www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Pelebaran Jalan SSK, Pagar Mesjid Annur dan Tiang Listrik di Median Sudah Dibongkar
 
Pelepasan 219 Tukik Penyu Sisik: Upaya Nirwana Gardens Konservasi yang Berkelanjutan
Senin, 27 Mei 2024 - 12:57:31 WIB
Penangkaran Penyu Nirwana Gardens melepaskan 219 ekor tukik Penyu Sisik ke laut (foto/ist)
Penangkaran Penyu Nirwana Gardens melepaskan 219 ekor tukik Penyu Sisik ke laut (foto/ist)

Baca juga:

Dua Sarang Telur Penyu Sisik Ditemukan di Nirwana Gardens

BINTAN - Penangkaran Penyu Nirwana Gardens melaksanakan kegiatan pelepasan 219 ekor tukik Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata) ke laut pada 24-25 Mei lalu. Acara ini melibatkan staf penangkaran serta para tamu yang turut berpartisipasi dalam upaya pelestarian salah satu spesies penyu yang paling terancam punah di dunia.

Penemuan sarang telur ketiga pada 2 Mei 2024 menjadi momen penting dalam program konservasi Nirwana Gardens, Bintan, Kepulauan Riau. Tukik-tukik dari sarang tersebut diperkirakan akan menetas antara 29 Juni hingga 4 Juli 2024.

Penyu Sisik memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan terumbu karang, dengan memakan spons yang dapat mengontrol populasi spons dan mencegah kerusakan terumbu karang akibat pertumbuhan berlebih.

Namun, penyu sisik menghadapi berbagai ancaman, termasuk hilangnya habitat, pencemaran, dan perburuan liar. Dengan populasi betina yang bersarang semakin sedikit, setiap telur baru sangat penting bagi kelangsungan hidup spesies ini. Maka itu, Nirwana Gardens tidak hanya fokus pada penangkaran, tetapi juga pada penciptaan lingkungan aman bagi tukik-tukik yang baru menetas.

Sebagai bagian dari upaya konservasi, Nirwana Gardens rutin mengadakan aktivitas pembersihan pantai. Pada tanggal 2 Mei 2024, staf sukarelawan berhasil mengumpulkan 240 kg sampah dari wilayah pesisir dan pedalaman sekitar pantai Banyu Biru Villa. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan pantai dan menyediakan habitat yang lebih baik bagi penyu-penyu tersebut.

Staf Nirwana Gardens bekerja tanpa lelah untuk melindungi Penyu Sisik yang masuk dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah (IUCN). Mereka juga berupaya mendidik pengunjung dan masyarakat lokal tentang pentingnya konservasi spesies ini, agar generasi mendatang tetap dapat menyaksikan keindahan dan keberagaman ekosistem laut kita.

Dengan komitmen dan dedikasi yang tinggi, Nirwana Gardens berharap dapat memberikan kontribusi signifikan dalam upaya pelestarian Penyu Sisik serta menjaga keseimbangan ekosistem laut di masa depan. (Rls)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pelebaran Jalan Sultan Syarif Kasim Pekanbaru.Pelebaran Jalan SSK, Pagar Mesjid Annur dan Tiang Listrik di Median Sudah Dibongkar
ilustrasi.PDI Perjuangan Belum Bocorkan Sosok Didukung di Pilgub Riau, Apakah SF Hariyanto-Wahid ?
Program TMC di Riau.(foto: mcr)Tahap Kedua TMC di Riau, Sudah 6.400 Kg Garam Disemai
  Syamsuar, Edy Natar dan Muhammad Nasir.Deretan Calon Gubernur Riau Sudah Temukan Duetnya di Pilkada 2024
Kapolda ajak Bupati Sintong dan Wabup Sulaiman salam damai.Sempat Nyaris Adu Jotos, Bupati-Wabup Rohil Didamaikan Kapolda Riau
Bakar tongkang di Bagansiapiapi, Rohil.(foto: mcr)Puluhan Ribu Wisatawan Meriahkan Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved