www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Mantan Mahasiswa yang Curi AC di UIN Suska Berhasil Ditangkap, Ternyata Sudah 5 Kali Beraksi
 
Capacity Building Wartawan Riau 2022 Bersama BI
Zapin Api dan Syahdunya Pasir Berbisik Beting Aceh Rayu Pelancong Jamah Pulau Rupat
Sabtu, 30 Juli 2022 - 13:23:22 WIB
Puluhan awak media dalam kegiatan Capacity Building Wartawan Riau 2022 bersama BI Perwakilan Riau di Pulau Rupat, Bengkalis. (foto: istimewa)
Puluhan awak media dalam kegiatan Capacity Building Wartawan Riau 2022 bersama BI Perwakilan Riau di Pulau Rupat, Bengkalis. (foto: istimewa)

BENGKALIS - Dalam rangka meng-eksplore dan memajukan pariwisata di Provinsi Riau, Bank Indonesia (BI) menggelar Capacity Building Wartawan di Riau tahun 2022 yang berlangsung mulai tanggal 27-29 Juli 2022 di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari itu diikuti 21 wartawan mitra BI Perwakilan Riau, bertujuan mengenalkan dan meng-eksplore beragam potensi pariwisata yang ada di Pulau Rupat, salah satunya Pulau Benting Aceh.

Untuk menuju Pulau Rupat harus menempuh jarak sekitar kurang lebih 7 jam perjalanan. Dari Kota Pekanbaru, rombongan wartawan menggunakan bus berangkat pukul 07.00 WIB dan tiba di Pelabuhan RoRo, Kota Dumai sekitar pukul 12.30 WIB via Tol Pekanbaru Dumai (Permai).

Sekitar 30 menit berlayar dengan kapal RoRo, tiba di Pelabuhan Rupat rombongan langsung disambut pemandangan hutan mangrove. Namun, sayangnya infrastruktur seperti akses jalan di salah satu pulau terluar di Kabupaten Bengkalis ini masih belum terlalu memadai.

Dari pantauan Halloriau.com, dari Pelabuhan Rupat menunju penginapan Vila Anting Putri di Tanjung Punak, kita disuguhi dengan akses jalan yang masih dalam proses pengerasan sekitar 1-3 kilometer, setelahnya baru bertemu jalan beton.

Kontur tanah gambut di Pulau Rupat membuat jalan dengan konstruksi beton lebih baik ketimbang pengaspalan. Jalan-jalan poros maupun jalan utama di Pulau Rupat memang tidak terlalu lebar. Sepanjang jalan di Pulau Rupat akan melihat banyak kebun sawit dan karet yang menjadi pencaharian utama warga Pulau Rupat.

Dari Pelabuhan Rupat dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk sampai di Vila Anting Putri, Tanjung Punak, Rupat Utara yang lokasinya berada tepat di bibir pantai. Kita akan langsung disajikan dengan pemandangan laut lepas dan hamparan pasir pantai berwarna cokelat.

Pada malam pertama kegiatan Capacity Building Wartawan BI Riau, rombongan wartawan bersama Kepala BI Perwakilan Riau Muhammad Nur dan jajaran BI Perwakilan Riau disambut dengan atraksi Zapin Api Khas Rupat Utara yang disajikan Sanggar Petak Semai.