www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
ARA Berkomitmen Perkuat Peranan dalam Pendidikan di Riau
 
Rumah Kapitan Oei Hi Tam Peninggalan Penjajah Belanda di Rohil
Jumat, 03 Februari 2023 - 12:15:01 WIB
Rumah Kapitan Oei Hi Tam jadi destinasi wisata di Rohil (foto/int)
Rumah Kapitan Oei Hi Tam jadi destinasi wisata di Rohil (foto/int)

Baca juga:

BAGANSIAPIAPI - Ada banyak destinasi wisata sejarah di Provinsi Riau. Seperti Kota Bagansiapiapi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang kental dengan budaya dan sejarah keturunan Tionghoa di Riau.

Apalagi Kota Bagansiapiapi masih terdapat bangunan-bangunan lama. Seperti bangunan tua yakni Rumah Kapitan Oei Hi Tam.

Dirangkum dari berbagai sumber, rumah tua ini berlokasi di Jalan Gang Merdeka ada  nomor 40b, pas di belakang Hotel Lion. Atas sekitar 25 meter dari belakang kelenteng Ing Hok Kiong.

Rumah Kapitan berbentuk paduan melayu dan Tionghoa. Uniknya dinding dan lantai rumah semua terbuat dari kayu. Konon kayu tersebut masih sama seperti awal berdiri sekitar Tahun 1900 atau lebih dari satu abad.

Pekarangan rumah juga bersih terawat. Tidak terlihat rumput tinggi seperti di kebanyakan rumah tua. Hanya saja bagian pondasi beton rumah panggung itu ada bagian yang retak.

Pada masanya Rumah Kapitan termasuk bangunan paling megah. Namun kini keberadaannya memudar di tengah ruko-ruko yang mengelilinginya. Apalagi banyak gedung yang menjadi tempat budidaya sarang burung walet.

Sebenarnya rumah ini selalu dijaga oleh keturunan Kapitan Oei Hi Tam. Meski begitu, pengunjung boleh masuk dan lihat rumah kapitan jika keturunannya berada di tempat.

Sebagai informasi Kapitan Tionghoa atau Opsir bukan orang sembarangan. Oei Hi Tam ditunjuk oleh Pejabat Hindia Belanda sebagai pemimpin atau tokoh di Residen Bengkalis Riau yang mencakup Bagansiapiapi.

Biasanya seorang kapitan diangkat dari kekayaannya, serta pengaruh sosial juga politik di wilayah bagian Hindia Belanda. Bersyukur bangunan ini tidak dirobohkan mengikuti perkembangan zaman. Semoga Rumah Kapitan selalu teterjagaterjaga dan dilestarikan.

Editor: Riki



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
ARA menggelar halalbihalal di Kebun Pribadi salah satu anggota ARA yaitu Prof Dr H Syafrinaldi (foto/ist)ARA Berkomitmen Perkuat Peranan dalam Pendidikan di Riau
Timnas Indonesia U-23 bersiap hadapi Yordania dalam pertarungan penentu nasib di Piala Asia U-23 2024 (foto/detik)Menegangkan, Timnas Indonesia Hadapi Yordania dalam Laga Penentu Nasib di Piala Asia U-23 2024
Ilustrasi banjir di Pekanbaru dampak hujan lebat seharian (foto/int)Prakiraan Cuaca Hari Ini, Riau Hujan Lebat Sore-Malam, Waspadai Angin Kencang
  Perayaan HUT Hotel New Hollywood ke-13 beralngsung meriah (foto/ist)Manajemen dan Karyawan Rayakan HUT Hotel New Hollywood ke-13
Pembersihan drainase di Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru dengan mini excavator (foto/IG PUPRpku)Pemko Pekanbaru Keruk Drainase Pakai Excavator, Netizen: Kok Baru Sekarang?
Ilustrasi hotspot di Riau masih nihil (foto/int)Hotspot Pulau Sumatera Membara Lagi, BMKG: Riau Tetap Nihil
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved