Otomotif
BREAKING NEWS :
Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Tim Gabungan Patroli di Taman Mahratu Siak
 


Bocoran Avanza Baru: Akan Diperkenalkan Oktober 2021
Jumat, 24 September 2021 - 10:58:18 WIB
Bentuk desain Avanza terbaru yang kerap muncul.
Bentuk desain Avanza terbaru yang kerap muncul.

JAKARTA - Sinyal kehadiran Toyota Avanza generasi terbaru muncul dari dokumen Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 40 Tahun 2021. Menurut salah seorang wiraniaga dealer Toyota, Avanza baru akan diperkenalkan bulan depan, dengan kenaikan harga cukup signifikan.

Duo mobil sejuta umat, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tampaknya akan segera muncul model terbarunya. Sinyal itu hadir dari kemunculan kode NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) mobil baru merek Toyota dan Daihatsu.

Seperti tertuang di dokumen Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 40 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021, ada beberapa kode yang diduga kode baru dari Avanza dan Xenia.

Dalam lampiran tersebut, Daihatsu mendaftarkan kode W100RG untuk tipe mesin 1.300 cc, dan W101RG untuk kapasitas 1.500 cc. Pun demikian dengan Toyota, ada kode baru W100RE (mesin 1.300 cc), dan W101RE (mesin 1.500 cc).

Kedua kode produk baru tersebut tersedia opsi transmisi manual dan CVT. Bahkan tercantum teknologi keselamatan terbaru ASA (Advanced Safety Assist) dan TSS (Toyota Safety Sense) untuk model tertinggi. Kedua fitur itu, sebelumnya sudah ada di Daihatsu Rocky dan Toyota Raize tipe tertinggi.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy belum mau berkomentar lebih lanjut soal kode mobil baru tersebut.

"Saya belum bisa komen mas untuk product baru," singkat Anton, dikonfirmasi detikOto.

Nah, jika pihak APM (Agen Pemegang Merek) belum mau berkomentar soal Avanza baru, pihak dealer malah sudah blak-blakan. Seperti penuturan salah seorang wiraniaga dealer Toyota, yang ditemui detikOto beberapa waktu lalu, mengungkapkan bulan peluncuran dan estimasi kenaikan harga Avanza baru.

"Avanza nanti mau naik kelas. Dia nanti harganya bakal naik Rp30 juta. Nanti bulan 10 (Oktober) infonya berubah bentuk. Kan kalau kemarin tahun 2019 facelift. Kalau sekarang, model baru," kata wiraniaga dealer Toyota, yang enggan disebut namanya itu.

Sekadar informasi, usia Toyota Avanza saat ini sudah hampir 18 tahun sejak diperkenalkan pertama kali pada 2003. Avanza generasi kedua yang meluncur pada 2011 telah disegarkan pada 2015 dalam bentuk Grand New Avanza. Avanza juga mengalami facelift pada 2019 lalu.

Rumor generasi Avanza baru sebelumnya pernah dimuat dalam bestcarweb.jp pada 2020 lalu Pabrikan asal Jepang ini akan mengenalkan satu mobil MPV yang mengusung mobil konsep DN Multisix, berbasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Di GIIAS 2017, konsep DN Multisix dipamerkan tapi sampai saat ini belum diproduksi massal. Daihatsu DN Multisix merupakan mobil MPV yang bisa saja menjadi saudaranya Xenia, dengan kapasitas 6-penumpang tiga baris.(*)




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)





 
Berita Lainnya :
  • Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Tim Gabungan Patroli di Taman Mahratu Siak
  • Bupati Siak Serahkan Santunan ke Korban Kebakaran di Tualang
  • Polda Riau Sikat Sindikat Narkoba Internasional, Sita 81 Kg Sabu
  • 14 Pejabat Eselon II Pemkab Kepulauan Meranti Diikutsertakan Seleksi Uji Kompetensi
  • Bupati Siak Harap MTQ Dapat Tumbuhkan Rasa Cinta pada Quran
  •  
    Komentar Anda :

     
     

    Suzuki.
    Emisi Gas Buang Suzuki
    Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
     
     
     
     
    MobiL
    Grand Opening OtoXpert, Servis Hemat, Cepat Tepat
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved