www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Pemko Pekanbaru Belum Bisa Pastikan Kapan CFD Kembali Dibuka
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Dishub Riau Pasang Jembatan Timbang di Terminal Ro-Ro Dumai-Rupat
Senin, 23 November 2020 - 15:37:12 WIB
Kasat Lantas Polres Dumai, AKP Agustinus  Chandra ‎Pietama mengawasi kendaraan barang yang melewati jembatan timbang sebelum masuk ke Ro-Ro Dumai - Rupat.
Kasat Lantas Polres Dumai, AKP Agustinus Chandra ‎Pietama mengawasi kendaraan barang yang melewati jembatan timbang sebelum masuk ke Ro-Ro Dumai - Rupat.

Baca juga:

Hadapi Arus Mudik Lebaran, Dishub Riau Pasang Rambu Peringatan di Daerah Rawan Lakalantas
Imbau Pemudik Hati-hati, Dishub Riau Beberkan 48 Titik Rawan Kecelakaan
Posko Didirikan 2 April, Arus Mudik Lebaran 2024 di Riau Diprediksi Melonjak

DUMAI - Dinas Perhubungan Provinsi Riau memasang jembatan timbang di terminal Ro-Ro Dumai-Rupat untuk melakukan pengawasan tonase kendaraan angkutan barang dan muatan pada lintasan pelabuhan tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala seksi (Kasi) Operasional Pengelolaan Pelabuhan Wilayah I Provinsi Riau, Alchoiri Syahwali.

"Timbangan untuk melakukan pengawasan tonase kendaraan angkutan barang dan muatan pada lintasan pelabuhan Penyebrangan Dumai dan Tanjung Kapal (Rupat) Bengkalis di Pelabuhan Bandar Sri Junjungan," katanya Senin (23/11/2020).

Ia menambahkan, pengawasan terhadap tonase kendaraan angkutan barang dan muatan pada lintasan pelabuhan Penyebrangan Dumai dan Tanjung Kapal, sudah dilaksanakan mulai 9 November 2020 lalu.

"Pengawasan tonase ini berdasarkan Surat Edaran Gubernur Riau Nomor 296/SE/2020, tentang penetapan jumlah berat yang diizinkan/tonase kedaraan angkutan barang dan muatan pada lintasan pelabuhan Penyebrangan Dumai dan Tanjung Kapal (Rupat) Bengkalis," tambahnya.

Alchoiri mengaku, sebelum penerapan tonase kendaraan ini, pihaknya lebih dulu melakukan sosialisasi kepada pengendara, pengusaha dan masyarakat.

"Saat diterapkan, memang awalnya ada penolakan ‎dari pengusaha namun, setelah dijelaskan, dan tujuan pembatasan tonase ini untuk apa, akhirnya mereka mengikuti aturan tersebut," tambahnya.

Lebihlanjut dijelaskannya, sesuai Surat Edaran Gubernur Riau Nomor 296/SE/2020, tentang penetapan jumlah berat yang diizinkan/tonase kedaraan angkutan barang dan muatan pada lintasan pelabuhan Penyebrangan Dumai dan Tanjung Kapal, maksimal tonase yang diperbolehkan lewat atau menyebang seberat 8 ton‎, di atas 8 ton akan diberikan sanksi.

Sanksi jika kedapatan kendaraannya melibihi tonase yang telah ditentukan, akan dilakukan penilangan serta melangsir barang-barangnya hingga berat tak melebihi tonase yang telah ditentukan.

Sejauh ini sudah ada 30 tilang yang telah dikeluarkan pihaknya bersama Lantas Dumai, karena kendaraannya melebihi tonase yang telah ditentukan.

Alchoiri berharap masyarakat ataupun pengusaha bisa mengikuti aturan yang telah ditetapkan, ini untuk kepentingan bersama, karena jika tonase yang berlebihan bisa mengakibatkan jembatan roboh dan merugikan seluruh masyarakat.

Sementara, Kasat Lantas Polres Dumai, AKP Agustinus Chandra ‎Pietama mengungkapkan, pembatasan tonase ini tentunya untuk kebaikan bersama, dan itu perlu didukung sesuai dengan tupoksi masing-masing.

"Kendaraan muatan baik dari Rupat maupun Dumai, harus melewati jembatan timbang, jika kedapatan melebihi tonase yang telah ditetapkan, maka akan dilakukan penilangan," tegasnya.

Penulis : Bambang
Editor : Fauzia




   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi CFD Pekanbaru selalu ramai diikuti masyarakat (foto/int)Pemko Pekanbaru Belum Bisa Pastikan Kapan CFD Kembali Dibuka
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto (foto/int)Hotel Pemprov Riau di Jakarta Akan Groundbreaking Juni Mendatang
Tumpukan sampah di Jalan Gulama, RT 04/RW 04, Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru (foto/int)Sampah Menumpuk di Jalan Gulama Pekanbaru, Warga Keluhkan Bau Busuk
Bupati Rezita Beri Semangat Kafilah Inhu yang MTQ ke-42 tingkat Provinsi Riau (foto/andri)Bupati Rezita Beri Semangat Kafilah Inhu dalam Pawai Ta'aruf MTQ ke-42 di Dumai
Bupati Bengkalis, Kasmarni dan Wabub Bagus Pawai TaBupati Kasmarni dan Ribuan Warga Ikuti Pawai MTQ ke-42 di Dumai
  Kemacetan yang kerap terjadi di ruas jalan SM Amin menuju Jalan Naga Sakti (foto/tribunpku)Sering Macet, Warga Minta Pemko Aktifkan Lampu Lalu Lintas Disimpang SM Amin-Naga Sakti
Asisten I  Pemkab Rohil Drs Ferry menghadiri malam pelantikan Dewan Hakim MTQ ke-42 Provinsi Riau (foto/afrizal)Pejabat Pemkab Rohil Hadiri Malam Taaruf dan Pelantikan Dewan Hakim MTQ ke-42 Riau
Bupati Kepulauan Meranti tampak melambaikan tangan, bertepuk tangan menyambut riang saat kafilah melintas di panggung mimbar kehormatan pelepasan Pawai Ta’aruf.Tampil Memukau, Kafilah Kepulauan Meranti Meriahkan MTQ Provinsi Riau Ke-42 di Kota Dumai
Kasi Urusan Haji dan Umrah Kemenag Dumai, H Sudarmanto (foto/bambang)250 CJH Dumai Tahun Ini Diberangkatkan Melalui Embarkasi Haji Batam 20 Mei
Personel Polsek Bangko pantau arus penumpang di Pelabuhan Oliong (foto/afrizal)Polisi Berjaga dan Pantau Arus Penumpang di Pelabuhan Oliong Bagansiapiapi
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved