www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Heboh Pria Berseragam Satpol PP Minta Uang ke Pemilik Kontrakan, Begini Reaksi Kaban Zulfahmi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Jadi Wadah Inovasi dan Potensi Masyarakat di Rohil, PHR Resmikan Rumah Belajar Inovatif
Senin, 13 Februari 2023 - 10:09:52 WIB
Bupati Rohil, Afrizal Sintong saat meresmikan Rumah Belajar Inovatif yang dihadirkan PHR di Kepenghuluan Sintong Pusaka, Kecamatan Tanah Putih (foto/ist)
Bupati Rohil, Afrizal Sintong saat meresmikan Rumah Belajar Inovatif yang dihadirkan PHR di Kepenghuluan Sintong Pusaka, Kecamatan Tanah Putih (foto/ist)

ROHIL - Rumah Belajar Inovatif resmi hadir di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil),Minggu (12/2/2023). Terwujudnya rumah belajar itu berkat PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama mitranya, Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM).

Tujuan mendirikan Rumah Belajar Inovatif, sebagai pusat inovasi desa peduli gambut untuk kemandirian energi dan pangan masyarakat. Terutama yang ada di Kepenghuluan Sintong Pusaka, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan Kemah Lingkungan untuk pembekalan keterampilan berwawasan lingkungan bagi pemuda. Peserta merupakan pemuda utusan dari 21 Desa Peduli Gambut dan Mangrove Provinsi Riau.

Rumah Belajar ini dibangun dan diproyeksikan menjadi pusat kegiatan desa yang mendorong inovasi dengan bidang pertanian, peternakan, energi dan lingkungan. Selain itu, fasilitas ini juga bisa dimanfaatkan untuk pelaksanaan kegiatan desa lainnya dan mitra-mitra ataupun pihak ketiga seperti sekolah, perguruan tinggi, pemerintah kecamatan, dan kabupaten.

Rumah Belajar Inovatif tersebut diresmikan langsung Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong dan dihadiri perwakilan dari BRGM RI Muhammad Yusuf. Turut hadir Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Vallerina, serta pihak Cakra Consulting yang merupakan mitra pelaksana yang ditunjuk BRGM.

Bupati Rohil, Afrizal Sintong mengapresiasi program kolaborasi PHR tersebut. Ia mendukung dan berterima kasih atas hadirnya program yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Diharapkan rumah belajar inovatif ini dapat menjadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui sektor wirausaha. Ke depan, kami harapkan program CSR seperti ini dapat ditingkatkan dan manfaatnya semakin luas," tuturnya.

Corporate Secretary PHR, Rudi Ariffianto mengatakan, bahwa ini merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PHR WK Rokan.

"Kami turut serta dalam mendukung aktivitas sosial dan lingkungan masyarakat. Rumah belajar inovatif ini sebagai wadah kemandirian energi dan pangan masyarakat, yang nantinya akan dimanfaatkan dalam peningkatan sumber daya manusia di sekitar wilayah operasi," ujarnya.

Wadah berinovasi yang dihadirkan PHR ini juga didukung oleh sejumlah fasilitas pendukung yaitu reactor biogas, PLTA micro hydro, kandang sapi, kolam ternak ikan. Serta dapur yang disuplai oleh energi biogas, mushola, MCK, pos security, demplot pertanian lahan tanpa bakar, mesin produksi VCO, mesin pencacah bahan pupuk organik, hand tractor, dan lain-lain.

Pada tahun 2022, PHR dan BRGM telah menandatangani MoU kemitraan restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove, khususnya untuk di Provinsi Riau. Kemitraan ini difokuskan pada upaya revitalisasi ekonomi masyarakat.

Dalam pelaksanaan program restorasi gambut dan mangrove tersebut, Cakra Consulting ditunjuk BRGM untuk menjalankan kegiatan kemitraan di 21 Desa di lima kabupaten/kota yaitu Rokan Hilir, Bengkalis, Dumai, Siak dan Kampar.

Kegiatan-kegiatan yang direncanakan dalam program kemitraan adalah pembangunan dan pengembangan Rumah Belajar Inovatif tersebut. Kemudian pendidikan lingkungan untuk remaja, inisiatif pengembangan desa peduli gambut yang mandiri pangan dan energi, pendampingan dan pembinaan kelembagaan usaha perempuan desa. Dengan memanfaatkan bahan baku lokal desa dan monitoring serta evaluasi program. (rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Kepala Satpol PP Pekanbaru, Zulfahmi Adrian tindak lanjuti soal rombongan berseragam dinas minta uang ke pemilik kontrakan (foto/int)Heboh Pria Berseragam Satpol PP Minta Uang ke Pemilik Kontrakan, Begini Reaksi Kaban Zulfahmi
Layanan bus TMP Pekanbaru gratis mulai akhir pekan besok (foto/int)Catat, Mulai Besok Naik Bus TMP Pekanbaru Gratis
Nenek di Pekanbaru didatangi tiga pria berseragam Satpol PP (foto/detik)Heboh, Nenek di Pekanbaru Didatangi Satpol PP dan Dimintai Rp3 Juta, Ini Kronologinya
  Pj Gubri, SF Hariyanto prihatin daya tampung sekolah di Riau tak memadai (foto/Yuni)Daya Tampung SMA/SMK Negeri Tak Memadai, Ini Langkah Pemprov Riau
Festival Bakar Tongkang Festival yang masuk Kharisma Event Nusantara 2024 Menparekraf RI (foto/int)Besok, 50 Ribu Wisatawan Bakal Ramaikan Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
Penyegelan kantor DPW PPP Riau akibat tak lagi percaya pada kepemimpinan Syamsurizal. Spanduk dibentang pada Kamis (20/6/2024) (foto:ist) Syamsurizal: Pengurus Tak Ada Hak Turunkan Ketua DPW PPP
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved