www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Hotspot Menyala di Riau, BMKG: 2 Titik di Bengkalis
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Gubri Bahas Gedung Juang 45 Riau Bersama Tokoh Masyarakat
Rabu, 31 Mei 2023 - 12:57:43 WIB

PEKANBARU - Sejumlah tokoh masyarakat bertemu dengan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Rabu (31/5/2023). Pertemuan ini membahas renovasi Gedung Juang 45 Provinsi Riau.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, sudah melakukan lelang renovasi Gedung Juang 45 Provinsi Riau. Rencananya bangunan itu bakal dijadikan Museum Perjuangan Masyarakat Riau.

Untuk Renovasi Gedung Juang 45 Riau, Pemprov sudah alokasikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau pada tahun 2023 senilai Rp5 miliar.

Ketika diwawancarai usai pertemuan, tokoh masyarakat Riau, Wan Abu Bakar mengatakan pertemuan itu membahas terkait pembangunan museum perjuangan masyarakat Riau.

"Kita sudah menyampaikan kepada pak Gubernur terkait proses dan penyusunan terhadap pembangunan museum tersebut," sebut Wan Abu Bakar.

"Tak hanya itu, materi yang akan disajikan di dalam museum itu juga sudah kita sampaikan mulai dari fase-fase perjuangan masyarakat Riau. Baik dari masa penjajahan sampai terbentuknya Provinsi Riau," sambungnya.

Wan Abu Bakar mengatakan, penyusunan materi dalam museum tersebut disajikan dalam bentuk digital dan dinamis. Sesuai dengan perkembangan teknologi informasi saat sekarang ini.

"Tentunya tidak merumitkanlah dalam penyajiannya materi dari masa kemasa itu," terangnya.

Rencananya tim konsultan pembangunan museum perjuangan masyarakat Riau dalam waktu dekat akan menyampaikan langsung kepada Gubri.

"Dalam waktu tidak begitu lama tim konsultan akan menyampaikan kepada pak Gubernur dan Insyaallah dalam waktu enam hingga tujuh bulan museum ini akan selesai dan terwujud," sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen menyebut, museum perjuangan itu nantinya dengan millenial dan modern. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk orang berkunjung ke museum.

Di museum perjuangan masyarakat Riau akan diisi dengan koleksi-koleksi yang berhubungan dengan sejarah perjuangan rakyat Riau yang ada di 12 kabupaten/kota. Untuk mendapatkan bukti sejarah perjuangan itu nantinya tim yang sudah dibentuk akan turun ke kabupaten/kota.

"Serta ke tempat-tempat yang berhubungan dengan sejarah Provinsi Riau, untuk mengumpulkan alat-alat perang dan dokumen zaman dahulu," sebutnya.

Dari pertemuan ini hadir Tokoh Masyarakat Wan Abu Bakar, Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Riau Masrul Kasmy, Kadis Sosial Tengku Zul Efendi, Tokoh Kebudayaan Riau Suwardi MS, Ketua Pengurus Museum Juang 45 Rustam Effendi, dan Kadis Kebudayaan Provinsi Riau Yoserizal Zen. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi hotspot di Riau muncul kembali (foto/int)Hotspot Menyala di Riau, BMKG: 2 Titik di Bengkalis
Pelaksanaan PPDB daring 2024, sekolah menyiapkan layanan khusus (foto/int)Selama PPDB Online, SMA Negeri di Riau Beri Layanan Bantuan Khusus
Pj Gubri, SF Hariyanto bakal roadshow serahkan SK PPPK kabupaten/kota (foto/int)Siap-siap, Mulai Besok SK PPPK Kabupaten/Kota Diserahkan, Ini Rinciannya
Propam Polres Rohil cek Judol ponsel anggota (foto/Afrizal)Cari Aplikasi Judi Online, Propam Razia Ponsel Anggota Polres Rohil
Ketua DPW PKB Riau Abdul Wahid serahkan SK dukungan pada Asmar, Selasa (25/6/2024) (foto:int) PKB Dukung Asmar Kembali Memimpin Meranti untuk Pilkada 2024
  Rektor UIR, Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL wisuda 1.225 orang pada periode II (foto/ist)UIR Kukuhkan 1.225 Wisudawan, Rektor: Terus Tingkatkan Mutu Terbaik
Petahana Gubernur Riau sekaligus Ketua DPD I Golkar Riau, Syamsuar (foto:int) Golkar Riau Tinggal Tunggu SK dari DPP untuk Usung Resmi Syamsuar
Laudia Cinta Bella saat menjahit baju pesanan konsumen (foto/ist)Laudia Cinta Bella, Jahit Indahnya Masa Depan Lewat Vokasi PHR
Tiga oknum Satpol PP Pekanbaru lakukan pungli (foto/int)Antisipasi Pungli, Dewan Minta Kasatpol PP Pekanbaru Tegas dan Awasi Ketat Anggota
Wakil Ketua Umum IV KONI Riau, M Yunus (foto/int)KONI Riau Andalkan CSR untuk Dukung Atlet Menuju PON Aceh-Sumut
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved