Traveling
BREAKING NEWS :
Pansus DPRD Bengkalis Inventarisir Masalah Bantuan Covid-19​
 
Tujuh Fakta di Balik Penurunan Harga Tiket Pesawat
Senin, 24 Juni 2019 - 08:13:27 WIB
Pesawat.
Pesawat.

JAKARTA - Pemerintah akan segera menurunkan tarif tiket pesawat khusus penerbangan murah atau Low Cost Carrier (LCC) domestik untuk merespons masih mahalnya harga tiket transportasi udara tersebut. Penurunan tiket pesawat LCC domestik nantinya hanya khusus jadwal penerbangan tertentu.

Keputusan tersebut diambil usai dilakukan rapat koordinasi tentang tiket pesawat pada siang hari ini. Dalam rapat tersebut, dihadiri Menteri Koordiantor bidang Perekonomian Darmin Nasution, lalu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dilansir dari Okezone, berikut fakta-fakta menarik terkait menurunkan tarif tiket pesawat khusus penerbangan murah atau Low Cost Carierr (LCC) domestik, Senin (24/6/2019).

1. Turunkan Harga Tiket Pesawat, Maskapai Bakal Raih Insentif dari Pemerintah

Pemerintah segera menurunkan tiket pesawat khusus penerbangan low cost carrier (LCC) domestik untuk rute tertentu. Sebagai gantinya, pemerintah akan menyiapkan insentif fiskal bagi para maskapai yang menurunkan harga tersebut.

Pemberian insentif bertujuan untuk menekan biaya operasional dari pihak maskapai. Pasalnya, biaya operasional yang tinggi membuat maskapai enggan menurunkan tarif lagi.

Menteri Koordiantor bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, saat ini persiapan insentif sedang dalam tahap finalisasi. Diharapkan dalam waktu dekat bisa segera keluar.

2. Maskapai Akan Sediakan Penerbangan Murah di Jam Sepi

Pemerintah menyatakan penurunan tarif tiket pesawat khusus untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC) akan menunggu usulan dari pihak maskapai. Pekan depan pihak maskapai akan memberikan usulan jadwal penerbangan yang tarifnya diturunkan.

"Kita minta maskapai untuk buat satu penerbangan murah di jam-jam tertentu, nanti minggu depan diajukan kepada Pak Menko (Darmin Nasution)," ujar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono di kantornya.

3. Tiket Pesawat Turun Pekan Depan, Bagaimana Dukungan Pengelola Bandara?

Pemerintah akan menurunkan tarif tiket pesawat khusus penerbangan berbiaya murah pada jam-jam tertentu. Penurunan tiket ini akan dilakukan paling lambat pada pekan depan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, turunnya tiket pesawat pada jam-jam sibuk nantinya akan didukung oleh sejumlah stekholder penerbangann lainnya. Misalnya untuk otoritas Bandara, baik Angkasa Pura I maupun II akan memberikan insentif untuk landing fee.

“Dukungan stekholder AP I dan II ada misalnya landing fee,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordiantor bidang Perekonomian, Jakarta.

4. Tekan Harga Tiket Pesawat, Operator Bandara Siap Turunkan Biaya Jasa

Pemerintah berupaya mendorong penurunan harga tiket pesawat yang tinggi sejak awal tahun 2019. Hal itu dilakukan dengan perubahan tarif batas bawah maupun atas, hingga meminta maskapai menyediakan jadwal penerbangan khusus bertarif murah.

Pihak dari PT Pertamina sebagai penyedia avtur yang merupakan bahan bakar pesawat, juga diminta untuk bisa menekan biaya avtur. Upaya melalui sisi operator bandara juga dilakukan, dengan meminta menekan biaya jasa.

"Seluruh pihak tadi komitmen untuk sama-sama menurunkan biaya. Ini sharing pain (berbagi beban), bersama-sama sehingga tidak kemudian satu pihak saja (maskapai) yang pikul ini, karena sudah tidak bisa," kata Menko Perekonomian Darmin Nasution di kantornya, Jakarta.

5. Penantian Panjang, Akhirnya Harga Tiket Pesawat Turun

Setelah mengevaluasi secara berkala penurunan Tarif Batas Atas (TBA) harga tiket pesawat yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 106 Tahun 2019 dan berlaku efektif sejak 18 Mei 2019, pemerintah memutuskan untuk menurunkan harga tiket penerbangan Low Cost Carrier (LCC) domestik untuk jadwal penerbangan tertentu.

“Pemerintah bersama seluruh pihak terkait tengah memfinalisasi kebijakan untuk memberlakukan penurunan harga tiket penerbangan Low Cost Carrier (LCC) domestik untuk jadwal penerbangan tertentu. Kebijakan ini akan berlaku efektif dalam satu minggu ke depan,” kata Menko Perekonomian Darmin Nasution seperti dilansir setkab, Jakarta.

6. Harga Tiket Pesawat Turun, Menhub: Mari Kita Tunggu

Para stakeholder terkait memberikan dukungannya dan kesiapannya untuk bekerjasama dalam upaya menurunkan harga tiket pesawat.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan, dalam satu minggu ini para airlines akan mengumumkan tarif baru tiket pesawat yang sudah disepakati turun untuk penerbangan LCC (low cost carier) atau tarif murah domestik.

“Ini satu hal yang baik, marilah kita tunggu dalam satu minggu ini para airlines akan mengumumkan dengan dasar arahan-arahan Bapak Menko Perekonomian,” kata Menhub seperti dilansir setkab.

7. Menteri Rini Minta Garuda Hitung-hitungan Penurunan Harga Tiket Pesawat

Pemerintah akan segera menurunkan tarif tiket pesawat khusus penerbangan murah atau Low Cost Carierr (LCC) domestik untuk merespons masih mahalnya harga tiket transportasi udara tersebut.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno mengatakan bahwa dirinya belum dengar dengan adanya hal tersebut. Bahkan pihaknya, belum mendapatkan laporannya.

"Terus terang hari ini akan kita bicarakan, saya belum dapat laporannya. Tapi saya tekankan bahwa tolong dihitung lah, kita transparan kok, dihitung cost kita seperti apa, nah cost structure ini apalagi kita sebagai flight carrier paling utama kita harus menjaga keamanan dan keselamatan dari pesawat, dari penerbangan. Dan kenyamanan untuk servis kepada pelanggan, ini semua harus kita jaga," ujar Rini di Kementerian BUMN Jakarta. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Pesawat.Tujuh Fakta di Balik Penurunan Harga Tiket Pesawat
Tiket pesawat masih mahal.Tiket Pesawat Bandung-Medan Capai Rp 21 Juta! Bagus Lewat Malaysia Saja
Garuda Indonesia.Sambut HUT Kementerian BUMN, Garuda Indonesia Beri Diskon Tiket hingga 50 Persen
  Ilustrasi pesawat Garuda IndonesiaSelamat! Garuda 10 Besar Kelas Bisnis Pesawat Terbaik 2019
Lion Air.Lion Air Group Turunkan Harga Jual Tiket Pesawat di Seluruh Jaringan
Ilustrasi: Garuda IndonesiaHUT ke-70, Garuda Diskon Tiket hingga 70 Persen

 
Berita Lainnya :
  • Begini Bentuk Kursi Pesawat Anti-Corona, Diklaim Aman Buat Penumpang
  • Belum Lapor ke Dispar, Sejumlah Obyek Wisata di Riau Kembali Beroperasi
  • Lagi, Citilink Indonesia Stop Sementara Penerbangan
  • Belum PHK, Lion Air Akui Potong Gaji dan THR Karyawan
  • Destinasi Wisata Paling Diimpikan dan Dinanti oleh Seluruh Negeri
  • Airy Room Pamit dari Indonesia Mulai 31 Mei 2020
  • Terus Berkontribusi di Tengah Pandemi, tiket.com Kembali Buka Penggalangan Dana Tahap Ketiga
  • Citilink Kembali Layani Penerbangan Domestik Mulai 8 Mei 2020
  • Hal-hal Tabu di Indonesia yang Ternyata Dianggap Biasa Saja di Finlandia
  • Semprot Pantai Cegah Corona, Pemerintah Spanyol Dapat Kecaman Warga
  • Bali Dinobatkan Sebagai Pulau Paling Populer se-Dunia di Instagram
  • Gara-gara #dirumahaja, Sungai Melaka di Malaysia Kembali Jernih
  • Duh, 1.542 Hotel di Indonesia Tutup karena Corona
  • Tingkat Hunian Terus Turun Akibat Corona, 6 Hotel di Pekanbaru Tutup
  • Gara-gara Corona, Tingkat Hunian Hotel di Riau Cuma 15 Persen
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved