www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Indosat Buka 3Store Baru di Kota Bengkulu dengan Konsep Gaya Hidup Digital Gen Z
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Kontroversi Calon Dirut Tunggal: Seleksi Ulang Pansel Dirut BRK Syariah
Selasa, 21 November 2023 - 16:58:34 WIB

PEKANBARU - Penunjukan Hendra Buana sebagai calon tunggal Direktur Utama (Dirut) Bank Riau Kepri (BRK) Syariah membuat kontroversi di berbagai kalangan tak terkecuali di DPRD Riau.

Pasalnya sebelum resmi mundur jadi Gubernur Riau, Syamsuar hanya mewawancarai satu dari tiga nama calon Dirut BRK Syariah yang lolos uji oleh Panitia Seleksi (Pansel). Satu nama itu kemudian langsung diserahkan untuk disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto, bahkan mengaku tak menyangka jika Syamsuar hanya mengusulkan satu nama. Sebab idealnya gubernur memberikan minimal dua nama untuk kemudian dibahas kembali dalam RUPS sebelum akhirnya disetujui dan dikembalikan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pasalnya, jelas Hardianto, yang memiliki saham atas BRK Syariah bukan hanya Pemprov Riau melainkan juga Pemprov Kepulauan Riau, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota.

"Tapi nyatanya hanya diusulkan satu nama saja, nama tunggal, itu yang kita sayangkan. Kita kan maunya yang akan menjadi Dirut ini adalah keputusan semua pemegang saham," kata dia, Jumat (17/11/2023) lalu.

Senada dengan rekannya sesama Wakil Ketua DPRD Riau, Syafaruddin Poti menyebut meski Pemprov Riau berstatus sebagai pemegang saham terbesar, tapi tidak bisa menetapkan Dirut BRK Syariah begitu saja, karena penetapan harus dilakukan melalui RUPS.

Oleh karena itu, Poti mengaku akan berkoordinasi dengan Komisi III DPRD Riau terkait usulan nama tunggal calon Dirut BRK Syariah tersebut.

"Koordinasi ini diperlukan supaya bisa ditelaah, apakah prosedur pengusulan nama tunggal ini memang diperbolehkan atau tidak. Kalau tidak ada yang salah, ya, mau diapakan lagi, tapi kalau ada yang salah, kita rekomendasikan seleksi ulang atau bagaimana nantinya," kata dia, Selasa (21/11/2023).

Mengingat pemegang saham bukan hanya Pemprov Riau, Poti berharap kebijaksanaan pemegang saham lain jika memang usulan nama tunggal ini tidak sejalan dengan keinginan.

Ia juga meminta agar penilaian pemegang saham nanti harus mengedepankan objektifitas dan tidak sekedar atas dasar suka atau tidak suka.

"Karena kan ada kriteria-kriteria tertentu untuk memilih orang yang bisa memajukan BRK ini, yang nasabahnya merasa terlayani dengan baik," sebutnya.

Jika nantinya para pemegang saham yang lain merasa ada pelanggaran, Poti menyarankan agar dilakukan seleksi ulang.

"Silahkan pemegang saham memberikan penilaian. Pemegang saham itu kan ada gubernur, walikota dan bupati. Kalau memang kriteria terpenuhi dan merasa tidak ada pelanggaran, ya dilanjutkan saja. Tapi kalau tidak, kita sarankan kembalikan ke Pansel saja, mungkin bisa dilakukan seleksi ulang," pungkasnya.

 

Penulis: Rinai

Editor: Satria

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Fahd Yudhanegoro selaku Head of Circle Sumatra Indosat saat launching 3Store baru di Bengkulu.(foto: istimewa)Indosat Buka 3Store Baru di Kota Bengkulu dengan Konsep Gaya Hidup Digital Gen Z
Harga TBS sawit swadaya di Riau.(ilustrasi/int)Harga TBS Mitra Swadaya di Riau Periode 22-28 Mei 2024 Capai Rp2.841/Kg
KMP Permata Lestari I terbakar saat bersandar di Pelabuhan BUMD Air Putih, Bengkalis.(foto: dok/halloriau.com)KMP Permata Lestari I Terbakar saat Perbaikan di Pelabuhan BUMD Bengkalis
General Manager (GM) HRD RAPP Wilim memberikan sambutan saat pembukaan RAT Kopkar RAPP
Pengurus Kopkar RAPP Siapkan Program Unggulan untuk Anggota
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa.(foto: mcr)Risnandar Mahiwa Komit Jaga Stabilitas Politik Jelang Pilkada Serentak 2024 di Pekanbaru
  Pemindahan bandara SSK II dinilai Mardianto sudah tepat karena lokasi saat ini yang berada persis di tengah kawasan padat penduduk. (foto:bandara SSK II Pekanbaru/int)Wacana Bandara Dipindahkan ke Siak, Mardianto Manan: Sudah Tepat
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: pgi)Realisasikan 60 Persen Lagi, Pemko Pekanbaru Gelontorkan Rp50 Miliar untuk Pilwako 2024
Dishub Pekanbaru razia truk ODOL.(foto: mcr)Puluhan Truk ODOL Terjaring Razia Gabungan di Pekanbaru
Tim gabungan Basarnas Pekanbaru melakukan pencarian dua nelayan yang hilang kontak di perairan Sinaboi, Rohil.(foto: mcr)Dua Nelayan Hilang Kontak di Perairan Sinaboi, Diduga Kecelakaan Speedboat
Ketua PWI Pusat, Hendri Ch Bangun saat memimpin rapat pleno penetapan tuan rumah HPN 2025.(foto: istimewa)Jadi Tuan Rumah HPN 2025, PWI Riau Diminta Libatkan Generasi Muda
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved