www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Renovasi Pelabuhan Tanjung Harapan Diterpa Isu Miring, Ketua PP Kepulauan Meranti Ajak Dukung Pembangunan
 
KEN 2024: Festival Bakar Tongkang Siap Menyala di Riau, Ini Agendanya
Sabtu, 15 Juni 2024 - 12:53:13 WIB

BAGANSIAPIAPI - Festival Bakar Tongkang, salah satu agenda wisata yang termasuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), akan kembali digelar. Acara ini akan berlangsung di Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau pada 20-22 Juni 2024.

Festival Bakar Tongkang bukan hanya sekadar ritual bakar kapal, tetapi juga akan dimeriahkan dengan berbagai acara menarik lainnya. Rangkaian acara yang disiapkan diharapkan dapat menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat, mengungkapkan harapannya agar Festival Bakar Tongkang mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Riau.

"Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, diharapkan akan ada lonjakan signifikan dalam perekonomian masyarakat setempat," ujarnya dalam sebuah keterangan pers pada Sabtu (15/6).

Roni juga mengungkapkan data kunjungan wisatawan dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2019, Festival Bakar Tongkang berhasil menarik 74.800 wisatawan, yang terdiri dari 32.850 wisatawan mancanegara dan 41.950 wisatawan domestik.

Jumlah ini meningkat pesat dari 47.938 wisatawan pada tahun 2016. Meskipun pandemi Covid-19 sempat menghentikan festival ini, pada tahun 2023 jumlah wisatawan kembali melonjak menjadi 92.450 orang.

Pemerintah Provinsi Riau menunjukkan komitmen kuat dalam pengembangan sektor pariwisata. Berbagai event dan pelatihan bagi pelaku industri pariwisata telah dilakukan oleh Dinas Pariwisata Riau.

"Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto, memiliki visi untuk mengenalkan sektor pariwisata Riau di level nasional dan internasional serta mendorong dampak positifnya terhadap perekonomian masyarakat," tambah Roni dikutip dari MC.riau.go.id.

Dengan kembalinya Festival Bakar Tongkang pada tahun 2024, diharapkan Riau akan semakin dikenal sebagai destinasi wisata yang menarik dan mampu memberikan pengalaman unik bagi para pengunjung. Masyarakat setempat juga diharapkan dapat merasakan dampak positif dari peningkatan kunjungan wisatawan ini. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Proses renovasi pelabuhan Tanjung Harapan, SelatpanjangRenovasi Pelabuhan Tanjung Harapan Diterpa Isu Miring, Ketua PP Kepulauan Meranti Ajak Dukung Pembangunan
Pameran Modena di Central Panam Elektronik di Jalan HR Soebrantas, Pekanbaru (foto/ist)Modena Gelar Pameran di Pekanbaru untuk Penuhi Kebutuhan Rumah Tangga
Direktur Lalu Lintas Polda Riau Kombes Taufiq Lukman Nurhidayat sosialisasi Ops Patuh LK 2024 (foto/int)Ops Patuh Lancang Kuning: 11 Polisi di Riau Terjaring Razia, Dua Ditilang
  Pj Sekda Riau, Indra launching SEHAT RSPB di RSUD Petala Bumi (foto/int)Pj Sekda Riau Apresiasi RSUD Petala Bumi Terapkan Layanan Aduan Digital
Kasatpol PP Pekanbaru, Zulfahmi Adrian.(foto: int)Narkoba Marak di Tempat Hiburan Malam, Satpol PP Pekanbaru Ingatkan Pelaku Usaha Perketat Pengawasan
Kehadiran rombongan wartawan PWI se-Riau disambut hangat Bupati Kuansing Dr Suhardiman Amby (foto/ist)Bupati Kuansing Sambut Hangat dan Jamu Makan Malam Rombongan PWI se-Riau
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved