www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Satu Per Satu Tokoh Mulai "Cek Ombak", Kini Bupati Kuansing Turut Nyatakan Siap Maju Pilgubri
 
BPS: 5.280 Turis Asing Berkunjung ke Riau Selama Desember 2022
Jumat, 03 Februari 2023 - 09:57:56 WIB

PEKANBARU - Jumlah wisatawan mancanegara berkunjung ke Provinsi Riau meningkat. Desember 2022 tercatat sebanyak 5.280 kunjungan atau naik 123,44 persen dari November 2022.

Itu disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Riau, Misfaruddin mengatakan, jumlah wisman dampak dari dibukanya Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II.

"Kunjungan wisman ke Riau naik karena Pemerintah juga mulai membuka pintu masuk Bandara SSK II sejak 5 Juli 2022," sebut Kepala BPS Riau, Misfaruddin, Kamis (3/2/2023) dikutip dari Antarariau.com.

Ia menyebut, pintu masuk Bandara SSK II dibuka sejak 5 Juli 2022. Begitu pula pemerintah RI melalui Kementerian Hukum dan HAM kembali membuka Pelabuhan Internasional Dumai-Malaka. Itu dibuka setelah dua tahun terakhir ditutup akibat pandemi Covid-19.

Sementara jika dilihat jumlah wisatawan mancanegara menurut pintu masuk kata Misfaruddin menyebutkan, jumlah wisatawan mancanegara yang masuk melalui pelabuhan Dumai tercatat sebanyak 2.617 kunjungan atau 49,56 persen dari seluruh jumlah wisman.

"Wisman yang masuk melalui Pelabuhan Bengkalis ada sebanyak 686 kunjungan atau 12,99 persen, sedangkan jumlah wisman yang tercatat masuk dari Bandara SSK II sebanyak 1.977 kunjungan wisman atau 37,44 persen dari seluruh jumlah wisman," katanya.

Pola kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Riau, katanya, pada Januari-Maret 2020, jumlah wisman yang masuk ke Provinsi Riau masih tinggi.

Kemudian berkurang drastis saat pandemi COVID-19 mulai terjadi yaitu pada bulan April 2020, tidak ada wisman yang berkunjung ke Riau melalui pintu masuk Bandara SSK II.

Berlanjut selama tahun 2021 hingga Juni 2022, tidak ada wisman yang tercatat datang ke Provinsi Riau melalui Bandara SSK II.

Setelah hampir 2 tahun lebih penerbangan internasional di Bandara SSK II ditutup akibat pandemi COVID-19, akhirnya Pemerintah Riau mulai membuka kembali penerbangan internasional sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 34 tahun 2022 yang dikeluarkan pada tanggal 4 Juli 2022.

"Selama bulan Desember 2022, tercatat 1.977 kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Provinsi Riau melalui Bandara SSK II atau naik 107,02 persen dibandingkan bulan November 2022 yang terdapat 955 kunjungan," demikian Misfaruddin. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Flyer Suhardiman Amby yang beredar di media sosial (foto:ist)Satu Per Satu Tokoh Mulai "Cek Ombak", Kini Bupati Kuansing Turut Nyatakan Siap Maju Pilgubri
Polresta Tanjungpinang ciduk ART, pencuri perhiasan hingga uang Rp100 juta milik majikan (foto/int)Terekam CCTV, ART di Kepri Curi Emas dan Uang Majikan Senilai Rp100 Juta
Pelepasan kafilah MTQ Kabupaten Pelalawan menuju Dumai di rumah Dinas Bupati (foto/Andi)Lepas Kafilah MTQ Tingkat Riau ke Dumai, Ini Pesan Bupati Pelalawan
  Pj Wako Pekanbaru Muflihun bersama Kakan Kemenag Pekanbaru Syahrul Maulud melepas kafilah dan official ke MTQ ke-42 Tingkat Provinsi Riau di Kota Dumai (foto/int)Pj Wako Pekanbaru Lepas 71 Kafilah, Hadiah Umrah Disiapkan untuk Juara di MTQ ke-42
Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru membludak selama arus mudik dan balik Lebaran (foto/Yuni)Posko Angkutan Lebaran Ditutup, Bandara SSK II Pekanbaru Layani 168.802 Penumpang
Rayakan momen pasca-Lebaran Idulfitri 1445 H, dengan halalbihalal package di The Premiere Hotel (foto/Yuni)Nikmati Promo di The Premiere Hotel, Mulai dari Menginap Hingga Halalbihalal Package
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved