lagi yang berada di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Dumai yang sudah mencapai atau menyandang predikat UHC adalah Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti. Untuk Kabupaten Bengkalis saat ini masyarakat yang sudah terjamin Program JKN sebesar 98,05 persen dari jumlah penduduk sebanyak 634.553 jiwa.

Sama halnya dengan pemerintah Kota Dumai, pemerintah Kabupaten Bengkalis juga berkomitmen untuk memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakatnya melalui Program JKN.

"Kesehatan menjadi salah satu fokus dalam pemerintahan kami. Karena itu sudahdisediakan anggaran untuk bidang kesehatan di APBD Kabupaten Bengkalis agar bisa mencapai UHC diperoleh pada 1 November 2022," jelas Bupati Kabupaten Bengkalis, Kasmarni.

Berikutnya Kabupaten Kepulauan Meranti, merupakan Kabupaten pertama yang berada di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Dumai yang mencapai UHC. Artinya dari total jumlah penduduk sebanyak 210.843 jiwa semuanya sudah terdaftar Program JKN. (rilis)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Harimau Sumatera.(ilustrasi/int)Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Jalan Mustika Pekanbaru.(foto: int)Jalan Mustika Pekanbaru Segera Berlaku Satu Arah, Ini Skemanya
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: int)Tak Sekedar Ganti Nama Jadi PSPS Pekanbaru, Muflihun: Manajemen Usulan Ganti Logo
Suzuki Jimny 5-Door di event IIMS 2024.(foto: istimewa)Antusiasme Tinggi Pengunjung IIMS 2024 Terpikat Jimny 5-Door dan Unit Hybrid Suzuki
Pusat Kuliner Kelapa Gading ditutup Pemkab Inhil.(foto: mcr)Banyak Warung Remang-remang, Pemkab Inhil Tutup Pusat Kuliner Kelapa Gading
  Polda Riau sebar foto dan identitas buronan pemilik 640 butir pil ekstasi.(foto: tribunpekanbaru.com)Sebar Foto dan Identitas, Polda Riau Buru Pemilik 640 Ekstasi di Pekanbaru
Jalan rusak di Pekanbaru diserahkan ke Pemprov Riau.(ilustrasi/int)Pemko Targetkan Serah Terima 36 Ruas Jalan di Pekanbaru ke Pemprov Rampung Maret 2024
Rider Gresini Ducati, Marc Marquez.(foto: int)Ini 3 Rider yang Masih Sulit Dikejar Marquez di MotoGP 2024
Pabrik Suzuki di Cikarang.(foto: int)Suzuki Siap Produksi Model Baru di Indonesia, Jimny 5 Pintu Masuk Daftar?
Event HSMS 2024 di Living World Pekanbaru dari Capella Honda Riau.(foto: mg1/halloriau.com)Jangan Lewatkan Ragam Promo Capella Honda Riau di HSMS 2024 Living World Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Banjir di Pekanbaru, Pemilik Kendaraan Dorong Mobil di Jalan Jembatan Siak 4
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved