www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Sukmawati Keluar dari Islam Tepat di Usianya yang ke-70
 
7 Tempat Wisata Anti Mainstream di Malaysia, Cocok untuk Penggemar Religi dan Budaya!
Jumat, 17 September 2021 - 09:54:02 WIB
Masjid Nasional Kuala Lumpur
Masjid Nasional Kuala Lumpur

SETIAP orang memiliki preferensi tempat wisata masing-masing, termasuk saat berlibur ke Malaysia. Ada yang memilih tempat wisata alam karena suka penjelajahan, ada juga yang suka tempat wisata yang berhubungan dengan religi dan juga budaya.

Apapun tempat wisata yang akan dipilih, Anda harus memperhatikan syarat masuk Malaysia 2021 terlebih dahulu. Syarat ini harus dipenuhi mengingat kondisi Malaysia yang sedang lockdown hingga saat ini. Nantinya, jika batas negara dibuka untuk umum, Anda bisa langsung terbang sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Khusus Anda yang suka tempat wisata religi, ada baiknya menyimak daftar rekomendasi yang akan tersaji di bawah ini. Tempat wisata yang tersaji memiliki keunikan tersendiri sehingga Anda bisa mendapatkan pengalaman baru saat melakukan traveling ke Malaysia.

1.  Gua Batu

Gua Batu atau Batu Caves merupakan salah satu tempat wisata yang menggabungkan elemen religi dan alam. Pemandangan di tempat wisata yang terletak 15 km dari Kuala lumpur ini sangat indah. Apalagi kondisinya masih terjaga dengan baik.

Hal ini terlihat dari suasana lokasi yang masih alami sehingga beberapa hewan primata seperti monyet bisa ditemukan dengan mudah. Selain itu, udara di Gua Batu juga cenderung lebih sejuk dan cocok untuk melakukan relaksasi.

Terdapat kuil agama Hindu yang dibangun dengan megah. Untuk bisa ke sana semua jemaah atau wisatawan bisa menaiki tangga yang berjumlah sekitar 272 anak tangga. Selain itu, terdapat juga patung Dewa Murugan setinggi 42 meter yang sangat magis dan sering sekali dijadikan tempat untuk berfoto.

2. Masjid Nasional Kuala Lumpur

Malaysia memiliki masjid terbesar di kawasan Kuala Lumpur dan menjadi ikon. Setiap orang yang datang ke Malaysia pasti berkunjung ke sini untuk sekadar melihat kemegahan bangunan atau singgah sejenak untuk beribadah sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat wisata lainnya.

Masjid ini pernah mengalami renovasi secara total pada tahun 1987. Jadi, tampilannya berbeda dengan beberapa puluh tahun yang lalu. Saat ini, desainnya lebih baru dan modern sehingga lebih ramah dengan wisatawan. Tidak mengherankan jika jumlah pengunjung di sini bisa jutaan orang setiap tahun.

Sejak direnovasi secara total, jumlah jemaah melakukan salat di sini sekitar 15.000 orang. Dengan jumlah yang cukup banyak, masjid ini sudah mengambil alih masjid Jamek sebelumnya menjadi tempat ibadah utama.

3. Kuil Kaca Arulmigu Sri Rajakaliamman

Dinamai kuil kaca karena tempat ibadah ini hampir seluruh bangunannya terbuat dari potongan kaca yang sangat mengilap dan bening. Setidaknya ada lebih dari 300.000 potongan kaca yang disusun sedemikian rupa untuk menyimpan berbagai ornamen ibadah agama Hindu.

Lokasi dari tempat ibadah ini berada di perbatasan antara Malaysia dan Singapura. Jadi, saat melakukan perjalanan ke sini bisa sekalian mampir ke tempat lain. Apalagi akses transportasinya cukup mudah dan akomodasi di sekitarnya juga banyak. Jadi,  bisa berlama-lama menghabiskan waktu di sini.

Kuil kaca gratis untuk warga lokal, sementara itu untuk turis dari mancanegara akan dikenakan biaya sekitar 10 Ringgit. Dengan biaya yang cukup murah ini, Anda bisa menikmati tempat ibadah sekaligus tempat wisata yang unik.

4. Masjid Selat Malaka

Sebagai ikon dari kota Malaka di Malaysia, masjid ini memiliki beberapa daya tarik. Salah satu daya tariknya yang paling besar adalah masjid ini berada di pinggiran pantai dan terapung. Jadi, ukurannya tidak akan terlalu besar tetapi masih bisa digunakan sebagai tempat ibadah.

Yang menarik lain dari masjid ini adalah ornamen yang ada. Saat malam hari akan terlihat sangat meriah dengan lampu warna-warni yang akan membuatnya tampak lebih sempurna. Jika datang ke sini, disarankan untuk menghindari akhir pekan atau hari libur agar tidak terlalu ramai.

Lebih lanjut, masjid ini juga cocok sekali digunakan untuk menghabiskan sore hari. Karena berada di pinggiran laut, saat senja muncul suasana yang sangat romantis akan tercipta. Matahari yang keemasan akan membuat suasana menjadi sempurna sehingga Anda wajib mengabadikannya dalam foto.

5. Christ Church Melaka

Gereja warna merah di Melaka yang ikonis ini dibangun pada abad 18 oleh Belanda. Saat ini, Christ Church Melaka digunakan sebagai tempat ibadah sekaligus tempat wisata. Setiap hari, gereja dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara di dunia termasuk Indonesia.

Ada yang datang ke sini untuk melakukan ibadah. Selain itu ada juga yang datang untuk menikmati arsitektur yang klasik dan tetap dipertahankan hingga sekarang. Untuk bisa masuk ke dalam gereja yang cukup bersejarah ini, wisatawan tidak akan dikenakan biaya sepeserpun alias gratis.

6. Kuil Chin Swee

Sebelum sampai ke Genting Highlands, Anda akan melewati Kuil Chin Swee. Kuil dibangun oleh seorang pengusaha yang ingin mendedikasikan tempat ibadah untuk pendeta Chin Swee yang mengajarkannya agama.

Kuil Chin Swee sangat megah dengan satu bangunan utama dan juga pagoda yang memiliki 9 tingkat. Semuanya digunakan sebagai tempat ibadah dan mengizinkan wisatawan yang tidak beribadah untuk masuk.

Malaysia adalah negara yang hampir sama dengan Indonesia untuk urusan keberagaman budaya dan agama. Tidak mengherankan jika banyak sekali tempat wisata atau landmark yang berhubungan dengan agama tertentu. Selain itu, banyak juga peninggalan yang berhubungan dengan kerajaan.

Daftar di atas sangat direkomendasikan untuk Anda yang suka dengan petualangan yang anti mainstream. Jadi, akan semakin banyak tempat wisata di Malaysia yang bisa dikunjungi dan tidak akan pernah membuat Anda bosan saat melakukan penjelajahan. *


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Sukmawati SoekarnoputriSukmawati Keluar dari Islam Tepat di Usianya yang ke-70
Wakil Presiden Maruf AminMa'ruf Amin: Kemiskinan Tidak Selesai Hanya dengan Bansos
IlustrasiDisdik Pekanbaru Minta Sekolah Hanya Berlakukan PTM Satu Sesi
  Penyampaian materi pelatihan Anugerah Jurnalistik Adinegoro yang digelar PWI Riau. PWI dan SKK Migas Sosialisasi LKTJ Migas dan Anugerah Jurnalistik Adinegoro
Sukmawati SoekarnoputriAnak dan Keluarga Setuju Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama Hinda
Barang bukti yang diamankan polisi. Polisi Ungkap Penimbunan BBM Jenis Solar di Rohul, 3 Orang Diamankan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Penyambungan Pipa Proyek IPAL di Simpang Jl Teratai-Jl Ahmad Dahlan
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved