www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Renovasi Pelabuhan Tanjung Harapan Diterpa Isu Miring, Ketua PP Kepulauan Meranti Ajak Dukung Pembangunan
 
Puluhan Ribu Wisatawan Meriahkan Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
Sabtu, 22 Juni 2024 - 20:44:55 WIB

BAGANSIAPIAPI - Festival Bakar Tongkang kembali digelar dengan sukses di Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rohil, Riau, Sabtu (22/6/2024), yang berhasil menarik perhatian 50 ribu wisatawan memadati kota tersebut.

Ritual Bakar Tongkang dimulai dari Klenteng Ing Hok Kiong, klenteng tertua di Kota Bagansiapiapi.

Dari sini, peserta bergotong royong mengangkat replika Kapal Tongkang secara bergantian, diiringi ornamen Tionghoa yang menghiasi kota, menjadikannya seperti sebuah China Town yang meriah.

Aroma asap dari bakaran hio atau dupa tercium tajam, tetapi tidak menyurutkan niat wisatawan untuk menyaksikan tradisi ini.

Replika Kapal Tongkang diarak dan tiba di lokasi pembakaran pada pukul 16.55 WIB. Kemudian, replika kapal dinaikkan ke atas tumpukan kertas sembahyang warna kuning (Kim ChuaChua) dan dibakar.

Momen yang dinantikan tiba saat tiang layar kapal yang terbakar jatuh ke arah darat. Menurut kepercayaan warga Tionghoa Bagansiapiapi, arah jatuhnya tiang menunjukkan keselamatan dan peruntungan usaha.

Tahun ini, jatuhnya tiang ke arah darat menandakan peruntungan berada di darat.

Kadispar Riau, Roni Rakhmat menyatakan, Bakar Tongkang kini bukan hanya milik masyarakat Tionghoa di Bagansiapiapi, tetapi juga simbol dan pesta budaya yang telah menjadi agenda wisata nasional dari Kemenparekraf RI.

"Dengan adanya prosesi Bakar Tongkang ini, diharapkan dapat menghidupkan sendi-sendi perekonomian rakyat, menggerakkan sektor pariwisata, dan meningkatkan pendapatan asli daerah," ujar Roni dilansir mcr.

"Ini juga mengangkat wisata budaya potensial Provinsi Riau dalam mensukseskan program Pemerintah di sektor Pariwisata Nasional," sambungnya.

Menurut data Pemkab Rohil, sebanyak 50 ribu wisatawan datang untuk menyaksikan Bakar Tongkang, dengan okupansi kamar hotel mencapai 1.800 kamar penuh.

Hal ini juga berdampak positif pada hotel dan penginapan di kabupaten/kota tetangga yang mengalami peningkatan okupansi.

Pemerintah Provinsi Riau berharap masyarakat Rohil dapat menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada, termasuk melalui iven Bakar Tongkang.

"Mari kita jadikan iven Bakar Tongkang ini sebagai salah satu cara memelihara toleransi dan kerukunan masyarakat di Kabupaten Rokan Hilir khususnya dan Provinsi Riau umumnya," tambah Roni.

Bakar Tongkang merupakan tradisi yang mengandung makna sejarah penting bagi Kota Bagansiapiapi, terutama dalam perjalanan awal para imigran Tionghoa yang tiba di Muara Rokan.

Tradisi ini berkaitan dengan kisah pengarungan samudra menggunakan kapal kayu sederhana yang dikenal dengan sebutan tongkang oleh sekelompok keluarga Tionghoa dari Provinsi Fujian, Tiongkok.(*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Proses renovasi pelabuhan Tanjung Harapan, SelatpanjangRenovasi Pelabuhan Tanjung Harapan Diterpa Isu Miring, Ketua PP Kepulauan Meranti Ajak Dukung Pembangunan
Pameran Modena di Central Panam Elektronik di Jalan HR Soebrantas, Pekanbaru (foto/ist)Modena Gelar Pameran di Pekanbaru untuk Penuhi Kebutuhan Rumah Tangga
Direktur Lalu Lintas Polda Riau Kombes Taufiq Lukman Nurhidayat sosialisasi Ops Patuh LK 2024 (foto/int)Ops Patuh Lancang Kuning: 11 Polisi di Riau Terjaring Razia, Dua Ditilang
  Pj Sekda Riau, Indra launching SEHAT RSPB di RSUD Petala Bumi (foto/int)Pj Sekda Riau Apresiasi RSUD Petala Bumi Terapkan Layanan Aduan Digital
Kasatpol PP Pekanbaru, Zulfahmi Adrian.(foto: int)Narkoba Marak di Tempat Hiburan Malam, Satpol PP Pekanbaru Ingatkan Pelaku Usaha Perketat Pengawasan
Kehadiran rombongan wartawan PWI se-Riau disambut hangat Bupati Kuansing Dr Suhardiman Amby (foto/ist)Bupati Kuansing Sambut Hangat dan Jamu Makan Malam Rombongan PWI se-Riau
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved