www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
2 Tersangka Korupsi Dana Hibah APBD Dumai 2013 Diserahkan ke Kejari
 
Didominasi Turis Malaysia, Kunjungan Wisatawan Asing di Riau Turun 20,7 Persen
Minggu, 12 November 2023 - 13:50:46 WIB

PEKANBARU - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data terbaru yang menunjukkan penurunan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang mengunjungi Provinsi Riau. Penurunan terjadi pada September 2023.

Seperti yang disampaikan Kepala BPS Riau, Asep Riyadi dalam keterangan resminya. Ia menyebutkan bahwa terdapat 3.472 kunjungan wisman pada September mengalami penurunan sebesar 20,71 persen dari bulan sebelumnya yang mencapai 4.379 kunjungan.

Dikutip dari Antarariau.com, Asep menyoroti bahwa wisman yang datang ke Riau didominasi oleh kunjungan dari Malaysia, dengan sebanyak 766 kunjungan atau 22,06 persen dari total wisman. Mayoritas wisman tersebut memasuki provinsi melalui Pelabuhan Dumai.

Sementara itu, wisman yang masuk melalui Pelabuhan Bengkalis mencapai 393 kunjungan (11,32 persen) dan melalui Pelabuhan Tanjung Harapan di Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 147 kunjungan (4,23 persen).

Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru juga menjadi pintu masuk utama, menyumbang 2.166 kunjungan wisman atau 62,38 persen dari total kunjungan.

Meski pemerintah telah menyatakan Indonesia aman untuk dikunjungi setelah berakhirnya pandemi COVID-19, data menunjukkan penurunan kunjungan wisman selama bulan September 2023.

Asep menjelaskan bahwa data ini mencakup berbagai aspek pariwisata, termasuk Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Berbintang, Rata-rata Lama Menginap Tamu Asing, dan Tamu Domestik di Hotel Berbintang.

Dia menambahkan bahwa jumlah wisman diperoleh dari pintu imigrasi di Bandara Sultan Syarif Kasim II dan tiga pelabuhan laut di Provinsi Riau, yaitu Pelabuhan Laut Dumai, Pelabuhan Laut Bengkalis, dan Pelabuhan Laut Meranti. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ekspos penyerahan dua tersangka kasus korupsi dana hibah di Kejari Dumai.(foto: bambang/halloriau.com)2 Tersangka Korupsi Dana Hibah APBD Dumai 2013 Diserahkan ke Kejari
Hj Yusmanidar, Kadisdikbud Dumai (foto/bambang)Gangguan Layanan Pusat Data Nasional, Disdik Dumai Buka PPDB Offline, Ini Jadwalnya
Rektor UIR, Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL wisuda 1.225 orang pada periode II (foto/ist)UIR Kukuhkan 1.225 Wisudawan, Rektor: Terus Tingkatkan Mutu Terbaik
  BEM Unri demo di Kantor DPRD Pekanbaru (foto/Mimi)BEM Unri Demo: Desak Pemko Selesaikan Masalah Sampah dan Parkir
Ilustrasi hotspot di Riau muncul kembali (foto/int)Hotspot Menyala di Riau, BMKG: 2 Titik di Bengkalis
Pelaksanaan PPDB daring 2024, sekolah menyiapkan layanan khusus (foto/int)Selama PPDB Online, SMA Negeri di Riau Beri Layanan Bantuan Khusus
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved