www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Arus Balik Lebaran, Antrean Panjang di Pelabuhan Dumai-Pulau Rupat
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Induk, TAF: Mudahkan Kerja Pemko Jika Sesuai Konsep Awal
Kamis, 22 Februari 2024 - 16:48:57 WIB

PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri SE MM mendorong agar Pemko Pekanbaru untuk segera mengoperasikan Pasar Induk, Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru.

Pasalnya, kehadiran pasar induk Pekanbaru ini sudah sejak lama ditunggu-tunggu masyarakat dan pedagang. Dan yang paling penting untuk menata pedagang agar tidak lagi melakukan transaksi di pinggir-pinggir jalan.

"Dengan adanya pasar induk ini nantinya, setiap sembako yang masuk tidak ada lagi tersebar di pinggir jalan, tapi semua terpusat di pasar induk," ungkap Azwendi, Kamis (22/2/2024).

Tidak hanya itu, politisi Demokrat ini juga menilai kehadiran Pasar Induk akan memudahkan kerja Pemko dalam melakukan pengawasan dan meminimalisir terjadinya gejolak harga akibat adanya dugaan permainan tengkulak.

"Lebih mudah di kontrol. Berapa masuk barang, berapa keluar barang kita tahu. Ini akan memudahkan kita ketika pasar induk itu berjalan sesuai konsep awal, kita bisa mengatasi, mengendalikan harga dan ketersediaan barang," ujarnya lagi.

Azwendi yang juga merupakan Ketua DPC Demokrat Pekanbaru juga mengingatkan Pemko bahwasanya Pembangunan Pasar induk ini sesuai dengan konsep awal dan sesuai fungsi yakni pendistribusi dan suplai untuk seluruh pasar di Kota Pekanbaru.

"Kita ingatkan, jangan lupa konsep awal pasar induk ini, bukan untuk menciptakan seperti pasar rakyat atau pasar tradisional dan pasar pagi ya. Jadi ini memang pengepul, grosis, tempat kulakan," tuturnya.

Azwendi meminta agar pasar Induk harus dihidupkan sesuai fungsinya sebagai pendistribusi dan suplai untuk seluruh pasar di Kota Pekanbaru.

Karena lewat Pasar Induk ini banyak manfaatnya untuk Kota Pekanbaru, mulai dari menghidari macet di subuh hari, harga-harga bisa lebih terkendali karena pemerintah menjadi punya kuasa dan mengetahui.

"Jadi jangan ada yang berserak lagi, pemerintah itu menata agar kota lebih baik lagi, tidak menyebabkan jalan macet lagi, pedagang kita lebih tertata. Kebutuhan pokok keluar masuk terkendali, hingga kita harapkan stabilitas harga akan jauh lebih lagi," sebutnya.

Diketahui, Pemko Pekanbaru terus menggalakkan pembangunan Pasar Induk dengan semangat, mencapai progres fisik mencengangkan sebesar 75 hingga 80 persen.

Melalui upaya kolaboratif dengan pengembang, sebagian besar area kios dan hall pasar di Jalan Soekarno Hatta telah berhasil diselesaikan, menawarkan ratusan kios untuk para pedagang sembako.

Kadisperindag Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin menyampaikan kegembiraannya atas kerjasama dengan pihak pengembang, BGS (Bangun Guna Serah) dalam pembangunan Pasar Induk.

Menekankan pentingnya percepatan pembangunan, ia mengungkapkan rencana pemindahan 189 pedagang dari Tempat Penampungan Sementara (TPS) ke Pasar Induk yang sudah tersedia lebih dari 250 kios.

"Sosialisasi akan dilakukan untuk memudahkan pedagang dalam pemindahan, dengan target operasional penuh setelah Pemilu 2024 dan siap melayani konsumen pada Hari Raya Idulfitri tahun ini," pungkasnya.

Penulis: Mimi Purwanti
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Antrean kendaraan di Pelabuhan Dumai-Rupat.(foto: mcr)Arus Balik Lebaran, Antrean Panjang di Pelabuhan Dumai-Pulau Rupat
Tol Trans Sumatera.(foto: int)Rekor Arus Balik Lebaran, Volume Kendaraan di Tol Trans Sumatera Meningkat Tajam
Suasana di salah satu mal di Pekanbaru ramai pengunjung.(foto: dini/halloriau.com)Mall Jadi Pilihan Masyarakat Kota Pekanbaru Habiskan Waktu Libur Lebaran
Suasana saat momen lebaran di Lapas Kelas II A Pekanbaru.(foto: sri/halloriau.com)Suasana Haru dan Bahagia Selimuti Kunjungan Idulfitri di Lapas Pekanbaru
Peningkatan volume lalu lintas di tol ruas Provinsi Riau (foto/ist)33 Ribu Lebih Kendaraan Lintasi 3 Ruas Tol di Riau Saat Libur Lebaran
  Tips jaga kesehatan saat mudik.(ilustrasi/int)Simak Tips ini untuk Tetap Bugar saat Mudik dan Balik Lebaran 2024
Tradisi ziarah di Kabupaten Kampar.(foto: int)Menyelami Kekayaan Budaya yang Menawan di Kampar
Karhutla Riau.(ilustrasi/int)BPBD Riau Klaim Nihil Karhutla Selama Libur Lebaran
Harga cabai merah bukit di Pasar Belantik Siak naik (foto/Meri)Pasca Lebaran Harga Cabai Tembus Rp90 Ribu/Kg dan Ayam Rp35 Ribu/Kg di Siak
Iluatrasi nelayan tewas tersambar petir di laut Karimun, Kepri (foto/int)Pergi Menjaring Udang, Nelayan Tewas Tersambar Petir di Perairan Karimun Kepri
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved